Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Mengatasi Sikap Latah Trader

Anda suka mangkir di forum2 saham? Anda suka baca2 berita pasar modal? Anda suka baca2 rekomendasi saham di grup Facebook? Anda suka ikut2an gathering? Hal2 inilah yang menyebabkan trader jadi suka latah. Saya bilang latah lho ya, bukan menyalahkan forum, berita, acara gathering. Tidak percaya?

Saya ambil contoh: Forum saham. Forum saham banyak sekali diminati trader, karena di dalam forum tersebut biasanya terdapat rekomendasi saham dari "para pakar" yang biasa mereka sebut sebagai "suhu", "master" atau apalah namanya. Saya sering mengamati, ternyata rekomendasi2 yang diberikan seringkali saham2 yang tidak likuid, notabene saham gorengan. 

Biasanya, yang direkomendasikan adalah saham2 gorengan yang sedang hangat2nya digoreng bandar. Saham2 seperti ini kan berpotensi menjebak trader, kalau mereka nggak tahu ritme permainan bandar. Tapi, masih banyak trader yang mengikuti saran2 untuk beli saham tersebut (latah). 

Contoh lainnya: berita pasar modal. Setiap ada isu yang masih belum bisa dipastikan kebenarannya, atau ada pengumuman tertentu yang berdampak positif bagi perusahaan, trader langsung beli sahamnya. Padahal, informasi2 tersebut belum tentu menaikkan harga saham perusahaan. Sikap latah trader inilah yang pada akhirnya membawa trader pada keputusan2 trading yang kurang bijaksana. Sudahkah Anda baca pos: Seberapa Akurat Rekomendasi Para Analis?

Cara mengatasi sikap latah trader adalah dengan cara memiliki trading plan dan watchlist saham. Watchlist saham adalah saham2 pilihan trader. Jadi, trader hanya memantau beberapa saham tertentu, dan hanya saham2 itu saja yang ditradingkan. Untuk lebih jelasnya, silahkan baca: Menetapkan Saham Pilihan Trading. Baca juga: Trader Harus Punya Saham Pilihan. 

Watchlist adalah bagian dari trading plan. Ketika Anda memiliki watchlist, Anda akan memiliki perencanaan trading yang lebih baik. Dengan adanya watchlist dan trading plan, Anda tidak akan mudah menjadi trader2 latah. Nah, bagaimana cara membuat trading plan dan menentukan watchlist saham dalam trading plan? Saya membahas secara lengkap cara membuat trading plan disini: Buku Saham

Sekali lagi, saya tidak menyalahkan keberadaan forum2 saham, ataupun berita2 pasar modal. Sangat baik apabila Anda bergabung melalui forum saham. Anda bisa menambah ilmu dari sana. Sangat baik pula jika Anda membaca berita2 pasar modal. Toh, saya sendiri mulai jam 08.00 sebelum market pre-open pukul 08.55 sudah mulai baca2 berita pasar modal. 

Namun, Anda jangan pernah menjadikan rekomendasi atau berita sebagai bahan pertimbangan utama Anda (ditelan mentah-mentah). 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan. Komentar yang bersifat promosi, link aktif TIDAK AKAN DITAMPILKAN.