Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Beli Saham 1 Lot

El Heze

Dalam trading saham, semakin banyak modal dan lot saham yang anda beli, maka semakin besar potensi profit yang anda dapatkan. Sebagai contoh, jika anda beli saham dengan modal Rp1 juta, dan anda profit 1%, maka keuntungan anda sebesar Rp10.000.


Tapi kalau modal trading anda sebesar Rp100 juta, jika anda dapat profit 1%, profit anda sudah sebesar Rp1 juta.. Dari sini dapat disimpulkan bahwa semakin besar modal trading yang anda gunakan, potensi profit yang bisa anda peroleh juga semakin banyak. 

Namun trading saham itu nggak hanya bicara soal modal. Perlu anda ingat juga, di pasar saham ada konsep HIGH RISK HIGH RETURN. Semakin besar modal yang anda gunakan, risikonya juga semakin tinggi, apalagi kalau anda beli memiliki banyak pengalaman dan pengetahuan trading. 

Jika anda trading dengan modal Rp1 juta dan saham anda tuurun 1%, maka floating loss anda hanya Rp10.000. Tapi kalau modal anda Rp100 juta dan saham anda turun 1%, maak floating loss anda sudah Rp1 juta. Apakah psikologis anda siap dengan kondisi tersebut? 

Memang kita semua trading dengan tujuan mendapatkan profit / keuntungan yang besar. Tetapi kalau anda tidak siap menggunakan modal besar, justru risiko yang anda hadapi akan semakin besar. 

BELI SAHAM 1 LOT 

Buat anda para pemula yang masih belajar saham, tidak ada salahnya anda belajar beli saham dengan modal kecil terlebih dahulu. Kalau anda masih ragu membeli saham dengan modal agak besar, anda bisa terapkan program trading BELI SAHAM 1 LOT. 

"Tapi Pak Heze, buat apa beli saham 1 lot? Profitnya kan nggak terasa sama sekali?" Protes anda.

Beli saham 1 lot memang tujuannya bukan untuk mendapatkan profit besar, tapi untuk BELAJAR. Karena faktanya nggak semua trader siap mengelola modal besar atau bahkan beli saham beberapa lot. 

Nah, solusinya sebagai langkah belajar saham awal, anda bisa mencoba trading saham dengan 1 lot terlebih dahulu buat belajar. Apalagi untuk pemula, anda masih belum punya banyak pengalaman trading. Kalau anda memaksakan beli saham pakai duit gede, risikonya juga semakin besar. 

Beli saham dengan lot kecil juga berguna agar psikologis anda lebih tenang ketika membeli saham. Beli saham 1 lot biasanya berguna untuk dua hal berikut: 

1. Uji sistem trading & analisa teknikal 

Kalau anda masih dalam tahap menguji sistem trading (trading plan) atau sistem analisa teknikal yang baru, saran saya jangan langsung beli saham dengan modal besar, karena anda masih belum tahu apakah sistem trading yang anda uji cocok untuk anda atau tidak. 

Solusinya, anda bisa uji sistem trading dengan beli saham 1 lot terlebih dahulu. Kalaupun sistem trading anda nggak cocok, dan anda terpaksa harus cut loss, kerugian anda akan sangat kecil, sehingga jauh lebih tenang buat psikologis. 

Sebaliknya jika sistem trading dan analisa teknikal anda bisa menghasilkan profit, anda bisa mulai menambah modal untuk trading-trading selanjutnya. 

Kesalahan trader seringkali nekad menggunakan modal besar ketika baru pertama kali mencoba sistem trading. Ketika sistem trading tidak cocok, trader akhirnya mengalami floating loss yang besar. 

Tapi kalau anda mencoba menguji sistem trading dengan modal sedikit (misalnya beli 1 lot dulu), psikologis anda akan lebih tenang dan modal trading anda juga akan tetap terjaga. 

2. Tahap awal belajar saham 

Para pemula yang pertama kali belajar saham, tapi anda belum yakin beli saham beberapa lot, anda bisa mencoba mulai beli saham 1 lot terlebih dahulu. Memulai beli saham 1 lot juga melatih keberanian awal anda untuk melangkah di market. 

Pokoknya, harus ada ACTION sekecil apapun itu. Karena beberapa kali saya menemukan para pemula yang sangat takut untuk beli saham, walaupun sudah mencoba belajar analisa teknikal. 

Jalan tengahnya, kalau anda takut beli saham, cobalah beli dengan 1 lot dulu. Kalau anda sudah sering trading 1 lot, percayalah nanti anda pasti akan terbiasa untuk menambah jumlah lot secara bertahap. 

Itulah keuntungan beli saham 1 lot. Jadi di market anda tidak harus langsung beli saham dengan duit gede. Memulai dengan langkah kecil itu juga perlu guna mengembangkan sistem trading, membentuk mental dan psikologis trading secara bertahap. 

Buat trader pemula, tujuan pertama anda trading bukanlah mendapat profit besar, tetapi belajar bagaimana cara memilih saham yang benar, dan meminimalkan kerugian di market. 

Ketika anda masih dalam tahap belajar, tentu anda disarankan untuk memulai dengan modal kecil. Beli saham 1 lot bisa menjadi solusi buat para pemula yang masih dalam tahap menguji sistem trading. 

Sedikit bercerita pengalaman trading pribadi. Dulu saya juga punya pengalaman beli saham 1 lot. Yap, jadi waktu masih awal-awal belajar saham, terkadang saya membeli saham 1 lot untuk melatih praktik trading yang saya jalankan. 

Bahkan ketika saya sudah trading beberapa tahun, terkadang saya pun juga masih beli saham 1 lot. Hal ini saya terapkan khususnya ketika saya menemukan sistem trading yang baru, atau ketika saya lagi mencoba kombinasi analisa teknikal yang lain, maka saya akan mencoba trading dulu dengan 1 lot, tidak langsung pakai modal besar. 

Kalau sistem trading yang saya uji cocok, barulah saya menambah jumlah lot pada trading-trading selanjutnya.

Kesimpulannya, trading saham nggak harus selalu dilakukan dengan modal besar. Para pemula yang baru mulai belajar saham, anda bisa memulai dengan modal dan lot kecil. 

Setelah anda paham cara melakukan screening saham secara mandiri, bisa meminimalkan kerugian, anda bisa pertimbangkan untuk menambah modal bertahap sesuai kemampuan masing-masing. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.