Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Contoh Laporan Cash Flow Perusahaan

Di pos sebelumnya, kita sudah membahas contoh laporan laba rugi perusahaan. Anda bisa baca-baca pos saya disini: Pengertian dan Contoh Income Statement (Laporan Laba Rugi).

Komponen laporan keuangan lainnya yang perlu anda perhatikan adalah laporan arus kas (cash flow). Di artikel ini, saya akan membahas contoh laporan cash flow perusahaan go public. Sebelum masuk ke contoh laporan cash flow, anda bisa download dulu laporan keuangan di IDX. Berikut langkah2nya: Cara Mendapatkan Laporan Keuangan Perusahaan. 

Laporan arus kas (cash flow) adalah laporan yang menggambarkan berapa jumlah kas masuk dan kas keluar perusahaan selama periode tertentu, baik arus kas yang diterima dari penjualan tunai, pinjaman bank, termasuk pengeluaran untuk membayar gaji, pemasok, beli mesin dan lain2.  

Oke, sekarang kita langsung masuk ke contoh laporan cash flow. Berikut adalah contoh laporan cash flow PT Mayora Indah Tbk (MYOR) - Perusahaan manufaktur: 


Berikut adalah contoh laporan cash flow PT Tambang Bukit Asam Tbk (PTBA):

 

Itulah contoh laporan arus kas perusahaan. Laporan arus kas menggambarkan jumlah kas masuk dan kas keluar perusahaan selama periode tertentu. 

Laporan arus kas sendiri dibagi menjadi laporan arus kas dari aktivitas operasi, arus kas aktivitas investasi dan arus kas aktivitas pendanaan. 

Kalau anda ingin paham cara membaca dan menganalisis laporan cash flow perusahaan, dan kegunaan laporan arus kas untuk investor saham, saya pernah menuliskan pos-nya disini: Analisis Fundamental: Laporan Arus kas & Net Cash Flow . Anda bisa baca-baca kembali. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.