Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Quote Warren Buffet tentang Main Saham

Warren Buffet adalah salah satu investor sukses di pasar saham, dan termasuk salah satu orang terkaya di dunia berkat investasi saham. Saya sendiri belajar banyak tentang saham, salah satunya dari beliau, karena apa yang beliau ajarkan bukan cuma teori, namun memberikan kita banyak pencerahan tentang bagaimana seharusnya berlaku di pasar saham.. 

Ada banyak quote beliau tentang saham, dan ini salah satunya: 

Warren Buffet Quote
Never Invest In A Business You Cannot Understand... Dalam Bahasa Indonesia: Jangan pernah berinvestasi pada sebuah bisnis yang anda tidak mengerti dengan bidang bisnis tersebut. 

Warren Buffet mengatakan ini dalam konteks investasi saham. Maksud beliau adalah, kalau anda mau investasi saham, anda harus mengerti dengan betul produk perusahaan tersebut, bagaimana GCG-nya, kinerjanya bagus atau tidak, bagaimana prospeknya kedepan, bahkan anda juga memakai produknya. 

Jangan beli kucing dalam karung. Jangan investasi saham karena anda ikut-ikutan orang lain. Jangan investasi saham cuma karena saham tersebut lagi booming. 

Quote Warren Buffet ini juga berlaku untuk main saham dalam arti luas (bukan hanya untuk investasi). Kalau diterjemahkan dalam arti main saham secara luas berarti: Jangan membeli saham kalau anda tidak tahu alasan kenapa anda membeli saham tersebut.

Dalam praktik yang sering kita jumpai, banyak sekali trader yang melakukan ini. Trader membeli saham A. Tidak lama kemudian sahamnya nyangkut, dan saat ditanya kenapa beli saham tersebut, trader tidak bisa menjelaskan. Banyak trader yang beli saham hanya ikut-ikutan trader lain. Banyak trader yang beli saham hanya karena sahamnya 'mendadak terkenal dan ramai'. 

Banyak juga trader beli saham tanpa melakukan analisis, riset, dan pertimbangan yang baik. Ini sama saja anda investasi di sebuah bisnis di mana sebenarnya anda tidak mengerti bisnis apa yang sedang anda coba. 

Ujung-ujungnya, tindakan2 ini hanya akan memubat anda menjadi gambling, bukan bisnis lagi. Anda bisa baca: Trader Saham Masih Banyak yang Gambling, agar anda mengetahui dalam hal-hal apa saja trader bisa dikatakan sedang berjudi. 

Karena main saham itu adalah BISNIS tidak peduli anda mau investasi atau trading jangka pendek. Maka anda harus memperlakukan saham ini sebagai bisnis. 

Caranya? 

Lakukan seperti quote Warren Buffet tersebut. Jangan beli saham hanya karena sahamnya ramai dibicarakan, atau anda beli saham karena gengsi dengan trader2 lain yang bisa untung besar dari saham tersebut. 

Belilah saham hanya jika anda mengerti kenapa anda membeli saham tersebut. Belilah saham karena anda memahami trennya. Belilah saham karena anda sudah melakukan analisa, riset dan pertimbangan yang baik. 

Belilah saham karena anda tahu potensi arah pergerakan saham kedepan. Semua itu dibutuhkan pemahaman tentang analisa teknikal yang benar. Baca juga: Belajar dan Praktik Analisis Teknikal Saham. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.