Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Modal untuk Trading Saham

El Heze

Saat ini, trading saham bisa dilakukan dengan modal kecil. Sekuritas juga berlomba-lomba untuk memberikan fee trading (online) yang rendah, di mana trader sudah bisa membeli saham melalui aplikasi online trading, which is fee tradingnya jauh lebih rendah dibandingkan trading melalui pialang langsung. 


Dengan modal Rp100 saja, anda sudah bisa membeli saham.  Harga saham paling rendah di Bursa Efek adalah Rp50 per saham. Kalau anda membeli saham yang harganya hanya Rp100 per saham, maka dengan modal 100 ribu, anda sudah bisa dapat saham tersebut sekitar 9 lot.

Itulah mengapa jumlah investor saham di Bursa Efek dari tahun ke tahun selalu naik signifikan, karena investor & trader di Bursa kebanyakan diisi oleh orang-orang yang modal-nya kecil. 

Dengan modal relatif kecil anda sudah bisa membeli saham, sehingga banyak dengan modal sedikit yang ikut terjun ke pasar saham. Anda yang sedang baca pos ini dan berencana untuk membuka rekening efek (mulai trading), saya sarankan jangan tertipu dengan kata-kata marketing "Hanya modal Rp100 ribu sudah bisa main saham". "Modal kecil sudah bisa beli saham". 

Walaupun dengan modal Rp100 ribu anda sudah bisa trading, ada baiknya seorang trader pemula selalu menetapkan batasan minimal yang lebih besar jika ingin terjun ke dunia saham. 

Mengapa nggak disarankan pakai modal terlalu kecil? 

Karena kalau anda pakai modal terlalu kecil, otomatis pilihan saham untuk trading juga semakin sedikit. Masalahnya, saham-saham di Bursa efek yang bagus dan likuid memang kebanyakan adalah saham-saham yang harganya agak tinggi. 

Saham-saham yang harganya 300-500-an per saham banyak yang bagus. Tetapi saham-saham yang lebih likuid, biasanya diatas Rp500 per saham, atau bahkan diatas Rp1.000 per saham. 

Dengan modal Rp100 ribu atau Rp50 ribu, tentu trader akan sulit menjangkau saham-saham yang lebih bagus dan likuid di market. 

MODAL TRADING SAHAM AWAL UNTUK TRADER AWAM 

Untuk trader saham yang baru mulai terjun ke dunia saham, saran saya gunakan modal MINIMAL Rp1-3 juta. Anda juga bisa baca-baca kembali tulisannya disini: Modal Ideal untuk Trading Saham.  

Dan tentu saja, selalu gunakan "uang dingin". Jangan pernah menggunakan utang atau uang untuk kebutuhan sehari-hari buat trading saham. 

Pak Heze, tapi modal saya sekarang belum sampai Rp1-3 juta. Modal saya masih 900 ribuan. Apakah nggak disarankan untuk trading pakai modal 900 ribu saja?

Saran saya, kalau modal anda masih dibawah Rp1 juta, sebaiknya jangan memaksakan untuk trading. Tunggulah dahulu sampai tabungan anda minimal Rp1 juta, baru anda mulai trading saham. 
 
Saya sering menemukan trader-trader pemula yang memulai trading dengan modal terlalu kecil, seringkali terjebak membeli saham-saham gorengan yang harganya murah, dan pada akhirnya portofolio-nya seringkali diisi oleh saham-saham nyangkut dengan jumlah lot yang kecil. 

Hal ini dikarenakan trader tidak memiliki opsi untuk memilih saham-saham bagus, sehingga akhirnya trader terpaksa melakukan diversifikasi pada saham-saham harga murah (yang kebanyakan adalah saham-saham gorengan), dengan risiko tinggi. 

Jadi modal ideal untuk trading saham pemula / awam disarankan menggunakan modal yang tidak terlalu kecil, dan tidak terlalu besar, yaitu di kisaran Rp1-3 juta. Kalau anda punya Rp5 juta, anda boleh menggunakan modal maksimal Rp5 juta untuk trading. 

Dengan modal di kisaran Rp1-3 juta, atau Rp5 juta, anda memiliki lebih banyak opsi untuk memilih saham-saham bagus, termasuk dari saham-saham LQ45, Kompas 100 ataupun saham-saham likuid non LQ45 lainnya. 

Sebagai pemula, anda juga lebih mampu mengatur psikologis trading, karena anda tidak trading dengan modal yang terlalu besar, dan tidak trading dengan modal terlalu sedikit.  

MENAMBAH MODAL TRADING SECARA BERTAHAP 

Tentu saja ada waktunya untuk menambah modal. Trader disarankan menambah modal jika sudah bisa meminimalkan kerugian, dan mulai mencetak profit. Jadi kalau anda sudah mengalami kondisi-kondisi berikut ini: 
  • Anda sudah semakin jarang cut loss
  • Anda sudah bisa memilih saham secara mandiri 
  • Anda bisa membedakan saham bagus dan saham jelek 
  • Anda sudah punya trading plan 
  • Anda sudah mulai profit  
Maka anda bisa pertimbangkan untuk menambah modal, menjadi 2-3 kali dari modal anda sekarang. Misalnya anda sekarang trading dengan modal awal Rp2 juta, anda bisa menambah modal menjadi Rp4-6 juta. 

Demikian seterusnya, kalau anda sudah bisa untung dengan modal Rp4-6 juta, anda bisa menambah porsi modal sesuai dengan kemampuan dan psikologis masing-masing. 

Sehingga dengan menambah modal trading secara bertahap, anda sebenarnya juga belajar untuk meminimalkan risiko dan belajar mengelola emosi trading. Mengelola modal trading termasuk salah bagian dari manajemen modal. 

Ingat, kalau dengan modal kecil anda belum bisa profit dan masih banyak rugi, saran saya jangan terburu-buru untuk menambah modal terlebih dahulu. 

Logikanya, kalau dengan modal Rp1-3 juta anda masih sering rugi, maka dengan modal besar anda justru akan memperbesar risiko. Masalah kerugian yang dialami trader seringkali bukan terjadi karena modal yang digunakan . 

Akan tetapi, karena pengetahuan trader tentang trading saham masih kurang. Hal ini wajar karena trader baru memulai trading saham alias masih pemula. Itulah mengapa modal untuk trading saham buat seorang pemula, disarankan tidak terlalu kecil agar bisa memilih saham bagus juga. 

Selain itu, disarankan untuk tidak pakai modal terlalu besar agar trader bisa menjaga psikologis, dan sekaligus sebagai sarana untuk latihan trading juga. Kalau anda sudah bisa memenuhi kondisi-kondisi diatas tadi, anda baru bisa pertimbangkan untuk mulai menambah modal trading secara bertahap. 

Jadi meskipun anda punya modal Rp20 juta, atau Rp50 juta untuk trading, namun sebagai pemula yang baru pertama mencoba dunia saham, disarankan untuk tidak memulai dengan modal terlalu besar, karena dengan pengetahuan yang masih minim, trading dengan modal besar akan meningkatkan risiko trading. 

Buat trader pemula yang ingin terjun ke dunia saham, semoga pos ini menjawab pertanyaan-pertanyaan para trader mengenai berapa modal untuk trading saham. Salam Profit. 

Anda bisa pelajari praktik-praktik cara screening saham bagus, cara-cara memilih saham menguntungkan untuk stock pick supaya anda bisa memaksimalkan profit konsisten dan meminimalkan kerugian disini: Panduan Simpel & Efektif Memilih Saham Bagus. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.