Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Belajar & Praktik Intraday Trading Saham Pemula

El Heze
Untuk anda para trader pemula yang ingin mencoba teknik-teknik dan strategi trading cepat,  ada beberapa metode trading cepat yang cenderung lebih friendly untuk diterapkan oleh trader pemula. 

Umumnya, kalau mau dapat profit lebih cepat (menitan atau harian), anda selalu disarankan untuk membeli saham2 yang punya volatilitas tinggi, yang bisa memberikan profit 15% dalam beberapa menit, profit 20% dalam waktu singkat. 

Tetapi untuk trader pemula (bahkan untuk sebagian trader berpengalaman), saham2 seperti ini punya risiko yang sangat besar. Semakin cepat saham tersebut naik, potensi turun / jatuhnya saham tersebut secara mendadak akan semakin cepat juga. 

Maka dari itu, untuk anda yang ingin mempraktikkan trading cepat saham, anda bisa menerapkan strategi INTRADAY TRADING alias trading harian. 

Intraday trading merupakan trading harian dengan cara memilih saham2 yang punya pergerakan yang baik, dan momentum trading yang tepat, sehingga anda trader pemula bisa menerapkan trading harian dengan cara memilih saham yang lebih layak, dengan risiko yang lebih kecil.  

Jadi dalam intraday trading, anda memilih:
  • Saham2 yang fluktuatifnya bagus
  • Saham2 yang mudah naik dalam jangka waktu harian (nol-dua hari trading)
  • Saham2 yang risikonya kecil
  • Saham2 yang punya pergerakan lebih stabil, dan kemampuan rebound lebih baik  
Praktik-praktik mencari saham bagus untuk trading harian, bisa anda pelajari disini: Ebook Intraday & One Day Trading Saham (357 halaman). 

Jadi anda akan praktik langsung bagaimana cara memilih saham2 yang punya likuiditas bagus, dan mencari momentum2 trading harian yang baik. 

Anda bisa mengikuti beberapa tips memulai belajar dan praktik trading harian untuk pemula:

1. Gunakan modal kecil dan bertahap

Untuk pemula, gunakan modal sekecil mungkin. Baca juga: Berapa Modal Awal Trading Saya? Walaupun dalam praktiknya, anda bisa meraih profit dalam waktu lebih singkat (harian), tetapi anda harus bisa mengelola psikologis anda dan tidak boleh gegabah. 

Karena anda pemula masih butuh belajar. Tingkatkan modal anda secara bertahap, dan jangan menggunakan modal besar, meskipun anda bisa profit dari trading harian. 

2. Pilih saham-saham yang risikonya kecil, dan mudah rebound / naik 

Sebagai pemula, pilihlah saham2 yang risikonya kecil, namun mudah rebound dalam jangka pendek. Jangan nekad memilih saham2 yang volatilitasnya terlalu tinggi, kalau anda tidak tahu bagaimana cara mentradingkannyal..

Disini: Strategi Trading Harian Saham, saya sudah menjelaskan cara-cara memilih saham yang benar untuk intraday trading.  

3. Lakukan analisa teknikal dan analisa tape reading. 

Trading cepat harus dilakukan dengan analisa teknikal. Jangan membeli saham hanya karena anda ingin untung dalam waktu singkat. Terutama buat anda pemula, anda harus menjaga modal dan meminimalkan kerugian.


Jadi, analisa2 teknikal mulai dari analisa grafik, memilih saham, riset, perlu anda lakukan sebelum anda membeli saham. Trading cepat bisa menjadi tempat profit yang menguntungkan jika anda menggunakan analisa teknikal yang benar. Sebaliknya, trading harian bisa menjadi gambling apabila anda membeli saham tanpa menganalisa / spekulasi.  

4. Tidak perlu trading setiap hari 

Trading cepat tidak harus dilakukan tiap hari. Hal ini harus anda lakukan bukan hanya untuk pemula. Trading cepat bukan hanya dilihat berdasarkan seberapa sering anda trading (frekuensi). 

Namun juga berdasarkan momentum trading yang pas. Kalau anda belum menemukan saham2 yang bagus untuk trading harian, market-nya masih bearish, maka anda tidak perlu memaksakan untuk trading. Trading setiap hari tidak menjamin seorang trader akan lebih sukses dibandingkan trader lain. 

Kesimpulannya, trader pemula yang ingin praktik trading cepat, anda bisa memulai dengan mempelajari strategi2 intraday trading, yaitu memilih saham2 yang punya fluktuatif bagus, mudah naik dalam jangka harian dan friendly untuk pemula. 

Selain itu, anda harus menerapkan 4 poin diatas jika anda ingin bisa menjadi trader harian yang mencetak profit.  

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.