Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Cara Mencari Data Saham Indonesia

El Heze
Data saham terdiri dari harga opening (pembukaan), high (tertinggi), low (terendah) dan close (penutupan). Kalau kita singkat menjadi OHLC. Data saham terbentuk dari adanya perdagangan saham harian yang ditradingkan oleh pelaku pasar.  

Bagi anda yang ingin mencari data saham Indonesia, terutama data historis saham di hari atau tahun2 sebelumnya (karena di software online trading tidak menampilkan rignkasan data historis OHLC saham), anda bisa mencarinya melalui situs Yahoo Finance atau situs IDX.  

Berikut langkah2nya mencari data saham Indonesia di Yahoo Finance, IDX dan Dunia Investasi

Data Saham Indonesia di Situs Yahoo Finance

1. Buka situs finance.yahoo.co.id

2. Ketikkan kode saham yang anda inginkan (ditambah .jk dibelakangnya). Misalnya anda mencari data harga historis saham ASII, maka ketikkan ASII.JK seperti berikut ini: 

Kemudian akan muncul tampilan seperti dibawah ini: 

Klik gambar untuk memperbesar

3. Untuk mencari data harga saham (OHLC), anda bisa klik menu Historical Data, lalu akan muncul tampilan sebagai berikut:

   

Anda bisa setting periode waktu yang ingin anda tampilkan (tanda lingkaran), misalnya anda tampilkan data harga saham ASII satu tahun kebelakang. Maka, akan muncul data saham OHLC selama 1 tahun. 

Data Saham Indonesia di Situs IDX
  
1. Buka situs www.idx.co.id 

2. Pilih Data Pasar --> Ringkasan Saham



3. Kemudian muncul tampilan ini 


4. Untuk menampilkan data saham, anda perlu pilih menu kode saham, tertinggi, terendah, penutupan, open price, dan anda pilih tanggal yang ingin anda tampilkan (Lihat lagi  tabel pada langkah 3). Setelah itu, anda bisa tampilan dibawah ini: 

  
Data Saham Indonesia di Situs Dunia Investasi 

1. Buka situs duniainvestasi.com

2. Di tampilan web beranda Dunia Investasi sudah menampilkan 

Tampilan halaman web Dunia Investasi

Anda bisa mencari kode saham yang anda inginkan, dan setting tanggal yang mau anda cari data sahamnya, kemudian akan muncul data OHLC seperti yang anda lihat diatas. 

Itulah beberapa web yang bisa anda manfaatkan untuk mencari data saham Indonesia. Saran saya, kalau anda lagi cari data saham, di mana anda butuh mencari data saham dalam rentang waktu agak panjang misalnya 6 bulan, anda bisa mencari melalui situs Yahoo Finance.

Karena di Yahoo Finance anda tidak perlu mencari data harga saham per tanggal, karena anda bisa setting periode waktu berdasarkan rentang tanggal yang ingin anda tampilkan, sehingga mempercepat anda untuk mencari data.  

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.