Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

January 3, 2017

Usia Terbaik Main Saham - Part II

Baca part sebelumnya: Usia Terbaik Main Saham - Part I. Di Part I saya sudah menjelaskan bahwa usia terbaik main saham yaitu sebaiknya mulai usia 19 dengan modal kecil. Dan main saham, bukan hanya ditentukan faktor usia, tetapi juga faktor pengalaman dan kesiapan anda. 

Lalu, bagaimana jika saya sudah usia pensiun dan ingin main saham? Apakah usia pensiun masih usia terbaik untuk trading saham? Sebenarnya sih nggak ada salahnya kalau anda ingin trading bahkan full time trading di usia pensiun anda. Kalau anda merasa sangat suka dengan trading, so apa salahnya?

Tapii..... kalau anda ingin trading saham di usia pensiun sebaiknya anda pertimbangkan lagi matang2. Mengapa? Karena trading saham itu adalah aktivitas yang sangat menguras tenaga, pikiran, emosi dan psikologis. Ketika anda membeli harga saham dan berharap naik, ternyata harganya malah turun. Dalam hal ini anda harus bisa mengambil keputusan agar modal anda tidak terus tergerus.

Coba anda bayangkan, usia pensiun bukannya lebih enak anda gunakan untuk liburan, kumpul bareng keluarga, berkebun, keliling dunia dan aktivitas lainnya? Ketimbang anda harus pantengin layar saham setiap hari?

Trading saham lebih cocok untuk orang2 yang usianya masih produktif. Dan sangat coock untuk orang2 yang memang memiliki profesi sebagai full time trader. Sekali lagi, nggak ada salahnya jika anda ingin main saham di usia pensiun, tapi alangkah baik dan bijaksana jika anda investasi saham yang aman ketimbang trading saham untuk jangka pendek. 

Investasi saham yang aman itu yang kayak gimana Bung Heze? Tanya anda dengan penasaran..

Sebenarnya saya sudah pernah membahasnya di pos ini: Cara Investasi Saham yang Paling Aman . Anda bisa membacanya kembali. Intinya, usia terbaik main saham bisa anda lakukan sampai anda memasuki usia pensiun, namun ketika anda sudah memasuki usia pensiun, sebisa mungkin hindarilah trading jangka pendek. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan. Komentar yang bersifat promosi, link aktif TIDAK AKAN DITAMPILKAN.