Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Analisis Saham BBRI 1 Bulan Setelah Stock Split

El Heze
Tidak terasa sudah satu bulan saham BBRI stock split menggunakan harga baru dengan rasio pemecahan saham 1:5. Terkait stock split saham BBRI, saya pernah membahas analisisnya beberapa kali di pos berikut: Analisis Saham: Pergerakan BBRI Setelah Stock Split dan Saham BBRI Stock Split Rasio 1:5. Anda bisa baca-baca lagi tulisan saya. 

Di pos tersebut, saya mengatakan bahwa umumnya saham2 blue chip yang melakukan stock split, harga sahamnya akan cenderung  turun setelah stock split, hingga sekitar 3 minggu - 1 bulan setelah stock split. Setelah itu, harga saham biasanya akan mulai menemukan pola uptrendnya kembali. Walaupun ini bukanlah rumus pasti, namun hal ini sudah banyak terjadi.

Hal ini juga terjadi pada saham BMRI, salah satu perusahaan besar perbankan lainnya yang pernah melakukan stock split selain BBRI di tahun yang sama. Baca analisisnya disini: Analisis Saham: Pergerakan BMRI Setelah Stock Split

Sekarang sudah satu bulan sejak saham BBRI stock split. Bagaimana dengan pergerakan harga saham BBRI? Apakah pergerakan sahamnya tetap meyakinkan untuk jangka panjang? Perhatikan grafik BBRI dibawah ini:


Perhatikan pergerakan saham BBRI setelah stock split, di mana tanda lingkaran merah adalah hari pertama saat BBRI diperdagangkan dengan harga stock splitnya. Seperti yang saya bahas di pos sebelumnya tentang stock split BBRI, prediksi kita tentang pergerakan stock split terbukti. 

BBRI setelah stock split terkoreksi cukup dalam selama 4 hari berturut-turut, dari harga 3.320 ke harga 3.150. Setelah itu, BBRI juga sempat drop selama 2 hari. Namun, dari harga stock split 3.320 dan sempat turun ke harga 3.150, saat sampai pos ini ditulis BBRI sudah kembali ke 3.370 dan BBRI sempai menyentuh level 3.450. 

Di mana kalau kita tarik garis support dan resisten, selama 1 bulan ini BBRI tampak tetap mengalami uptrend (perhatikan garis support warna merah dan garis resisten warna hitam diatas). Kenapa saya katakan uptrend?

Karena kalau anda perhatikan grafik BBRI diatas, maka BBRI tampak membentuk swing low yang semakin tinggi, demikian juga membentuk swing high yang semakin tinggi. 

Saya melihat BBRI adalah saham bagus yang memiliki potensi naik, baik secara teknikal dan fundamental. Sepengalaman saya, saham2 bagus unggulan yang melakukan stock split, harga sahamnya dalam jangka panjang akan mengalami kenaikan.

Saya sendiri mulai memegang BBRI di kisaran harga 14.150 (harga sebelum stock split) dan melakukan averaging saham BBRI sebanyak 7 kali. Posisi ini dapat berubah sewaktu-waktu (saya bisa menambah atau mengurangi porsi saham BBRI), tanpa adanya pemberitahuan dari penulis. 

Nah, bagi anda yang membutuhkan materi dan praktik untuk bisa membaca grafik dan menemukan saham-saham yang bagus dan potensial, anda bisa memperoleh materinya dari saya disini: Cara Memilih dan Menemukan Saham Bagus.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.