Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Analisis Rasio Keuangan: Rasio Perputaran Piutang Usaha

Dalam analisis fundamental rasio keuangan, kita mengenal analisis rasio perputaran piutang. Apa itu analisis rasio perputaran piutang? Apa kegunaannya dalam analisis fundamental? Bagaimana cara menginterpretasikan analisis rasio perputaran piutang? 

Rasio perputaran piutang digunakan untuk melihat sejauh mana kemampuan perusahaan dalam menagih penjualan kreditnya untuk diubah menjadi kas. 

Dengan kata lain, perputaran piutang digunakan untuk melihat kemampuan manajemen piutang perusahaan. Semakin besar perputaran piutang, hal ini menunjukkan bahwa perusahaan memiliki kemampuan untuk mengelola piutangnya dengan baik, sehingga piutang perusahaan tidak terlalu besar. 

Sebaliknya, semakin kecil perputaran piutang, menunjukkan bahwa perusahaan tidak mampu melakukan penagihan piutang kepada pelanggan, sehingga hal ini menimbulkan risiko kemungkinan piutang tak tertagih. 

Tentunya, akan jauh lebih bagus apabila suatu perusahaan memiliki piutang usaha yang kecil, ketimbang memiliki piutang yang menggunung. Karena semakin besar piutang, maka semakin besar pula risiko perusahaan menghadapi piutang tak tertagih dari pelanggan. Kalau perusahaan memiliki banyak piutang tak tertagih, artinya ya perusahaan tidak akan memiliki banyak kas yang masuk dari penjualannya. 

Rumus perputaran piutang adalah sebagai berikut:  


Piutang usaha rata-rata didapatkan dari piutang usaha awal tahun + piutang usaha akhir tahun dibagi 2. Sedangkan penjualan bersih didapatkan dari penjualan perusahaan pada laporan laba rugi komprehensif. 

Sekarang kita akan masuk ke contoh perhitungan perputaran piutang usaha dan interpretasinya. Disini saya akan menggunakan laporan keuangan PT Mayora Indah Tbk (MYOR). Perhatikan tabel laporan keuangan MYOR dibawah ini.


Pada tabel diatas didapatkan rasio perputaran piutang untuk setiap tahun, yaitu tahun 2014 sebesar 7,08 kali, tahun 2015 sebesar 7,22 kali dan tahun 2016 sebesar 7,36 kali. Angka 7 kali ini menunjukkan bahwa tingkat perputaran piutang perusahaan adalah 7 kali dari penjualan. Nilai penjualan dalam satu tahun adalah 7 kali dari nilai piutangnya.

Rasio perputaran piutang MYOR diatas tampak sedikit naik, tetapi terlihat stabil. Hal ini bisa menunjukkan bahwa MYOR memiliki manajemen piutang yang tidak buruk, karena MYOR dapat mempertahankan perputaran piutang yang stabil. 

Nah, untuk dapat mengatakan lebih lanjut apakah perputaran piutang MYOR benar2 bagus atau tidak, anda bisa membandingkannya dengan rata-rata perputaran piutang pada industri sejenis. 

Namun pada umumnya, rasio perputaran piutang usaha yang baik setidaknya perusahaan dari tahun ke tahun dapat meningkatkan nilai perputarannya. Baca juga: Cara Menghitung Rasio Jumlah Hari Penjualan Dalam Piutang.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan. Komentar yang bersifat promosi, link aktif TIDAK AKAN DITAMPILKAN.