Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Analisis Saham Unilever - Teknikal & Fundamental

El Heze

Tren harga saham Unilever (UNVR) sejak tahun 2018 terus mengalami penurunan tren. Salah satu penyebabnya karena  penurunan tren laba bersih UNVR. Penurunan kinerja fundamental ditambah valuasi yang sudah mahal, membuat pelaku pasar dan para investor menjual saham UNVR. Dan setelah stock split awal 2020, harga saham UNVR justru melanjutkan tren turunnya.


Ada kabar baik untuk UNVR, karena laba bersih UNVR kuartal 1 / 2022 (Januari-Maret) kembali mencetak kenaikan lababersih, tumbuh sebesar 19%.

Setelah 2-3 tahun terakhir UNVR "konsisten" mencetak penurunan laba bersih, UNVR akhirnya berhasil mencetak kenaikan laba bersih. Tetapi apakah kenaikan laba bersih UNVR ini benar-benar karena kinerjanya yang sudah pulih total? Sekarang kita lihat laporan laba rugi UNVR berikut: 

Laporan Keuangan Unilever

Tetapi kalau kita perhatikan, kenaikan laba bersih UNVR salah satunya dikarenakan EFISIENSI BEBAN yang dilakukan oleh manajemen. Hal ini bisa anda perhatikan pada akun Beban Pemasaran dan Beban Penjualan yyang mengalami penurunan.

Dari sisi Penjualan Bersih (omzet), UNVR memang juga mengalami peningkatan. Namun jika UNVR tidak melakukan efisiensi beban pemasaran dan beban umum tersebut, maka Laba Usaha UNVR akan tetap turun. 

Jika Laba Usaha UNVR turun, kemungkinan besar Laba Bersih-nya juga akan ikut turun seperti pada laporan-laporan keuangan sebelumnya. 

Karena jika kita perhatikan mulai komponen penjualan bersih, walaupun penjualan bersih UNVR meningkat, tetapi kenaikan Beban Pokok Penjualan membuat Laba Bruto UNVR turun. 

Kenaikan Laba Usaha UNVR dikarenakan adanya efisiensi beban tersebut, yang pada akhirnya berdampak pada kenaikan Laba Bersih Unilever secara keseluruhan.    

Jadi perbaikan (kenaikan) laba bersih UNVR pada periode kuartal 1 / 2022, sesungguhnya BUKAN dikarenakan omzet UNVR yang mengalami peningkatan signifikan, yang membuat laba bersih terdongkrak. 

Namun kenaikan laba bersih UNVR lebih disebabkan adanya efisiensi-efisiensi biaya yang dilakukan. Sehingga kenaikan laba bersih UNVR sebenarnya bukan murni 100% dari perbaikan kinerja fundamental. 

Kemudian ekspansi-ekspansi UNVR kedepan, UNVR mentargetkan capex 2-2,5% dari turnover untuk mengembangkan produk-produk yang sedang mengalami pertumbuhan, modernisasi peralatan pabrik, investasi pada infrastruktur untuk mendukung usaha salah satunya untuk es krim. 

Dari ekspansi-ekspansi yang dilakukan, sebenarnya tidak ada ekspansi yang sangat signifikan, yang bisa mendongkrak omzet dan laba bersih secara masif, setidaknya untuk saat ini. 

Sehingga kinerja fundamental UNVR kedepan, kemungkinan besar kurang lebih akan sama seperti saat ini. Beberapa faktor yang bisa mendongkrak kembali laba bersih UNVR dalam beberapa waktu kedepan adalah: Efisiensi beban dan pemulihan daya beli.  

Lalu, bagaimana dengan potensi pergerakan harga sahamnya? 

Meskipun kenaikan laba bersih UNVR disebabkan kontribusi efisiensi beban, akan tetapi kenaikan laba bersih bisa menjadi SENTIMEN POSITIF untuk UNVR, terutama dalam jangka pendek. 

Hal ini bisa mempengaruhi reaksi dan psikologis pasar, karena selama beberapa tahun terakhir laba bersih UNVR cenderung turun, dan pada periode ini, laba bersih UNVR kembali naik. 

Sehingga kenaikan laba bersih UNVR dapat menjadi good news untuk pelaku pasar. Dalam jangka pendek, harga saham UNVR ada potensi untuk naik / technical rebound. Apalagi tren saham UNVR sudah turun cukup banyak. Sekarang kita lihat analisa chart UNVR: 

Grafik saham Unilever

UNVR sebenarnya sudah sangat murah (secara analisis teknikal). Dari downtrend yang terbentuk sejak harga 8.300-an, dan setelah stock split awal 2020, UNVR terus turun sampai ke posisi harga sekarang di 3.890. 

UNVR sedang membentuk technical rebound. Namun selama 2 hari terakhir, harganya tertahan diatas dengna penurunan volume. Ini menunjukkan tekanan bearish mulai reda. 

Kalau UNVR kembali bergerak koreksi, area support terdekatnya ada pada Fibonacci 23,6% di harga 3.750-3.770. Selama bertahan diatas Fibo 23,6%, area support minor-nya, UNVR kemungkinan besar tertahan dari tren turun, dan ada peluang retracement. 

Candle UNVR sendiri uji MA50 (garis biru) di resisten 3.920. Untuk yang ingin trading atau hold UNVR, anda bisa pertimbangkan strategi buy on breakout harga 3.920, dengan target resisten terdekat pada Fibonacci 38,2% pada harga 4.050-4.070. 

Kemudian target resisten 2 untuk yang ingin hold lebih panjang ada pada harga 4.200-4.300. Dan target resisten 3 pada Fibonacci 50% di harga 4.350. 

Anda bisa pertimbangkan resisten-resisten tersebut sebagai target area untuk take profit. Jika UNVR kembali bergerak merah, maka trading plan yang bisa anda lakukan adalah menunggu support terdekat pada harga 3.750-3.770 di Fibo 23,6%-nya, sebagai area untuk BUY ON WEAKNESS..

Sedangkan secara valuasi, harga saham UNVR masih cukup mahal, dengan PER 18 kali dan PBV 23 kali. Sehingga dalam jangka pendek, kenaikan UNVR akan lebih didorong oleh faktor psikologis dan reaksi market atas good news UNVR (kenaikan laba bersih) dan faktor teknikal yang sudah cukup murah / berada di harga bottom-nya. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.