Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

January 3, 2017

Usia Terbaik Main Saham - Part I

Main saham memang tidak mengenal batasan usia. Semua orang bebas main saham tanpa ada paksaan dari siapapun. Bahkan, program yuk nabung saham menyarankan agar anda investasi saham sedini mungkin. Tetapi, tidak semua orang dari berbagai usia bisa menerapkan sistem level trading yang sama. Bahkan, tidak semua golongan usia layak untuk main saham dengan sistem tertentu.

Terus, usia berapa dikatakan sudah layak main saham? Tanya anda

Saya pernah mendapatkan pertanyaan dari salah satu pembaca web ini: "Saya masih SMA, apakah sudah bisa main saham?" Kalau masih usia SMA atau dibawah usia SMA ya sebaiknya jangan main saham lah.. Usia2 tersebut gunakanlah untuk rajin-rajin belajar dan senang-senang bareng teman. 

Di usia tersebut memang tidak ada salahnya anda mulai belajar mengenal trading dan investasi saham, serta ilmu grafik dan ekonomi. Tetapi, di usia SMA saya sarankan anda tidak perlu membuka rekening saham. Trading saham itu membutuhkan kesiapan psikologis, mental dan persiapan yang matang. Anda harus siap2 rugi, siap2 untuk berani cut loss. Sedangkan usia SMA belum saatnya anda mengalami hal tersebut. 

Lalu usia berapa yang paling tepat untuk mulai main saham? Setidak-tidaknya anda mulai mencoba dunia trading jika anda sudah memasuki usia 19 tahun (masa2 kuliah). Anda bisa mulai mencoba membuka akun dan trading dengan modal kecil.... 

Tapiiii... Usia 19 tahun bukannya masih terlalu muda? Ya, anda benar. Maka dari itu, saya katakan pada anda, jika anda ingin coba main saham di usia 19 tahun, anda harus trading dengan modal kecil (kalau bisa sih anda mulai dengan demo trading terlebih dahulu).

Jika anda sudah mulai memahami seluk beluk dunia trading, anda baru boleh suntik modal dan trading lebih banyak saham. Tapi kalau anda baru mulai memahami dunia saham di usia 30 tahun, dan anda tertarik trading, maka anda harus memulainya dari nol.

Artinya, anda harus trading dengan modal kecil, bahkan kalau memungkinkan anda melakukan virtual trading jika anda belum mantap. Jadi, usia terbaik main saham tidak hanya tergantung dari faktor muda-tuanya usia, tetapi tergantung juga dari sejauh mana KESIAPAN dan PENGALAMAN TRADING anda. 

"Oohhh.. aku udah mulai paham nih" Pikir anda.

Lalu anda bertanya lagi: "Bung Heze, saya sudah usia pensiun dan saya ingin trading. Apakah usia trading saham baru di usia pensiun itu bagus untuk saya?" Temukan jawaban anda di pos lanjutannya:  Usia Terbaik Main Saham - Part II.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan. Komentar yang bersifat promosi, link aktif TIDAK AKAN DITAMPILKAN.