Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Analisis Teknikal Saham PGAS

El Heze

Ada banyak saham yang likuid, market cap cukup besar akan tetap tren harga sahamnya terus mengalami downtrend (tren turun). Yap, salah satunya adalah saham PGAS. PGAS merupakan saham yang cukup likuid, namun kalau anda perhatikan, harga sahamnya secara tren terus mengalami penurunan. 


Dengan keunggulan kompetitif (fundamental) yang dimiliki PGAS, valuasi cukup murah (PER = 7,8x dengan PBV = 0,94x), tren analisa teknikal yang sudah mulai murah, apakah saham PGAS punya potensi untuk berbalik menjadi tren naik lagi?  

Pada pos ini, kita akan membahas analisis teknikal saham PGAS. Anda bisa perhatikan grafik saham PGAS jangka panjang (grafik 6 tahun berikut): 


Perhatikan, secara jangka panjang alias major trend, terlihat jelas harga saham PGAS membentuk downtrend yang signifikan, di mana saham PGAS turun dari harga 3.000 sampai ke harga 1.395. 

Namun pada grafik 10 tahun terakhir (sayangnya di grafik sekuritas saya tidak bisa menampilkan data sampai 10 tahun), saham PGAS bahkan pernah menyentuh harga 5.000-6.000 per saham. 

Dan sekarang? Bisa kita lihat sendiri saham PGAS turun sampai harga 1.395. Tetapi kalau anda perhatikan secara secondary tren-nya, saham PGAS membentuk tren naik (uptrend). 

Harga saham PGAS bahkan sempat turun sampai ke 790 per saham. Namun tren saham PGAS berhasil naik ke 1.395, sehingga secondary tren PGAS berada dalam tren naik, dan kalau anda lihat pada pergerakan harga saham PGAS belakangan, tren PGAS sepertinya juga sudah mulai tertahan dan tren turunnya. 

Oke, secara tren besar kita bisa menyimpulkan PGAS berada dalam tren turun, tetapi karena saham PGAS yang cukup likuid, maka saham ini masih sangat layak untuk trading jangka pendek. Apalagi secara secondaty tren, PGAS membentuk tren naik. 

Sekarang kita coba analisa lebih detail saham PGAS menggunakan time frame lebih pendek, yaitu time frame historis 1 tahun. Perhatikan lagi chart PGAS berikut: 

Analisis teknikal saham PGAS

Dengan time frame historis 1 tahun (candlestick daily), ternyata PGAS sudah berada pada jalur uptrend. Artinya, minat market di PGAS mulai tinggi dalam 1 tahun terakhir. Hal ini karena saham PGAS memang sudah murah secara tren dan valuasi. 

Tetapi perlu diperhatikan, selama historis 1 tahun, PGAS membentuk pola DOUBLE TOP (lihat dua tanda lingkaran hijau diatas), yaitu pada area 1.600, yang juga merupakan angka psikologis. 

Setelah membentuk double top pattern, PGAS ternyata tidak kuat melanjutkan tren naik. PGAS kembali turun ke area 1.400. Dan pada minor trend yang terbentuk (lihat tanda persegi hijau), PGAS berada dalam tren turun minor namun cenderung SIDEWAYS. 

Tren turun sideways diikuti dengan penurunan volume (lihat tanda persegi merah). Penurunan saham dengan penurunan volume menunjukkan bahwa terjadi penurunan partisipasi bearish pasar. 

Sehingga pada saat saham turun diikuti penurunan volume, biasanya ini mengindikasikan bahwa harga saham ada potensi untuk berbalik arah kembali menjadi KENAIKAN / TREN NAIK.

Kesimpulannya, pergerakan saham PGAS masih berada dalam tren naik, tetapi secara minor tren yang lebih kecil, PGAS mulai koreksi namun harga masih ditahan alias sideways dengan partisipasi bearish yang semakin rendah. Jadi secara tren, saham PGAS cukup bagus untuk trading.

Sedangkan kalau kita coba gunakan analisis Fibonacci Retracement (Anda bisa klik gambar chart PGAS diatas untuk memperbesar grafiknya), maka PGAS sekarang menyentuh area Fibonacci 38,2% di harga 1.385. 

Fibo 38,2% menjadi level SUPPORT PENTING. Jika PGAS bertahan diatas 1.385 (fibo 38,2%), maka PGAS akan kembali technical rebound. Jika PGAS tidak berhasil bertahan di 1.385, PGAS kemungkinan besar akan koreksi ke support terdekat. 

Harga support psikologis di 1.350 bisa menjadi support PGAS terdekat. Kemudian harga psikologis berikutnya di 1.300 yaitu Fibo 50% bisa menjadi support selanjutnya, sehingga area support resisten PGAS saat ini adalah:  

Support 1: 1.385 - Fibo 38,2%
Support 2: 1.350
Support 3: 1.300 - Fibo 50%
Resisten 1: 1.480 - Fibo 23,6%
Resisten 2: 1.600

Resisten 1.600 ini adalah resisten krusial PGAS karena 1.600 adalah double top pattern yang belum berhasil ditembus. Kalau memang 1.600 berhasil ditembus dengan volume besar, maka PGAS berpotensi untuk kembali berada di dalam jalur tren naiknya, dengan time frame lebih panjang.

Tetapi jika PGAS belum berhasil menembus 1.600, ya kemungkinan besar pergerakan saham PGAS akan mondar-mandir saja di kisaran 1.350-1.480, yang merupakan tren sideways PGAS 1-2 minggu terakhir. 

Tipe-tipe tren seperti saham PGAS, yaitu tren naik dengan sedikit koreksi minor, adalah tipe saham yang bagus untuk SWING TRADING atau buat disimpan agak lama, bukan untuk harian / scalping. Kalau anda menemukan saham likuid dengan tipe tren seperti ini, maka anda bisa manfaatkan untuk swing trading, dengan tetap memperhatikan support resistennya.

Namun saham seperti ini juga bisa dimanfaatkan untuk trading dengan time frame lebih pendek, karena volatilitasnya yang lumayan cepat. 

Lalu, bagaimana prospeknya untuk jangka panjang? Apakah PGAS bisa balik ke 3.000, atau bahkan ke 5.000 lagi?

Nah untuk menjawab pertanyaan ini, tentu harus kembali ke fundamentalnya. Penurunan harga saham PGAS selama 5-8 tahun terakhir, salah satunya disebabkan penurunan harga gas dalam beberapa tahun terakhir yang ditetapkan pemerintah untuk memberikan subsidi gas pada industri. 

Hal ini memberikan dampak sentimen negatif yang sangat besar terhadap pergerakan saham PGAS. Namun laporan keuangan PGAS sudah mulai membukukan net profit. Disini anda bisa melihat lebih lanjut laporan keuangan kuartal selanjutnya nanti. 

Jika PGAS bisa konsisten membukukan net profit, maka dalam jangka panjang saham PGAS saya yakin akan berbalik uptrend. Tetapi tantangannya sekarang, salah satunya adalah kebijakan harga gas oleh pemerintah, karena kebijakan harga gas yang ditetapkan akan sangat berpengaruh terhadap pendapatan PGAS.   

Sedangkan untuk para teknikalis, anda bisa perhatikan / lebih fokus pada tren yang terbentuk sekarang, yaitu perhatikan Fibonacci dan area support resisten terdekatnya. 

Karena PGAS sekarang mulai berada dalam jalur uptrend, dengan koreksi minor tren tetapi  volume rendah plus valuasi murah, maka anda bisa mulai watchlist saham PGAS ini. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.