Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Broker Summary Dihapus, Bisakah Analisa Bandarmologi?

Broker summary merupakan salah satu tool utama yang sering digunakan trader untuk melakukan analisis bandarmologi. Broker summary bisa diakses melalui software online trading anda masing-masing secara free. 

 

Broker summary menampilkan broker-broker sekuritas siapa saja yang sedang akumulasi dan distribusi saham, harga beli dan jual broker (average price), volume (jumlah lot yang dibeli dan dijual bandar), value (nilai rupiah saham yang ditransaksikan). 

Dengan broker summary, anda bisa menganalisa lebih jauh pergerakan bandar di market, pada saham-saham tertentu, sehingga broker summary banyak digunakan oleh trader yang ingin mendalami analisa bandarmologi. 

Pelajari juga: Cara Membaca dan Melihat Broker Summary. Namun Bursa Efek Indonesia (BEI) berencana untuk menghapus menu broker summary real time, dengan tujuan untuk mengurangi herding behavior, yaitu kebiasaan 'menggiring' pelaku pasar untuk membeli saham-saham tertentu. 

Walaupun implementasinya masih tertunda karena membutuhkan persiapan, akan tetapi cepat atau lama sepertinya tampilan menu broker summary bakal dihapus. 

Di web Saham Gain, beberapa kali saya juga sempat mengulas analisa bandarmologi menggunakan broker summary, ataupun cara-cara dasar membaca broker summary. Saya sering dapat pertanyaan dari trader, yang kurang lebih bertanya: Apakah tetap bisa analisa bandarmologi kalau broker summary dihapus? 

Kita perlu luruskan dahulu, bahwa broker summary TIDAK DIHAPUS 100%, tetapi dihapus pada saat REAL TIME perdagangan saham. Jadi pada saat jam bursa saham, anda tidak akan bisa meng-akses menu broker summary. 

Anda tidak bisa melihat broker-broker yang sedang mentransaksikan saham-saham tertentu, sehingga kalau anda biasanya menganalisa broker summary real time, ketika broker summary "dihapus", anda tidak akan bisa melihat pergerakan broker summary. 

Tetapi, pada AKHIR PERDAGANGAN SAHAM yaitu setelah closing market, anda TETAP BISA AKSES broker summary secara penuh, mulai dari melihat broker mana yang sedang akumulasi, distribusi, di harga berapa broker membeli dan menjual saham. 

Broker Summary Saham

Yap, sama seperti biasanya. Setelah akhir perdagangan, anda bisa akses semua menu broker summary. Jadi, menu broker summary yang dihapus hanyalah broker summary saat real time, bukan keseluruhan broker summary. 

Nah, buat anda yang ingin melakukan analisa bandarmologi, anda bisa melakukan analisa bandarmologi-nya setelah closing market.. Anda mungkin protes:

"Tapi kan nggak bisa lihat pergerakan bandar real time langsung"

Metode analisa broker summary bisa dilakukan dengan dua cara. Pertama, analisa pergerakan bandar secara langsung. Kedua, analisa pergerakan summary bandar setelah closing market. 

Jadi kalau anda tidak bisa melakukan analisa pergerakan bandar real time, analisa broker summary setelah closing market tetap efektif untuk diterapkan. Setelah closing market, anda juga bisa melihat keseluruhan akumulasi-distribusi bandar, sehingga anda lebih objektif untuk memetakan kekuatan bandar di saham tersebut. 

Saya pribadi juga sering melakukan kombinasi bandarmologi dengan analisa teknikal, di mana saya justru lebih banyak melakukan analisa broker summary setelah closing market, terutama ketika saya sedang screening saham. 

Kesimpulannya, jika broker summary dihapus, anda tetap bisa melakukan analisa bandarmologi menggunakan fasilitas broker summary, yaitu analisa kekuatan bandar setelah closing market. 

Jadi sebagai trader, anda tidak harus selalu bergantung dengan analisa bandar real time. Apalagi kalau anda tipe trader harian yang sering memantau analisa tape reading dan analisa chart, maka terlalu banyak analisa real time yang digunakan justru akan membuat trading decision menjadi tidak terarah dengan baik.  

Sebagai referensi tambahan untuk belajar analisa bandarmologi, anda bisa mendalami kombinasi analisa bandarmologi, broker summary dengan analisa teknikal untuk memilih saham-saham yang bagus, anda bisa perdalam disini: Ebook Bandarmologi Saham Pemula - Expert. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.