Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Panduan Cara Membeli Saham BCA

El Heze
Di pasar saham, ada berbagai macam saham-saham perusahaan go public yang bisa anda transaksikan (beli dan jual). Salah satu saham perusahaan go public yang cukup ternama adalah perusahaan perbankan yaitu Bank Central Asia (BCA). 

Kita semua pasti sudah mengenal Bank BCA, bahkan mayoritas masyarakat Indonesia menggunakan fasilitas Bank BCA tersebut. Anda sebenarnya juga memiliki kesempatan untuk memiliki saham perusahaan sekelas BCA tersebut. 

Anda bisa membeli saham BCA melalui software online trading. Tapi bagaimana caranya? Di Saham Gain ini, saya akan memberikan panduan cara membeli saham BCA. Berikut langkah2nya: 

1. Membuka akun saham di kantor sekuritas

Jika anda belum punya akun saham, anda harus buka dahulu di kantor sekuritas terdekat. Anda nggak harus datang ke kantor sekuritas untuk membuka akun. Anda bisa membuka akun saham secara online melalui website masing2 sekuritas. 

Terkait cara membuka akun saham di sekuritas, anda bisa membaca langkah2nya pada ebook gratis (26 halaman) yang saya terbitkan disini: Ebook Gratis Panduan Membeli Saham bagi Pemula.

2. Setelah anda membuka rekening saham, anda bisa masuk ke software online trading untuk membeli saham BCA. Di pos ini, saya menggunakan contoh software online trading Danareksa Sekuritas.  

3. Untuk membeli saham BCA, pilih menu Trade --> Buy, seperti pada tampilan dibawah ini:   


4. Kemudian akan muncul tampilan seperti dibawah ini

Cara membeli saham BCA
Untuk membeli saham BCA, ketikkan kode saham Bank BCA yaitu 'BBCA' (step 1). Lalu tuliskan harga beli saham yang anda inginkan (step 2) dan jumlah lot saham yang mau anda beli. Setelah itu, klik tombol buy (step 3). 

Jika anda mau membeli saham BCA langsung, maka anda bisa membeli pada harga penawaran terbaik (best offer). Pada contoh diatas, harga best offer adalah 28.425. Nah, kalau anda membeli pada harga lebih rendah, yaitu harga bid (permintaan beli), maka anda harus antri dahulu untuk mendapatkan saham BCA.  

Untuk anda yang belum paham tentang cara membaca harga beli dan jual (bid-offer) saham, anda bisa baca pos saya disini: Permintaan dan Penawaran (Bid-Offer) di Pasar Saham. Sedangkan untuk anda yang belum paham tentang istilah lot, anda bisa baca pos saya disini: Arti Lot dan Odd Lot Saham. 

Semua transaksi perdagangan saham, bergantung pada mekanisme perdagangan saham dari para pelaku pasar. 

5. Menganalisa grafik saham BCA sebelum membeli

Grafik saham BBCA
Sebelum membeli saham, anda harus menganalisa dahulu pergerakan sahamnya melalui grafik. Analisa terlebih dahulu chart saham BCA. Carilah menu chart pada software saham anda, dan ketikkan kode saham BBCA, maka akan muncul grafik saham BBCA seperti diatas. 

Untuk belajar membaca grafik, anda bisa mendapatkan materinya disini: Analisis Teknikal untuk Profit Maksimal. Sebelum membeli saham, putuskan harga terbaik yang mau anda beli melalui analisa grafiknya. Belilah saham saat harganya turun, dan jual saat harga naik.

Itulah panduan cara membeli saham BCA.  

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.