Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

7 Saham yang Layak Investasi Seumur Hidup

Saham-saham yang ada di Bursa Efek Indonesia sebenarnya banyak yang memiliki fundamental bagus. Bahkan ada beberapa saham berfundamental bagus, yang menurut versi saya, layak untuk disimpan / diinvestasikan seumur hidup.

Sebelum saya membahas lebih jauh, "diinvestasikan seumur hidup" artinya anda tidak perlu khawatir kalau perusahaan tersebut akan berubah fundamentalnya sehingga anda bisa tetap aman menyimpan sahamnya sampai kapanpun.

Atau bagi anda yang punya tujuan dividend for living, maka beberapa saham yang akan saya bahas ini adalah saham2 yang layak untuk diinvestasikan, tanpa harus khawatir akan kondisi perusahaan dan harga sahamnya. 

Oke, berikut 7 saham yang layak untuk diinvestasikan seumur hidup: 

1. PT Jasarmarga Tbk (JSMR)

JSMR sangat layak untuk anda simpan seumur hidup, karena sampai kapanpun dan dalam kondisi apapun jalan tol tetaplah dibutuhkan oleh sebagian besar orang. JSMR adalah perusahaan yang boleh saya katakan, tidak memiliki saingan. Saya pernah membahas prospek fundamental JSMR di pos ini: Saham yang Bagus untuk Investasi Jangka Panjang. 

2. PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR) 

UNVR memproduksi barang-barang yang dibutuhkan oleh semua orang dan sudah memiliki brand yang sangat bagus, baik di Indonesia maupun dunia. Produk2 UNVR antara lain adalah sampo, sabun, pasta gigi dan lain2. Sehingga, dari kinerja keuangan, UNVR adalah salah satu pemimpin pasar di industrinya. 

Hal ini berbeda dengan produk2 kelapa sawit misalnya, yang tidak semua orang menggunakan secara langsung produk tersebut. 

3. PT Bank BCA Tbk (BBCA) atau PT Bank BRI Tbk (BBRI) 

Anda memilih BBCA atau BBRI untuk saham yang bisa disimpan seumur hidup. Kedua saham ini di sektor perbankan saya pilih karena keduanya adalah perusahaan blue chip yang memimpin sektor industrinya, terutama dari kinerja keuangannya yang paling bagus dibandingkan perbankan lainnya. 

Dengan mempertimbangkan faktor dividen juga, maka BBCA dan BBRI ini adalah perusahaan perbankan yang paling bagus untuk disimpan. Baca juga: Saham BBRI Stock Split Rasio 1:5.

Perbankan juga dibutuhkan oleh semua orang. Anda dapat menemukan kantor bank BCA atau BRI, termasuk ATM-nya di mana-mana, sehingga perusaahan2 seperti ini umumnya pasti bisa membukukan kinerja yang bagus. 


Sebagai opsi lain, sebenarnya ada BBNI dan BMRI yang juga bisa menjadi pilihan untuk disimpan seumur hidup. Baca juga: Sektor Investasi Saham yang Paling Meyakinkan.

4. PT Indofood CBP (INDF) 

INDF memproduksi barang2 konsumsi seperti mie Indomie, minyak goreng, dan lain2. Produk2 INDF selalu dibutuhkan oleh siapapun, da juga sudah dikenal luas baik di Indonesia maupun di luar negeri. INDF memiliki manajemen yang sangat baik. Atas dasar inilah, saya bisa mengatakan bahwa saham INDF layak untuk anda simpan dalam waktu yang lama.  

5. PT HM Sampoerna Tbk (HMSP) 

HMSP adalah perusahaan produksi rokok. Rokok2 yang diproduksi antara lain Sampoerna, Dji Sam Soe, U Mild dan lain2. Produk2 HMSP sudah dikenal sangat luas dan dikonsumsi oleh sebagian masyarakat Indonesia. 

Kebutuhan masyarakat Indonesia akan konsumsi rokok yang tinggi, turut membuat HMSP ini selalu mencetak kinerja yang cemerlang, termasuk harga sahamnya yang stabil (setelah stock split). 

Sekedar informasi, HMSP adalah perusahaan rokok go public di Indonesia yang membukukan laba bersih paling besar, bahkan jauh lebih besar dibandingkan perusaahan2 di industri sejenis. 

6. PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) 

TLKM adalah perusahaan yang menyediakan teknologi, kemudahan informasi dan digital. Jasa perusahaan TLKM (WIFI, langganan internet, infrastruktur) pasti akan selalu dibutuhkan oleh siapapun dan dalam keadaan apapun. 

Dan karena produk2 TLKM ini juga pasti akan menyesuaikan sesuai dengan perkembangan zaman, maka saya dapat mengatakan TLKM tidak mungkin akan menjadi perusahaan yang kuno. 

7. PT Astra International Tbk (ASII)

ASII adalah perusahaan yang memproduksi kendaraan (mobil). Kebutuhan masyarakan akan kendaraan akan terus meningkat dari waktu ke waktu. Hal ini juga dibuktikan dengan data dari BPS. Anda bisa baca lagi artikelnya disini: Saham yang Bagus untuk Investasi Jangka Panjang. 

ASII selama bertahun-tahun terkahir sampai hari ini, selalu membukukan kinerja yang memuaskan, dan karena ASII ini juga memiliki pangsa pasar besar hingga luar negeri, maka ASII adalah perusahaan yang sangat bagus untuk investasi dalam waktu yang lama. ASII juga memiliki saham yang likuid dan dividen yang rutin serta mengalami peningkatan setiap tahun (seiring dengan peningkatan labanya).

Itulah 7 saham yang menurut versi saya sangat bagus dan layak untuk anda investasikan seumur hidup, atau dengan tujuan dividend for living. Ketujuh saham ini saya analisis berdasarkan pada 4 hal utama: Kinerja keuangan, sektor usaha, dividen, produk perusahaan.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan. Komentar yang bersifat promosi, link aktif TIDAK AKAN DITAMPILKAN.