Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Cara Tepat Melakukan Evaluasi Trading

El Heze
Kalau anda pembaca setia web Saham Gain, anda pasti akan menemukan tulisan pos saya: Mengapa Trading Anda Sering Rugi? Pada pos tersebut, saya menkankan bahwa inti trading keberhasilan trading salah satunya ditentukan oleh EVALUASI yang anda lakukan. Nah, yang jadi pertanyaan selanjutnya adalah: Kapan waktu yang tepat untuk melakukan evaluasi? Dan seberapa sering saya harus melakukan evaluasi trading? Pos ini akan menjawab pertanyaan anda. 

Idealnya, evaluasi trading harus dilakukan sesering mungkin. Itulah mengapa setiap aktivitas trading harus anda catat setiap hari, supaya anda mengetahui kinerja trading anda. Setiap anda setelah selesai melakukan trading, evaluasilah trading anda.

Kalau anda rugi, apa penyebab anda rugi? Kalau anda untung, mengapa anda bisa untung? Apakah karena analisis teknikal anda benar, atau anda untung hanya karena kebetulan, atau hanya karean ikut-ikutan orang lain? Apakah anda untung hanya karena market saat itu sedang bullish?

Sedangkan saat bearish malah banyak cut loss-nya? Kalau kinerja trading anda amburadul, anda harus telusuri, mengapa trading anda nggak karuan? Anda harus mengevaluasi terus secara berkala. Sehingga, ketika anda sudah untung, anda tidak mudah terbawa euforia, dan tetap bisa fokus. Tapi, lebih ideal lagi jika anda juga melakukan evaluasi trading setiap akhir tahun. Biasanya, ini saya namakan dengan evaluasi besar.

"Bung Heze, kalau sudah evaluasi berkala mengapa kok harus melakukan evaluasi akhir tahun segala?" Tanya anda

Evaluasi trading akhir tahun membantu anda melihat rekam kinerja trading anda secara overall. Sehingga, anda akan lebih mudah mengevaluasi kinerja trading anda secara keseluruhan. I mean, dengan melihat rekam kinerja anda secara menyeluruh, semua kesalahan2 anda bisa terlihat dengan sangat jelas, sehingga anda tidak perlu mengulangi kesalahan yang sama di tahun depan. 

Untuk lebih jelasnya, saya akan memaparkan sedikit evaluasi yang pernah saya lakukan. Beberapa tahun lalu, saya bisa menghasilkan profit besar dalam trading. Tapi sayangnya saya banyak sekali melakukan cut loss, dan saya overtrading. Jika saya sudah euforia duluan karena dapat profit besar padahal kinerja trading secara overall sama sekali tidak bagus, maka di tahun2 berikutnya akan sangat membahayakan bagi karir trading saya. 

Oleh karena itu,  saya mulai melakukan evaluasi di akhir tahun untuk membenahi seluruh sistem trading saya. Perlahan, saya bisa lebih tenang dalam melakukan analisis trading, tanpa harus overtrading, tanpa harus terus-menerus cut loss. 

Disinilah saya akhirnya menyimpulkan bahwa evaluasi trading harus selalu dilakukan. Sekarang, bagaimana dengan anda? Apakah anda sudah melakukan evaluasi trading?

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan. Komentar yang bersifat promosi, link aktif TIDAK AKAN DITAMPILKAN.