Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Belajar Saham Pemula: Profit Besar atau Profit Kecil?

Anda yang baru belajar trading saham dan baca pos saya ini, maka saya akan tanya satu pertanyaan pada anda: 

"Anda pilih mana: Dapat profit besar atau profit kecil?" 

"Tentu saja pilih profit besar donk" Jawab anda.

Saya yakin semua trader menginginkan profit yang besar, sekalipun pemula. Namun untuk pemula, anda tidak disarankan untuk memasang target terlalu tinggi. Mengapa demikian? Sekarang perhatikan dua skenario dibawah ini: 

1. Jika anda profit kecil tetapi kerugian anda sangat kecil, maka hasilnya anda akan profit sedikit. 

2. Jika anda profit sangat besar, tetapi setelah itu kerugian anda lebih besar maka hasilnya anda tetap rugi. 

Setelah membaca dua skenario ini, mana yang akan anda pilih? Profit kecil (skenario 1) atau rugi besar (skenario 2)? 

"Tentu saja skenario 1 lebih menguntungkan" Jawab anda. "Tapi kenapa harus buat skenario trading seperti itu Pak Heze?" Tanya anda

Karena faktanya, mendapatkan profit yang besar untuk pemula tidak semudah membalikkan telapak tangan. Tidak jarang pemula yang baru belajar saham mengalami kerugian yang lebih besar setelah mencetak profit besar. 

Hal ini dikarenakan trading saham itu bukan hanya menyangkut soal kemampuan anda mendapatkan profit, tetapi juga menyangkut kemampuan anda untuk menekan risiko. Justru hal utama yang harus anda kuasai dalam trading adalah bagaimana agar anda bisa meminimalkan kerugian anda. Baca juga: Cara Meminimalkan Kerugian Trading Saham. 

Dari dua skenario yang saya paparkan diatas, mengandung makna bahwa percuma anda mendapat profit besar apabila anda belum tahu cara menekan kerugian sekecil mungkin. 

Ibarat satu tim sepak bola, di mana tim anda bisa mencetak banyak gol ke gawang lawan, tetapi tim anda tidak memiliki pertahanan dan kiper yang bagus. Maka kemungkinan besar meskipun anda bisa mencetak banyak gol, tim anda akan sangat rawan kemasukan gol lebih banyak. 

Jadi kalau anda baru belajar saham, dan anda sudah dapat profit kecil, serta kerugian anda juga kecil, jangan berpikir untuk meningkatkan profit anda menjadi jauh lebih besar. Tapi pertahankan dahulu apa yang sudah anda capai, karena itu artinya anda sudah berada dalam progress trading yang bagus. 

Nah, kalau anda sudah bisa mempertahankan kerugian yang kecil (walaupun profit anda kecil), anda baru bisa meningkatkan target profit. Tanpa memasang target yang muluk-muluk untuk pemula, dan anda lebih fokus dalam analisis, lama-kelamaan anda akan menjadi trader yang mahir. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.