Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Kerugian Trading Saham Pemula

Beberapa waktu lalu, saya dapat pertanyaan melalui FB dari trader pemula. Inti pertanyaannya adalah: Trader yang baru trading saham beberapa bulan, sudah menelan kerugian di Bursa. Trader meminta saran bagaimana caranya agar tidak rugi besar di market.  


Sebagai seorang pemula di bursa saham, biasanya akan ada beberapa kemungkinan yang terjadi. Anda bisa langsung dapat untung besar di market. Atau sebaliknya, anda mengalami kerugian di market. Kemungkinan ketiga, penghasilan anda dari trading relatif stabil. 

Faktanya, banyak pemula yang saya temukan, sering mengalami kerugian di awal saat berinvestasi maupun trading saham.

Kalau anda masih pemula dan mengalami kerugian di awal, maka anda harus evaluasi: Apa yang menyebabkan anda rugi? Sama seperti kita melakukan kesalahan, atau ketika nilai anda jelek. 

Maka anda harus tahu terlebih dahulu dimana letak kesalahan anda, kemudian barulah anda bisa memperbaikinya. Trader pemula yang mengalami kerugian dan bertanya ke saya, saya tanya balik: Kenapa bisa rugi? Beli saham apa, dan apa alasan beli saham tersebut? 

Ternyata kerugian trader disebabkan salah satunya karena membeli saham GOTO, di mana trader ikut-ikutan analis orang lain. Karena GOTO beberapa hari kena ARB berturut-turut, trader akhirnya terpaksa cut loss dan mengalami kerugian di market. 

Demikian juga dengan kerugian-kerugian lainnya, yang disebabkan karena trader tidak melakukan analisa saham sebelum trading, melainkan hanya membeli saham karena rumor, ikut pom-pom. 

Ada juga trader pemula yang mengalami kerugian besar di market, karena pada saat trader masuk ke bursa saham, kondisi IHSG lagi strong bearish. Trader shock ketika melihat pasar saham yang turun terus, padahal sebelumnya trader banyak mendengar "kisah-kisah sukses" di market. 

Nah, kalau anda sudah mengetahui penyebab kerugian anda, barulah anda bisa melakukan EVALUASI, supaya kedepan anda bisa memperbaiki trading anda.

Jika anda rugi besar di suatu saham, karena anda ikut-ikutan membeli saham yang tidak anda ketahui, kedepan anda harus lebih mempertajam, memperdalam analisa teknikal anda, dan jangan lagi trading di saham-saham yang tidak anda ketahui. 

KERUGIAN TRADING = KEUNTUNGAN UNTUK TRADER? 

Ada satu hal yang ingin saya sampaikan. Untuk trader dan investor pemula yang mengalami rugi di awal, anda justru BERUNTUNG dibandingkan orang-orang yang di awal sudah dapat "jackpot" besar di pasar saham. 

Jika anda mengalami rugi di awal, hal ini akan memacu anda untuk belajar dan mendalami analisa lebih detail, sehingga ketika anda menghadapi kondisi market yang jelek, menghadapi saham-saham pom-pom, anda sudah tidak kaget. 

Karena di awal anda sudah paham letak kesalahan yang menyebabkan anda rugi, sehingga anda lebih bijaksana dalam memilih saham, dan tidak terkena kerugian yang lebih besar. 

Saya tidak mengatakan bahwa anda harus rugi dulu di awal. Semua orang ingin untung. Namun kalau yang terjadi pada anda sekarang anda posisi rugi (untuk pemula), sebaiknya anda tidak mengeluh, menyalahkan bursa atau bahkan orang lain sebagai penyebab kerugian anda. 

Justru ketika anda rugi di awal, anda bisa melakukan evaluasi, dan anda belajar lebih banyak dari kerugian tersebut, sehingga anda bisa lebih berhati-hati dalam memilih saham. 

Para trader yang sejak awal trading sudah meraih keuntungan besar, biasanya cenderung lupa diri dan lupa market. Karena asyik dapat untung besar saat market lagi bagus, di satu sisi pengalaman trading masih minim. 

Ketika kondisi pasar saham berubah jadi bearish, portofolio trader jadi berantakan, karena belum mengalami kondisi pasar saham yang jelek.  

Ini juga saya alami, karena saya termasuk salah satu trader yang bisa langsung dapat untung ketika 6 bulan pertama trading. Saat saya pertama masuk ke pasar saham, juga didukung dengan market bullish. Di web Saham Gain ini saya juga pernah bercerita tentang pengalaman trading pemula. 

Mindset anda sebagai trader juga mempengaruhi perkembangan trading anda. Banyak pemula yang rugi di awal, tapi akhirnya berbalik jadi profit, karena trader mengevaluasi penyebab kerugiannya, dan belajar dari situ. 

Namun banyak juga trader yang terpuruk setelah mengalami kerugian awal di market, karena trader mencari kambing hitam atas penyebab kerugiannya. 

Buat anda para pemula yang membaca pos ini, memang lebih baik jika kerugian ditekan sekecil mungkin. Jadi kalau anda berniat trading atau investasi saham, pelajari terlebih dahulu ilmu-nya. 

Di web Saham Gain, anda bisa perdalam ilmu-ilmu trading dan investasi saham, mulai pemula sampai expert (mandiri), pada ebook-ebook saham berikut: 
Akhir kata, kerugian trading saham pemula yang anda alami BUKAN KEGAGALAN, tapi itu adalah stepping stone anda untuk melangkah lebih baik. 

Ketika anda sudah mengalami kerugian, anda bisa belajar dari kerugian tersebut, sehingga anda bisa memperbaiki kualitas trading. Anda tidak kaget lagi ketika kedepan berhadapan dengan kondisi market yang jelek, dan anda bisa membedakan saham-saham yang tidak layak trading dengan saham bagus. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.