Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

5 Keunggulan Profesi Trader Saham

Trading saham bukan hanya merupakan sumber penghasilan tambahan, akan tetapi trading saham bisa dijadikan sebagai sumber penghasilan utama. Dengan kata lain, trading saham bisa dijadikan sebagai sebuah profesi.  

Tidak sedikit saya menemukan rekan-rekan yang menjadikan saham sebagai profesi. Saya sendiri juga menjadikan saham sebagai sebuah profesi, bukan hanya sekedar coba-coba. 

Apabila anda sedang menekuni saham, dan anda memiliki keinginan untuk bisa mahir di dunia saham, atau bahkan anda ingin menjadikan saham sebagai sebuah profesi, maka di pos ini saya akan memaparkan 5 keunggulan utama dari profesi trading saham: 

1. Fleksibel

Trading saham memberikan fleksibilitas bagi trader. Artinya, dengan trading saham anda bisa mengatur sendiri jadwal trading, menganalisis saham, termasuk jadwal kapan anda ingin pergi berlibur. Anda bisa bisa menentukan pada saat apa anda berhenti trading. Baca juga: Waktu Terbaik Berhenti (Rest) Trading Saham.

Jika anda memiliki profesi sebagai trader purna waktu, anda tidak perlu terjebak kemacetan, anda juga tidak perlu terikat dengan waktu bekerja. Dengan kelebihan-kelebihan ini, tentu saja anda punya waktu lebih banyak untuk menganalisa saham.  

Dengan kata lain, fleksibilitas dalam trading saham ini memang membuat anda menjadi lebih bebas mengatur waktu. Namun bebas disini bukan berarti bisa malas-malasan. Memang anda bisa lebih fleksibel, tetapi seperti yang sering saya tulis di  beberapa artikel web Sahamgain ini, aktivitas trading memang cukup menguras psikologi dan waktu, karena analisis tidak bisa dilakukan asal-asalan. 

2. Trading membuat anda lebih teratur 

Profesi trading saham tidak bisa dilakukan sembarangan. Trading saham bukan hanya berbicara tentang beli dan jual saham. Jika anda ingin sukses trading, anda harus memiliki trading plan yang benar, psikologis yang baik, dan kesiapan mental. Baca juga: Membangun Mindset Trading yang Benar. 

Nah, jika anda terbisa teratur dengan aktivitas trading anda, kebiasaan-kebiasaan untuk membuat trading plan, dan menyusun portofolio saham dengan rapi pada akhirnya bisa berdampak positif pada hal-hal lainnya (diluar trading, kehidupan anda sehari-hari). 

3. Pengetahuan anda lebih luas 

Trading saham membuat pengetahuan anda jauh lebih banyak. Pengetahuan disini adalah pengetahuan terkait ekonomi mikro maupun ekonomi makro. Anda akan lebih banyak memahami kondisi ekonomi global, termasuk berita-berita emiten. 

Hal ini dikarenakan prediksi-prediksi untuk membaca arah pasar bukan hanya berasal dari analisis teknikal. Namun juga berasal dari kondisi ekonomi dan politik. Percayalah, trading saham akan membuat anda lebih pintar dan pengetahuan anda lebih luas. Baca juga: Kenapa Saya Suka Pasar Modal? 

4. Anda adalah bos

Untuk anda yang menjalankan trading purna waktu, tentu saja anda adalah bos untuk diri anda. Seperti yang saya jelaskan di poin pertama, anda memiliki fleksibilitas yang sangat tinggi. Anda bisa mengatur waktu kerja anda sendiri, anda mengatur modal anda sendiri dan anda memiliki kebebasan untuk mengelola saham-saham anda sendiri hingga menghasilkan profit. 

Baca juga: Menjadi Full Time Trader - Part I dan Menjadi Full Time Trader - Part II. 

5. Tidak butuh banyak peralatan 

Trading saham tidak membutuhkan peralatan yang banyak. Anda hanya membutuhkan komputer (PC), dan koneksi internet yang mendukung untuk bisa terhubung dengan software trading anda. Tentu saja, profesi sebagai trader tidak membutuhkan biaya yang besar. Yang terpenting dalam trading saham adalah ketajaman analisa anda. Baca juga: Software dan Perangkat Keras untuk Trading Saham

Dari keunggulan-keunggulan profesi sebagai trader saham, anda mungkin berpikir: "Wah enak ya trading saham itu. Bisa untung gede, bisa bebas". Memang trading saham bisa memberikan keuntungan besar. 

Daripada anda menyimpan uang anda dan tidak anda gunakan atau bahkan anda gunakan untuk konsumerisme, aset anda akan bertumbuh dengan cepat jika anda mulai menginvestasikan modal anda pada instrumen saham. Saya pernah membahasnya disini: Cerdas Berinvestasi Saham - Investasi Saham untuk Financial Freedom.

Namun, untuk menjadi seorang trader yang jago, tentu saja anda harus mau praktik, dan mencoba. Kesuksesan dalam trading saham tidak bisa diraih hanya dalam satu malam saja.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.