Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Analisis Teknikal Saham ANTM

El Heze

Saham ANTM merupakan saham yang teknikalnya menarik untuk kita cermati. Secara historis, ANTM sempat berada dalam fase tren turun dan sideways cukup lama. Kalau anda pemain lama di Bursa saham, anda pasti merasakan saat ANTM harganya masih di kisaran 800-1.000, dan sideways sangat lama di kisaran harga tersebut. 

 


Namun sekarang? Harganya sudah uptrend, dan sempat menyentuh harga 3.000. Pergerakan saham ANTM sekarang menurut saya jauh lebih likuid dan volatilitasnya cepat dibandingkan beberapa tahun lalu saat masih sideways di area 800-1.000. 

Sehingga walaupun secara harga per lembar sahamnya, ANTM sekarang jauh lebih mahal, tetapi justru ANTM semakin bagus untuk trading. Perlu diperhatikan juga, bahwa pergerakan harga saham ANTM juga dipengaruhi oleh faktor-faktor eksternal, bukan hanya faktor teknikal. 

Hal ini karena emas adalah aset safe-haven, yang berarti adalah aset dengan risiko kecil / aman saat terjadi ketidakpastian ekonomi / politik. Sehingga pada saat terjadi perang Rusia-Ukraina, harga saham ANTM melonjak drastis, karena banyak orang yang membeli dan menyimpan emas di tengah ketidakpastian ekonomi dan politik. 

Tetapi ketika mulai ada kemungkinan gencatan senjata, harga emas akan langsung turun, yang membuat harga saham ANTM ikut ter-koreksi secara signifikan. Karena ketika kondisi politik dan ekonomi mulai membaik, otomatis para investor akan memasukkan modalnya pada aset yang lebih berisiko, sehingga aset safe haven seperti emas akan turun. 

ANALISIS TEKNIKAL SAHAM ANTM 

Sekarang kita coba bahas analisa teknikal saham ANTM, dan potensi pergerakan saham ANTM kedepan. Perhatikan tren harga saham ANTM selama 1 tahun terakhir: 


Selama 1 tahun terakhir, tren saham ANTM sebenarnya kurang menarik, karena ANTM hanya sideways di kisaran 2.300-2.400 dalam waktu berbulan-bulan. Dan ketika saham ANTM jatuh dari support 2.200 karena memang harganya secara teknikal sudah mahal, saham ANTM terus turun sampai dibawah 1.800. 

Nah, kalau anda perhatikan saham ANTM mulai kembali berada pada jalur uptrend-nya, bahkan sempat menyentuh harga 3.000. Hal ini terjadi karena harga emas sedang naik pada saat perang Rusia-Ukraina, sehingga ketika awal perang, harga saham ANTM langsung naik signifikan.

Tetapi kalau kondisi ekonomi dan politik sudah mulai stabil, maka para investor akan lebih fokus ke sektor lain, sehingga tren naik ANTM kemungkinan besar hanya akan terjadi pada saat-saat tertentu saja.

Karena harga 2.300.2400 adalah support kuat ANTM, kemungkinan besar jika ANTM kembali koreksi dibawah 2.500, maka ANTM akan kembali sideways ke area support kuatnya terlebih dahulu. 

Kemudian, kita coba analisa lebih detail analisa chart ANTM dengan time frame lebih pendek, untuk menentukan dimana letak support resisten terdekatnya untuk trading. Kita gunakan time frame 6 bulan berikut ini: 

Analisis Teknikal Saham ANTM

Pada tren 6 bulan, saham ANTM bergerak dengan pola uptrend (tren naik). Ingat salah satu prinsip Dow Theory yang mengatakan bahwa harga saham akan terus bergerak mengikuti tren-nya, sampai ada tanda-tanda bahwa tren harga saham akan berbalik arah. 

Karena saham ANTM masih bergerak dalam tren naik, maka kemungkinan besar tren saham akan terus bergerak uptrend, sampai ada tanda-tanda pembalikan arah (bearish reversal).

Di dalam tren naik, terlihat ANTM membentuk koreksi minor, atau yang disebut dengan pullback. Namun setelah itu, ANTM masih tertahan di support minor-nya. ANTM cukup menarik, karena berdekatan dengan beberapa area Fibonacci Retracement-nya. Berikut area support resisten ANTM yang bisa diperhatikan trader: 

Support 1: 2.480-2.510 
Support 2: 2.420 - Fibo 50%
Support 3: 2.250 - Fibo 61,8%
Resisten 1: 2.600 - Fibo 38,2% 
Resisten 2: 2.800 - Fibo 23,6%   

Karena ANTM sedang membentuk uptrend, dengan koreksi minor, maka anda bisa memanfaatkan momentum pullback untuk trading di saham ANTM, dengan menerapkan strategi akumulasi. 

Support terdekat yang bisa menjadi acuan adalah harga 2.480-2.510. Jika ANTM open dibawah 2.480, anda bisa menunggu support 2-nya di harga 2.420 yang merupakan lowest price-nya 2 hari terakhir. 

Yap, disitulah trader bisa memanfaatkan area akumulasi ANTM, pada support-support bagusnya, berhubung tren harga sahamnya masih uptrend, yang menandakan tekanan beli lebih dominan. 

Namun jika ANTM ternyata breakdown dari support 2.300 dan 2.400, anda bisa lakukan akumulasi trading pada area support 2 di Fibo 61,8% yaitu pada harga 2.250. 

Harga 2.250 adalah support kuat ANTM, sehingga kemungkinan besar pada Fibo 61,8%, saham ANTM bisa bertahan cukup lama, dengan memanfaatkan area sidewaysnya untuk trading jangka pendek (dengan memanfaatkan support resisten berulang). 

Menariknya, koreksi minor ANTM diikuti dengan penurunan volume, yang mengindikasikan bahwa penurunan saham ANTM diikuti dengan penurunan partisipasi bearish, sehingga ada indikasi bahwa tren koreksi pendek tidak akan bertahan lama. 

Jadi kesimpulannya, untuk sementara ini analisa teknikal saham ANTM tetap bisa ditradingkan, dengan mengacu pada support resisten terdekatnya seperti yang sudah kita bahas.

Pergerakan fluktuatif saham ANTM sejak uptrend Februari lalu juga cukup cepat, tidak membentuk tren sideways yang panjang, sehingga bisa dimanfaatkan untuk trading dibawah  1 mingguan, maupun untuk swing trading. 

Akan tetapi, sewaktu-waktu tren ANTM bisa saja berbalik arah. Apalagi pergerakan saham ANTM bergantung pada banyak hal, salah satunya harga emas. 

Jika harga emas kembali turun signifikan, di satu sisi harga saham ANTM sudah di resisten, tren ANTM bisa berbalik arah. Jika tren ANTM berbalik arah dan mulai sideways seperti tren yang terjadi sebelumnya, maka anda bisa trading dengan memanfaatkan support resisten berulang di area 2.100-2.400-an. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.