Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Matching High Candlestick Pattern: Studi Kasus Saham PGAS

El Heze

Matching high candlestick pattern adalah pola candlestick yang memberikan sinyal bearish reversal pada trader saham. Bearish reversal maksudnya adalah sinyal potensi pembalikan arah harga saham, dari bullish (naik) menjadi bearish (turun). 


Jadi kalau anda menemukan pola matching high candlestick pattern, disarankan untuk WAIT AND SEE terlebih dahulu. Jangan terburu masuk untuk membeli sahamnya, karena bisa jadi itu adalah pertanda pembalikan arah harga saham menjadi tren turun atau sekedar koreksi normal. 

Berikut ciri-ciri matching high candlestick pattern: 
  • Merupakan pola 2 candlestick 
  • Diawali tren naik harga saham
  • Muncul candle pertama, diikuti candle kedua dengan posisi harga high yang sama
  • Kedua candle berwarna sama, bisa keduanya hijau (bullish) atau merah (bearish)
MATCHING HIGH CANDLESTICK PATTERN PADA SAHAM PGAS 

Sekarang kita akan masuk studi kasus saham PGAS, karena saham PGAS ini membentuk matching high candlestick pattern. Perhatikan chart PGAS berikut: 

Matching High Candlestick

Tren harga saham PGAS diawali dengan tren naik terlebih dahulu. Setelah itu, perhatikan dua candlestick PGAS terakhir. Yap, kedua candlestick PGAS berada pada posisi high (harga tertinggi) yang sejajar. 

Pada chart harga high PGAS selama 2 hari terakhir pada harga 1.990, sehingga kalau anda lihat upper shadow-nya, tingginya sejajar. 

Pada candle pertama, PGAS naik ke harga tertinggi 1.990. Lalu ditutup dibawah 1.990. Pada candle kedua juga demikian. PGAS kembali naik ke harga tertingginya di 1.990. Namun kemudian ditutup dibawah 1.990. 

Apa artinya? 

Artinya, selama 2 hari, PGAS tidak mampu menembus harga diatas 1.990. Setiap mencoba tembus 1.990, selalu ada tekanan jual pada area harga tersebut. Hal tersebut membuat harga saham PGAS pada akhirnya selalu ditutup turun dibawah 1.990. 

Dengan kata lain, kemampuan saham PGAS untuk melanjutkan tren naiknya, sudah mulai tertahan dengan adanya tekanan-tekanan jual pada kisaran harga 1.990 selama 2 hari. 

Itulah mengapa matching high candlestick pattern dikatakan sebagai candlestick pattern yang menunjukkan sinyal bearish reversal. Ketika menemukan matching high, disarankan untuk wait and see dan jika ingin membeli, sebaiknya lakukan buy on weakness, dengan membeli pada harga-harga support-nya. 

Perhatikan harga saham PGAS keesokan harinya setelah membentuk matching high candlestick: 


Harga saham PGAS keesokan harinya langsung koreksi -5,6% ke harga 1.860 (Dari harga sebelumnya 1.970 saat closing). Terjadi koreksi cukup drastis pada saham PGAS setelah membentuk matching high candlestick. 

Sehingga dengan adanya pola matching high pada tren naik suatu saham, maka harga saham akan cenderung rawan untuk koreksi sehat, karena matching high bisa menunjukkan bahwa harga saham memang sudah naik tinggi, sehingga waktunya untuk koreksi. 

Oke, pertanyaan selanjutnya, kalau terjadi matching high candlestick, dimanakah level-level untuk entry buy on weakness? 

Untuk buy on weakness, anda bisa melihat support-support terdekatnya, yaitu dengan melihat support kuat, atau juga bisa menggunakan analisa Fibonacci Retracement. Perhatikan lagi chart saham PGAS berikut saat membentuk matching high: 


Support-support PGAS terdekat ada pada area 1.920-1.940, 1.830 - Fibonacci 23,6% (jika menggunakan analisa Fibonacci), kemudian level 1.800 yaitu angka psikologis juga boleh menjadi acuan support. 

Pada level-level harga tersebut, trader bisa pertimbangkan untuk melakukan buy on weakness. Jadi jangan langsung haka jika anda menemukan matching high candle dan sudah mulai ada tanda-tanda koreksi. 

Dengan munculnya pola matching high candlestick, kita tidak bisa mengetahui dengan pasti sampai berapa hari harga saham akan turun. Oleh karena itu, melihat pattern dan analisa support penting, sebagai acuan trader untuk melakukan akumulasi. 

Tetapi pada umumnya, sinyal yang dihasilkan dari candlestick pattern validitas time framenya lebih singkat dibandingkan dengan chart pattern.    

Anda juga bisa perdalam analisa-analisa teknikal, untuk menganalisa support resisten, memilih saham bagus, analisa Fibonacci Retracement, Elliot Wave disini: Ebook Full Analisis Teknikal Pemula - Expert. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.