Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Stock Pick Saham untuk Trading

El Heze

Setiap trader disarankan untuk memiliki stock pick. Stock pick merupakan daftar saham-saham yang anda fokuskan untuk trading. Dengan kata lain, sebelum trading anda perlu menyaring (screening) saham-saham pilihan yang bagus, layak trading dan punya potensi naik lebih cepat. 

 

Karena jumlah saham di Bursa Efek sangat banyak, anda tentu tidak mungkin mentradingkan semua saham. Anda memiliki kemampuan yang terbatas. Anda memiliki modal yang terbatas juga. 

Dengan adanya stock pick, hal ini akan memudahkan anda untuk fokus di beberapa saham yang bagus saja, sehingga anda tidak perlu repot melihat semua saham, satu per satu saham di Bursa Efek. 

Buat anda yang sedang mencari cara menganalisa saham supaya bisa mendapatkan stock pick bekualitas. Anda perlu pahami cara-cara mencari stock pick saham untuk trading. Pada umumnya, ada dua cara mencari stock pick: 

1. Screening saham mandiri / mencari stock pick sendiri 

Cara pertama supaya anda bisa dapat stock pick bagus, yaitu dengan cara melakukan screening saham sendiri. Luangkan waktu anda, misalnya malam hari setelah pulang kerja, atau pagi hari sebelum anda bekerja untuk utak-atik grafik saham, melihat pola-pola saham apa yang bagus buat trading. 

Kalau anda punya sistem analisa teknikal pribadi, trading plan yang jelas, maka tidak sulit untuk melakukan screening saham mandiri. Apalagi dengan bertambahnya pengalaman trading anda di market, anda pasti akan lebih paham saham-saham apa yang bagus untuk trading, dan saham-saham yang sebaiknya tidak dimasukkan dalam stock pick. 

Screening saham mandiri bisa dilakukan dengan cara manual maupun dengan bantuan aplikasi screening saham. Kita sudah pernah membahasnya disini: 2 Aplikasi untuk Screening Saham. Anda bisa baca-baca kembali. 

Buat yang ingin melakukan screening stock pick mandiri, anda bisa perdalam cara-cara screening saham dengan cara yang simpel & efektif disini: Panduan Simpel & Efektif Screening Saham Bagus.

Screening stock pick mandiri selalu saya sarankan untuk diterapkan trader, karena dalam trading anda harus bisa mengerti sendiri saham-saham yang cocok untuk anda, saham-saham yang layak trading, saham-saham apa yang jelek. 

Ibarat anda ingin jago berenang. Anda harus berani mencoba berenang. Sama juga dengan saham. Kalau anda tidak berani melakukan analisa screening mandiri, anda tetap tidak bisa memahami saham-saham apa yang cocok buat diri anda.  

2. Menggunakan jasa stock pick 

Jasa stock pick, jasa rekomendasi saham merupakan cara untuk mendapatkan stock pick saham yang cukup populer saat ini. Jasa stock pick ada bermacam-macam. Kalau anda membuka akun saham di sekuritas tertentu, setiap perusahaan sekuritas pasti memiliki analis yang bertugas untuk memberikan stock pick pada trader. 

Anda bisa memanfaatkan jasa stock pick free dari sekuritas tempat anda membuka rekening efek. Selain itu, berita-berita rekomendasi saham harian, bisa anda manfaatkan juga untuk menambah daftar stock pick pribadi. 

Selain melalui rekomendasi saham sekuritas, trader bisa mencari stock pick melalui grup-grup saham, baik grup saham free ataupun grup saham premium. Jasa stock pick atau rekomendasi saham, umumnya dimanfaatkan oleh trader yang tidak memiliki banyak waktu untuk memilih saham sendiri. 

Trader-trader yang baru belajar saham, dan masih awam dengan cara stock pick, biasanya juga menggunakan jasa stock pick dan rekomendasi saham untuk menambah daftar saham buat analisa dan trading. 

Cara seperti ini juga alternatif yang cukup bagus untuk mengembangkan cara belajar saham anda. Dengan memanfaatkan stock pick atau rekomendasi saham, anda tidak perlu bingung memilih saham satu per satu. 

Kalau ada rekomendasi saham, anda bisa ambil beberapa saham yang menarik, dan kemudian anda analisa pola-pola teknikalnya. Sehingga memanfaatkan stock pick atau rekomendasi saham bisa menjadi "batu lompatan" anda untuk mempelajari lebih banyak pola pergerakan saham. 

Tapi bagaimanapun juga, anda harus lebih selektif dalam memilih jasa stock pick. Saran saya, pilihlah jasa stock pick yang benar-benar memberikan analisa saham, dan stock pick yang diberikan adalah saham-saham bagus. 

Dengan cara ini, anda bisa belajar lebih banyak. Kalau anda ingin mencari rekomendasi saham yang paling umum digunakan, anda bisa manfaatkan rekomendasi saham dari sekuritas anda. Berita-berita rekomendasi saham harian bisa anda manfaatkan juga. 

Saran saya, hindari "stock pick" saham-saham pom-pom yang arah pergerakannya tidak jelas. Terutama untuk trader pemula, memilih "stock pick" yang hanya berisi saham2 gorengan, saham-saham pom-pom, saham2 yang sekedar lagi ramai risikonya sangat besar. 

Di web Saham Gain ini, anda juga bisa mendapatkan stock pick untuk watchlist saham disini: Watchlist Saham Gain. Watchlist saham ini bisa anda manfaatkan sebagai media belajar analisa teknikal mandiri, dan sebagai sarana untuk menambah daftar stock pick dan screening anda secara free. 

Sekalipun anda menggunakan jasa stock pick, memanfaatkan watchlist atau rekomendasi saham gratis, anda harus tetap bisa melakukan analisa mandiri. Karena rekomendasi saham itu hanyalah langkah awal anda untuk mempermudah menemukan stock pick. 

Misalnya, anda bingung mau memilih saham apa untuk trading. Dengan jasa stock pick atau rekomendasi saham, anda akan disuguhkan beberapa saham potensial untuk trading. Misalnya: LSIP, TLKM, ACES, JPFA. 

Nah, keempat saham inilah yang bisa anda pertimbangkan untuk dimasukkan dalam stock pick, sehingga buat anda terutama pemula yang masih buat dalam melakukan stock pick, anda tinggal ambil saham-saham yang sudah direkomendasikan tersebut. 

Setelah anda menemukan saham-saham yang menarik, langkah selanjutnya anda harus menganalisa lagi saham-saham tersebut. Analisa teknikal (chart), news, fundamental dan hal-hal lain perlu anda kembangkan. 

Dengan analisa mandiri, maka anda bisa memutuskan apakah saham-saham yang ada di stock pick atau rekomendasi saham sudah layak untuk dibeli, atau anda akan memutuskan wait and see dulu untuk menunggu turun lagi di support-supportnya. 

Cara ini akan lebih cepat bagi trader pemula, atau bagi trader yang tidak punya banyak waktu analisa saham untuk menemukan stock pick, dan untuk menganalisa saham-saham secara SPESIFIK. 

Namun sekali lagi, jasa stock pick baik yang berbayar maupun free, ataupun rekomendasi saham bukan untuk diikuti mentah-mentah. Sebagai trader, anda harus punya ILMU (Analisa teknikal  & fundamental), sehingga dengan stock pick, anda juga belajar menganalisa, belajar trading, belajar manajemen modal. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.