Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Strategi Trading Saham Harian

El Heze

Trading harian termasuk salah satu strategi trading cepat yang banyak diterapkan trader di pasar saham Indonesia. Saya sendiri juga salah satu trader yang menerapkan trading harian. Dengan trading harian, anda bisa mendapatkan profit dengan jangka waktu yang lebih singkat, sehingga tidak perlu hold saham terlalu lama. 


Trading harian berarti membeli dan menjual saham di hari yang sama. Misalnya, anda membeli saham pagi ini dan jual siang hari, atau beli pagi jual sore di hari yang sama. Pelajari juga: Teknik Beli Saham Pagi Jual Sore - Trading Cepat.  

Maka, anda Namun trading harian juga memiliki risiko, terutama risiko FLUKTUATIF saham. Semakin pendek jangka waktu trading, anda akan menghadapi fluktuatif saham yang semakin tinggi. 

Selain itu, dalam trading harian, frekuensi trading anda akan cenderung lebih banyak dibandingkan strategi trading lainnya dengan time frame lebih panjang. 

Agar trading harian yang anda terapkan bisa menghasilkan profit, ada beberapa strategi yang bisa anda terapkan di dalam trading harian: 

1. Memilih saham yang pergerakannya bagus 

Trading harian berbeda dengan trading menitan. Trading menitan (scalping) biasanya dilakukan dengan memilih saham-saham gorengan / third liner, karena saham-saham third liner memiliki pergerakan cepat, sehingga bisa digunakan untuk scalping. 

Namun untuk trading harian, disarankan memilih saham-saham yang pergerakannya bagus, dalam arti memiliki fluktuatif harga yang cepat namun stabil. Saham-saham dengan market cap sedang hingga market cap besar bisa dimanfaatkan untuk trading harian.

Target profit trading harian biasanya hanya di kisaran 0,7%-3% dalam sehari trading, namun dengan frekuensi trading yang relatif lebih banyak. Oleh karena itu, trader harian tidak perlu mengincar target profit terlalu tinggi.  

2. Menetapkan toleransi time frame trading 

Seperti kita bahas, trading harian memiliki time trading beli jual saham dalam waktu sehari. Namun ada baiknya, trader harian juga memiliki toleransi batas waktu, misalnya sampai 2-3 harian trading. 

Jadi kalau saham yang anda beli belum naik di hari itu, anda bisa menunggu 2-3 harian. Karena dalam banyak kasus, tidak selalu saham yang kita beli langsung naik dalam sehari.

Terkadang butuh waktu besok sampai besok lusanya. Kalau anda terburu cut loss di hari yang sama hanya karena saham yang anda beli belum naik, anda akan sering terjebak dalam risiko fluktuatif. Jadi ada baiknya dalam intraday trading, seorang trader juga menetapkan toleransi time frame.  

Perbedaan utama trading harian / intraday dengan scalping adalah trading harian merupakan strategi trading cepat yang lebih santai, karena time frame-nya sedikit lebih panjang. Dengan sedikit memperpanjang time frame trading, psikologis anda juga lebih tenang.    

3. Analisis teknikal dan tape reading 

Trading harian harus menggunakan analisa teknikal, disertai kombinasi analisis tape reading (analisa bid offer). Untuk analisa tape reading bisa anda perdalam disini: Tape Reading Saham PDF. 

Trading harian bukan hanya mengandalkan analisa running trade, atau analisa top stock, news & rumor. Tetapi anda juga harus menggunakan analisis teknikal, karena banyak pola chart yang bisa digunakan untuk melihat saham-saham yang berpotensi naik cepat. 

Sedangkan analisis tape reading berguna untuk melihat kekuatan permintaan dan penawaran saham-saham tertentu selama jam trading, di mana tape reading dapat digunakan untuk mengidentifikasi saham-saham yang bid-nya dominan atau sebaliknya, sehingga bisa melihat saham-saham yang akan naik cepat.

4. Momentum market 

Momentum market dilakukan dengan cara melihat kondisi market. Kondisi market yang lagi strong bearish biasanya kurang bersahabat untuk trading harian, karena banyak saham yang sudah turun di hari itu, ternyata masih lanjut turun. 


Misalnya ketika IHSG sejak sesi pagi terus merah, dan seperti yang anda lihat diatas, IHSG turun -2% lebih dalam sehari, maka di saat seperti itu banyak saham yang terus turun. 

Kalau anda nekad masuk dalam kondisi pasar yang masih turun tajam, maka risiko saham anda nyangkut akan semakin besar. Jadi melihat momentum market sebelum trading juga sangat diperlukan agar anda bisa meminimalkan risiko saham nyangkut. 

5. Tidak harus trading setiap hari 

Walaupun konteksnya adalah trading harian, namun bukan berarti trading harian harus dilakukan setiap hari. Terkadang kita membutuhkan momen untuk istirahat sejenak dari aktivitas trading. 

Hal ini karena trading harian cukup menyita waktu dan psikologis anda. Anda memantau market, trading dengan jangka waktu yang pendek. Jadi sebaiknya anda juga meluangkan waktu untuk istirahat dari trading sejenak ketika target profit anda sudah tercapai atau ketika frekuensi trading anda sudah cukup banyak.

Selain itu, seperti kita bahas pada poin 4, bahwa tidak setiap saat pasar saham bagus. Dalam trading harian, anda juga harus menganalisa MOMENTUM yang tepat, sehingga anda bisa meminimalkan risiko saham nyangkut. 

Jadi jangan salah persepsi kalau trading harian itu adalah trading yang harus dilakukan setiap hari. Trading harian tetap harus dilakukan dengan analisa dengan memperhatikan kondisi psikologis trader masing-masing.   

FULL PRAKTIK STRATEGI TRADING HARIAN SAHAM 

Di web Saham Gain ini, anda bisa mendapatkan praktik-praktik dan full strategi cara memilih saham-saham untuk intraday trading melalui Ebook Intraday & One Day Trading Saham. Berikut cover ebooknya: 

Strategi Trading Saham Harian

Ebook Intraday Trading Saham 100% membahas FULL PRAKTIK, studi kasus saham-saham untuk intraday trading, disertai cara menganalisa tape reading untuk trading cepat di market. 

Ebook Intraday Trading merupakan full praktik langsung untuk trading, yang bisa diterapkan. Jadi anda tidak hanya sekedar membaca teori. Ebook ini disarankan buat anda yang ingin fokus trading harian (intraday trading). 

Selain strategi-strategi trading, analisa tape reading, kita juga membahas manajemen modal dan portofolio ideal untuk day trader, untuk meminimalkan risiko nyangkut dan risiko cut loss di market. 

Anda bisa melihat review lengkap Ebook Intraday Trading & mendapatkan ebooknya disini: Ebook Intraday & One Day Trading Saham. 

Anda bisa langsung memiliki ebooknya. Berikut cara mendapatkannya: 

1. Pembayaran dilakukan melalui transfer via bank lokal (BCA atau BRI)
- BCA = 440 - 1315378
- BRI = 0172 - 01 - 044985 - 50 - 8
Atas nama: El Hezekiah Sabbat
Harga Ebook = Rp227.000

2. Setelah transfer, konfirmasi kembali via email: suksesbelajarsaham@gmail.com atau melalui WA atau Telegram: 087859520042 untuk proses pengiriman ebook. Selain ebook, anda juga akan mendapatkan free software saham untuk melakukan analisa teknikal secara lengkap dan free konsultasi via email.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.