Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Cepat Kaya dari Saham

Beberapa waktu lalu, melalui akun Telegram saya, ada seorang rekan trader yang bercerita mengenai sistem trading yang bisa menghasilkan profit dengan cepat. Berikut cerita dari salah seorang rekan trader tersebut:

Klik gambar untuk memperbesar

Jadi inti cerita trader diatas adalah: Rekan trader menemukan suatu sistem trading, di mana sistem tersebut tidak mengharuskan kita lagi untuk melakukan analisa teknikal & fundamental untuk mencari saham, dan dalam hitungan menit - detik, kita sudah bisa mengetahui saham yang bakal naik dan pasti profit. 

Pertanyaannya: Adakah sistem trading yang bisa membuat anda langsung cepat kaya di saham? 

Jujur saja, ketika ditanya seperti itu, saya tidak tahu teknik seperti apa yang dimaksud. Tetapi saya sudah menjalankan trading saham selama bertahun-tahun. Dalam aktivitas2 trading yang saya jalankan, saya sudah pernah mencoba banyak "teknik" yang katanya bisa profit tanpa analisa, bisa kaya, bisa untung tanpa belajar. 

Hasilnya? Cara-cara tersebut nggak pernah menghasilkan. Jadi anda yang sedang cari "teknik main saham tanpa analisa", "kaya di saham tanpa harus tahu analisa saham", sebaiknya anda mengurungkan niat anda. 

Ibaratnya anda ingin kaya, ingin sukses, tapi anda nggak mau bekerja. Mungkinkah? 

Kalau anda perhatikan pengusaha-pengusaha sukses, kesuksesan mereka dibangun dan dirintis dari awal. So, jangan melihat mereka sekarang kaya. Tapi lihatlah perjuangan jatuh-bangun untuk bisa ke level sekarang. Semuanya itu butuh proses, analisa, belajar, riset. 

Trading maupun investasi saham pun juga demikian. Anda bisa dapat profit konsisten. Anda bisa kaya dari saham. Namun semua itu juga butuh: Proses, analisa, belajar, riset. 

Di web ini, saya menerbitkan beberapa strategi2 trading dan praktik mencari profit di saham: Ebook Saham Pilihan Trader Terbaik. 

Namun ebook-ebook yang saya terbitkan ini mengarahkan anda untuk bisa mencari saham yang bagus secara mandiri / otodidak, mempelajari dan memperbaiki kesalahan2 trader dan mengarahkan anda ke jalan trading yang benar. 

Sehingga anda bisa mencetak untuk konsisten di saham, dan menciptakan sistem trading anda sendiri, bukan memberikan anda janji-janji manis untung cepat, kaya instan tanpa harus praktik sama sekali. 

Karena cara-cara seperti itu nggak ada, dan judul-judul yang bombastis yang menjanjikan anda profit cepat tanpa usaha itu hanya digunakan untuk 'menjebak' trader-trader yang belum pengalaman, agar membayar mahal sistem trading mereka.  

Jujur saja, saya merasa prihatin dengan mayoritas trader yang sampai sekarang masih mencari cara-cara instan untuk dapat untung. Banyak trader yang masih malas kalau harus melakukan analisa sendiri.  

Bahkan trader-trader pemula rela bayar puluhan juta untuk mengikuti sistem2 yang jelas tidak ada hasilnya. Padahal modal segitu harusnya bisa anda tanam di saham secara bertahap, anda bisa kembangkan sendiri untuk menghasilkan untung. 

Ingatlah bahwa anda trading itu pakai duit anda. Duit yang anda pakai itu dari hasil anda bekerja, dari hasil jerih payah, keringat anda. Sekecil apapun modal yang anda pakai di trading, duit itu bukanlah duit yang anda dapatkan secara instan. 

Jadi coba anda analisa kembali, apa nggak eman-eman (sayang sekali) duit anda terbuang percuma untuk membeli "sistem trading profit instan" yang jelas tidak menghasilkan profit seperti yang digembar-gemborkan? 

Nah, jika anda merupakan tipe orang yang punya rasa keingin-tahuan yang besar, anda adalah orang yang punya mobilitas tinggi, dan anda ingin mencoba mengikuti sistem-sistem trading seperti itu, ya nggak ada salahnya juga.

Siapa tau ada ilmu-ilmu yang tetap bisa anda serap. Karena saya pribadi tentu nggak mungkin membatasi anda untuk belajar saham. Belajar saham dari media manapun itu adalah hak anda. Baca juga: Media dan Cara Belajar Saham. 

Namun anda harus siapkan mental. Artinya, jangan pernah berharap banyak setelah anda ikut pelatihan, sistem trading yang berbayar mahal, anda bakal langsung kaya.  

Tapi modal yang anda punya pasti terbatas juga kan? Kalau anda sudah mengikuti sistem-sistem yang katanya bisa untung cepat 3 detik, bisa kaya tanpa repot-repot menganalisa, tapi hasilnya anda malah rugi terus, banyak nyangkutnya... 

Maka anda jangan mengikuti sistem-sistem seperti itu lagi. Karena sekali lagi, sayang sekali modal yang anda dapatkan dari bekerja harus hilang sia-sia hanya untuk hal-hal yang tidak menghasilkan. 

Berdasarkan pengalaman saya, untung konsisten di saham itu bisa didapatkan kalau kita tekun menganalisa, memahami cara dan arah trading yang benar, mempraktikkan sendiri bagaimana itu trading saham, mengelola modal yang benar. 

Anda sebagai pebisnis saham, ketimbang mencari dan berangan-angan ikut sistem yang bisa profit instan (padahal itu nggak ada), lebih baik anda mulai fokus untuk mempraktikkan apa yang saya tuliskan diatas.    

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.