Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

7 Cara Main Saham yang Benar untuk Pemula

Pasar saham merupakan salah satu instrumen aset non riil yang dapat digunakan sebagai sarana untuk mencetak profit. Cara meraih profit melalui pasar saham dilakukan dengan cara trading dan investasi saham. Trading saham untuk time frame jangka pendek (berdagang saham), sedangkan investasi untuk jangka panjang.  


Untuk meraih profit di pasar saham, tentu saja seorang pemula harus memahami step by step belajar saham yang benar. Sebelum berbicara soal profit, ada tahapan-tahapan awal belajar saham yang harus dipelajari oleh trader pemula.

Langkah awal belajar saham justru merupakan langkah yang paling penting, karena akan menentukan karir trading anda selanjutnya. Banyak trader pemula yang langsung gagal ketika baru memulai trading / investasi, karena trader tidak memulai dengan step by step yang benar. 

Para trader dan investor pemula, terdapat 7 cara main saham yang benar, agar anda bisa memulai trading dan investasi saham. Berikut 7 cara main saham yang benar untuk pemula: 

1. Pahami ilmu dasar trading dan investasi saham 

Ilmu dasar adalah hal pertama yang harus dalam main saham. Ilmu dasar trading dan investasi adalah dengan mempelajari: 
  • Mekanisme perdagangan saham di Bursa Efek 
  • Cara kerja trading dan investasi saham 
  • Analisa-analisa yang digunakan untuk trading dan investasi 
  • Risiko-risiko di pasar saham 
  • Potensi keuntungan di pasar saham 
Poin-poin diatas adalah ilmu dasar yang harus dikuasai. Ilmu dasar tersebut sangat basic, namun ini adalah langkah awal yang perlu dipahami oleh pemula. Intinya, pemain saham harus memahami mekanisme perdagangan saham, karena ini sangat menentukan ketepatan order beli dan jual yang anda masukkan. 

Selain itu, anda harus memahami analisa-analisa yang digunakan untuk trading dan investasi, termasuk memahami risiko-risiko yang akan anda hadapi di market. 

Sebelum memutuskan untuk terjun ke dunia saham, pemain saham harus mempelajari faktor risiko, selain potensi keuntungan yang bisa anda dapatkan di market, karena pasar saham juga ada risikonya. Dengan memahami risiko, pemula dapat mengantisipasi dan meminimalkan risiko-risiko tersebut.

2. Perdalam analisa saham (analisis teknikal dan analisis fundamental) 

Mendapatkan profit di pasar saham membutuhkan analisa yang benar. Analisa saham terdiri dari dua analisa utama, yaitu analisis teknikal (trader saham) dan analisa fundamental (investor saham). 

Kalau anda ingin investasi jangka panjang, disarankan untuk fokus pada analisa fundamental (analisa laporan keuangan, ekonomi makro, ekonomi mikro, valuasi). Kalau anda ingin trading jangka pendek, disarankan untuk lebih fokus mendalami analisa teknikal, yaitu analisa grafik. 

Anda bisa perdalam lebih banyak praktik-praktik analisa fundamental dan full praktik analisa teknikal untuk memilih saham-saham bagus jangka pendek disini: 
3. Memulai dengan modal kecil 

Trader saham pemula disarankan memulai trading dengan modal kecil, namun tetap bisa menjangkau saham-saham bagus. Trader pemula disarankan memulai trading dengan modal di kisaran Rp1-3 juta. 

Karena modal modal Rp1-3 juta, anda bisa memilih saham-saham bagus, namun modal tersebut juga tidak terlalu kecil atau terlalu besar. Baca juga: Modal Ideal Trading Saham.

4. Hindari margin trading 

Pemula disarankan menghindari untuk menggunakan margin trading. Secara sederhana, margin trading berarti anda menggunakan utang dari sekuritas untuk membeli saham. 

Dalam 3-4 hari jika trader tidak segera menjual saham, maka trader akan dikenakan beban bunga dari fasilitas margin trading, dan bisa terkena force sell (jual paksa) jika trader tidak merealisasikan penjualan saham dalam waktu yang ditentukan. 

Selalu gunakan uang dingin dalam trading maupun investasi. Hal ini supaya anda bisa menjaga psikologis lebih baik, dan menjaga modal. Manajemen modal adalah hal utama yang harus diperhatikan oleh pemain saham.  

5. Mulai dengan strategi trading yang aman: Buy on Weakness 

Di pasar saham, ada banyak strategi trading. Namun strategi trading yang paling mudah diterapkan oleh trader umumnya adalah buy on weakness alias membeli saham di harga bawah saat lagi turun. 

Hal ini karena sesuai dengan mekanisme perdagangan saham, di mana saham-saham yang sudah naik tinggi, cepat atau lama pasti akan ada aksi jual. Sedangkan saham-saham yang sudah turun banyak dan mulai diskon, pasti akan diakumulasi lagi. 

Sehingga mencari saham-saham yang sedang turun atau strategi buy on weakness lebih mudah diterapkan pemula, ketimbang mencari saham2 breakout atau menerapkan strategi2 trading lanjutan seperti strategi contrarian dan lain-lain. 

Kita juga sudah pernah membahas konsep buy on weakness disini: Konsep Trading Saham: Beli Saat Mau Naik, Jual Saat Mau Turun. 

Untuk memilih saham-saham turun yang sedang bagus dan berpotensi naik, pemula harus mempelajari tipe-tipe saham diskon. Anda bisa perdalam analisa-analisa mencari saham diskon dan murah disini: Full Praktik Menemukan Saham Diskon & Murah. 

6. Perdalam ilmu screening saham  

Trader dan investor pemula dihadapkan pada banyak pilihan saham di Bursa. Sayangnya tidak semua saham di market adalah saham-saham yang bagus dan menguntungkan. 

Oleh karena itu, pemula harus mendalami ilmu screening saham. Screening saham adalah cara-cara memilih saham bagus, memilah saham-saham yang layak trading dan tidak layak trading, sehingga trader bisa melihat saham-saham yang sebaiknya dibeli dan dihindari. 

Screening saham dapat mengarahkan trader pemula untuk lebih on track dalam memilih saham-saham bagus. Pelajari juga panduan screening saham disini: Panduan Simpel & Efektif Screening Saham Bagus. 

7. Diversifikasi maksimal 2 saham 

Pemain saham pemula sebaiknya melakukan diversifikasi dengan jumlah diversifikasi yang tidak terlalu banyak. Disarankan melakukand diversifikasi pada 2 saham terlebih dahulu. 

Terlalu banyak diversifikasi akan membuat trader pemula kesulitan untuk memantau saham-sahamnya. Di satu sisi, modal yang digunakan pemula biasanya relatif kecil, sehingga diversifikasi sebaiknya tidak terlalu banyak, agar bisa lebih fokus ke beberapa saham yang bagus.

Itulah 7 cara main saham yang benar untuk pemula. Step by step belajar saham yang benar akan sangat menentukan langkah selanjutnya di dalam trading anda.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.