Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Pengertian dan Contoh Income Statement (Laporan Laba Rugi)

Salah satu komponen penting laporan keuangan adalah laporan laba rugi (income statement). Pengertian laporan laba rugi adalah laporan keuangan yang berisi informasi mengenai berapa laba atau rugi yang dihasilkan perusahaan dalam periode tertentu.  

Cara paling simpel untuk mengetahui perhitungan laba rugi adalah: PENDAPATAN - BEBAN. Jadi jika perusahaan berhasil memperoleh pendapatan / penjualan lebih besar dari beban, maka perusahaan akan memperoleh LABA BERSIH. 

Sebaliknya jika pendapatan yang dihasilkan lebih kecil daripada beban, maka perusahaan akan menghasilkan RUGI BERSIH. 

Kalau anda ingin mengetahui contoh laporan laba rugi, anda bisa download laporan keuangan perusahaan dulu di situs www.idx.co.id. Anda bisa baca langkah2nya disini: Cara Mendapatkan Laporan Keuangan Perusahaan. 

Laporan laba rugi penting untuk investor saham, karena perusahaan yang bisa mencetak laba bersih yang konsisten, dan lebih besar dibandingkan perusahaan lain di sektor sejenis menunjukkan bahwa perusahaan tersebut lebih layak untuk dijadikan tempat berinvestasi daripada perusahaan2 yang tidak mampu menghasilkan laba bersih. 

CONTOH INCOME STATEMENT (LAPORAN LABA RUGI)   

Sekarang kita akan masuk ke contoh tampilan laporan income statement. Perhatikan laporan laba rugi PT Unilever (UNVR) dibawah ini:

Contoh Income Statement - Perusahaan manufaktur

Contoh income statement - perusahaan konstruksi
Diatas adalah beberapa contoh income statement beberapa perusahaan. Bisa anda lihat contoh income statement perusahaan manufaktur, yaitu UNVR. Kemudian contoh income statement yang lain yaitu pada perusahaan infrastruktur PT Jasamarga (JSMR). 

Itulah pengertian dan contoh income statement perusahaan. Pada umumnya, semua laporan laba rugi akan sama, yaitu memuat informasi pendapatan, beban dan laba perusahaan. 

Namun setiap sektor usaha, bisa jadi terdapat beberapa tambahan akun di laporan laba rugi. Misalnya pada perusahaan infrastruktur, terdapat akun pendapatan konstruksi. Tetapi hal ini tidak akan anda temukan pada perusahaan manufaktur, di mana perusahaan manufaktur seperti UNVR hanya akan menampilkan penjualan bersih saja. Baca juga: Analisis Keuangan: Laba Kotor, Laba Usaha dan Laba Bersih.    

Cara membaca dan menganalisa laporan laba rugi perusahaan lebih lanjut, bisa anda baca pada pos-pos yang saya tuliskan disini: Membaca Laporan Keuangan: Laporan Laba Rugi - Part I  dan Membaca Laporan Keuangan: Laporan Laba Rugi - Part II. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.