Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Analisis Teknikal - Harga Saham Pizza Hut

El Heze

Saham  PT Sarimelati Kencana Tbk (PZZA), merupakan perusahaan yang bergerak di sektor  Pariwisata, Restoran dan Hotel. Perusahaan ini merupakan perusahaan restoran cepat saji Pizza Hut. PZZA go public di Bursa Efek pada tahun 2018, tetapi sayangnya tren harga sahamnya terus bergerak turun sejak IPO.  


Pada pos ini, kita akan membahas analisis teknikal saham PZZA, karena secara analisa tren / teknikal, harga saham Pizza Hut sudah cukup rendah dan berada pada level bottom. 

Sebelum itu, dalam analisa teknikal, kita perlu memperhatikan terlebih dahulu tren besar alias major tren saham tersebut, untuk menentukan potensi arah pergerakan harga saham selanjutnya. Perhatikan major tren saham PZZA sejak awal listing di Bursa saham:   

Harga saham Pizza Hut

Dari tren harga saham PZZA diatas, sudah terlihat jelas bahwa PZZA membentuk downtrend (major trend). PZZA sempat menyentuh harga 1.300, namun kemudian harganya terus turun mencapai harga 500 yang merupakan harga historis terendahnya.

Setelah PZZA menyentuh harga terendah di 500 (lihat tanda lingkaran hijau pertama), PZZA membentuk tren naik pada secondary tren. Tetapi kemudian PZZA kembali turun dan saat pos ini ditulis, harga saham PZZA berada pada harga 650. 

Tren turun menunjukkan bahwa tekanan JUAL alias bearish lebih mendominasi dibandingkan tekanan BELI (bullish). Sehingga trading pada saham-saham yang sedang strong downtrend, tentu risikonya lebih besar dibandingkan trading pada saham uptrend. 

Tetapi bukan tidak mungkin saham-saham downtrend mengalami bullish reversal. Kita coba perhatikan kembali tren PZZA menggunakan time historis lebih pendek, yaitu 9 bulan:  

Klik gambar untuk memperbesar

Pada time frame 9 bulan yang lebih singkat, major tren PZZA masih tetap membentuk tren turun. Akan tetapi, pada minor tren 1-2 minggu terakhir, PZZA mulai terlihat ada perlawanan bullish. 

Untuk lebih memudahkan melihat sinyal trading pada saham PZZA, kita akan gunakan analisa Fibonacci Retracement. Perhatikan garis-garis merah pada chart PZZA diatas. Itu adalah garis-garis Fibonacci-nya. Berikut area-area Fibonacci PZZA: 
  • Fibo 23,6% = 620
  • Fibo 38,2% = 650
  • Fibo 50% = 670-680
  • Fibo 61,8% = 690 
  • Fibo 76,4% = 710
Harga saham PZZA saat pos ini ditulis berada pada harga 650. Artinya, harga saham PZZA saat ini tepat berada pada area Fibo 38,2%. Dengan kata lain. PZZA sedang menguji area resisten 650 yang terdekat. 

Secara teknikal (analisa fibo), jika PZZA berhasil breakout 650, trader bisa pertimbangkan untuk buy on breakout dengan target resisten di Fibo 50%, Fibo 61,8% dan Fibo 76,4%. 

Apabila PZZA belum berhasil menembus Fibo 61,8% di harga 690, artinya PZZA kemungkinan akan koreksi lagi, karena 700 adalah resisten psikologis-nya. Jadi trader bisa amankan posisi take profit di kisaran 680-690 terlebih dahulu. 

Kemungkinan kedua, apabila PZZA ternyata gagal breakout 650, kemungkinan PZZA akan kembali terkoreksi ke area Fibo 23,6% di harga 620. 

Trader bisa pertimbangkan untuk melakukan akumulasi bertahap di area 620. Trader tidak disarankan all in karena untuk berjaga-jaga jika PZZA breakdown dari Fibo 23,6%. Jika breakdown lagi dari Fibo 23,6%, maka PZZA berpotensi kembali ke area suport kuat di 580-600 (lihat tanda lingkaran kedua pada chart pertama). Disitulah area support PZZA selanjutnya. 

Jadi skenario-nya jika PZZA turun dibawah 650, trader bisa pertimbangkan buy on weakness bertahap di Fibo 23,6%-nya yaitu pada harga 620 dan support 2 pada harga 580-600. 

Itulah analisis teknikal harga saham Pizza Hut menggunakan analisis Fibonacci Retracement. 

Salah satu kelemahan saham PZZA ini menurut penulis adalah market cap-nya yang kecil, sehingga tidak terlalu likuid dan tidak terlalu populer di kalangan trader. 

Sehingga pergerakan harga saham PZZA ini bisa dibilang lambat. Selain itu, perusahaan yang bergerak di Pariwisata, Restoran dan Hotel memang sedang jelek-jeleknya karena terkena dampak pandemi. 

Nah, kalau pandemi sudah berakhir, maka perusahaan yang bergerak di sektor Pariwisata, Restoran dan Hotel, termasuk emiten PZZA akan ramai kembali, karena sektor ini adalah salah satu sektor yang paling terkena imbas negatif pandemi. 

Di sisi lain, secara teknikal saham PZZA juga sudah mulai murah secara tren, dan terlihat ada perlawanan bullish minor. Namun untuk trading, trader saham perlu memperhatikan level-level area Fibonacci-nya sebagai level konfirmasi entry.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.