Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Belajar Bandarmologi: Cara Analisa Bandarmologi

Analisa bandarmologi merupakan variasi analisa saham yang bisa diaplikasikan oleh trader selain analisis teknikal dan analisis fundamental. Biasanya trader menggunakan bandarmologi untuk trading jangka pendek, karena gerak-gerik bandar umumnya memberikan sinyal trading yang lebih cepat. 


Pada pos ini, saya ingin sharing cara analisa bandarmologi secara singkat, sehingga lebih mudah dipahami dan diterapkan oleh trader. Namun ada beberapa hal yang perlu anda pahami dalam analisa bandarmologi: 

1. Analisa bandarmologi tidak bisa berdiri sendiri 

Bandarmologi harus dikombinasikan dengan analisis teknikal, karena analisa bandarmologi hanya melihat bandar yang sedang akumulasi dan distribusi. Namun untuk melihat sinyal trading dan entry beli & jual saham yang tepat, anda harus menggunakan analisis teknikal.

Kombinasi bandarmologi dan analisis teknikal akan menghasilkan decision trading yang lebih bagus, karena selain melihat pergerakan bandar, anda juga menganalisa sinyal dan entry trading. 

2. Analisa bandarmologi bisa dilakukan dengan broker summary

Ada banyak aplikasi untuk analisa bandarmologi, mulai dari aplikasi gratis, hingga aplikasi berbayar. Analisa bandarmologi sebenarnya cukup dilakukan menggunakan broker summary. Baca juga: Cara Membaca & Melihat Broker Summary. 

Menu Broker Summary bisa anda akses pada software online trading masing-masing. Jadi anda tidak perlu membayar biaya tambahan untuk melakukan analisa bandarmologi, di mana broker summary juga merupakan tools bandarmologi yang cukup lengkap.

3. Analisa bandarmologi harus dilakukan dengan melihat pergerakan bandar di hari terakhir 

Walaupun anda menganalisa bandarmologi dengan melihat pergerakan bandar selama 1 minggu terakhir misalnya, namun ada baiknya anda selalu menganalisa pergerakan bandar di hari terakhir. 

Karena pergerakan bandar di hari terakhir dapat lebih mencerminkan arah bandar yang lebih update dibandingkan melihat historis yang lebih lama. 

CARA ANALISA BANDARMOLOGI 

Sekarang kita akan masuk ke contoh cara analisa bandarmologi, menggunakan cara-cara diatas, yaitu kombinasi analisa broker summary di hari terakhir dengan analisa teknikal, untuk melihat potensi arah pergerakan harga saham. 

Kita menggunakan contoh studi kasus saham SAME. Kombinasi bandarmologi dan analisa teknikal saham SAME sebenarnya juga sempat kita bahas pada channel Telegram Saham Gain, dan saham SAME sudah naik keesokan harinya:    


Berikut chart saham SAME:   

Klik gambar untuk memperbesar 

Dari chart saham SAME diatas, bisa kita lihat bahwa SAME berhasil bertahan diatas support kuat 500-510. Candlestick terakhir SAME menguji Fibo 50% (biru), yaitu di harga 560. Karena saham SAME terlihat sudah ada tiga candle hijau, walaupun kenaikannya masih "nanggung", maka saham dengan pola seperti ini lebih bagus dilakukan strategi buy on breakout. 

Sebab jika SAME berhasil breakout, maka SAME berpotensi melanjutkan kenaikan. Karena dari tiga candlestick terakhir sudah mulai hijau dan terlihat mulai mencoba menguji / breakout area Fibo 50%-nya di candle terakhir. 

Nah, sekarang kita coba analisa pergerakan bandar di saham SAME. Kegunaannya untuk melihat apakah saham SAME sedang banyak diakumulasi atau didistribusi bandar. 

Hal ini juga untuk lebih meyakinkan kita untuk menerapkan strategi / entry breakout. Jika saham SAME dominan akumulasi, kemungkinan besar saham SAME bisa lanjut naik, karena dari pola teknikalnya juga sedang mencoba uji breakout resisten 560. 

Sebaliknya, apabila saham SAME banyak distribusi, kemungkinan besar saham SAME akan dibawa koreksi / turun lagi, karena tekanan akumulasi bandar masih belum kuat. Berikut broker summary saham SAME: 

Top Buyer Saham SAME

Top Seller Saham SAME

Dari perbandingan top buyer dan top seller, secara bandarmologi, SAME lagi dominan diakumulasi oleh bandar. Bisa anda lihat perbandingan Buy Vol dan Sell Vol-nya terutama untuk 5 top broker pertama. 

Beberapa bandar besar sedang akumulasi saham SAME, seperti sekuritas YP, PD (lokal) dan BK dengan nilai Buy Vol 44.360 lot, 42.387 lot dan 32.252 lot. Top seller-nya juga dari sekuritas besar yaitu YP, AI dan CC (lokal), yaitu distribusi masing-masing sebanyak 34.801 lot, 30.491 lot dan 25.192 lot.  

YP merupakan top buyer sekaligus top seller saham SAME. Tetapi YP diikuti dengan akumulasi yang lebih dominan sebanyak 44.360 lot dan distribusinya lebih sedikit sebanyak 34.801 lot. Perlawanan tekanan distribusinya masih lebih rendah dari akumulasi lot secara keseluruhan. 

Secara broker summary ringkas, dapat disimpulkan saham SAME sedang diakumulasi bandar di hari terakhir. Didukung dengan potensi sinyal breakout, maka hal ini lebih bisa meyakinkan trader untuk mentradingkan SAME buat jangka pendek. 

PERGERAKAN SAHAM SAME KEESOKAN HARINYA 


Didukung teknikal yang menunjukkan sinyal potensi breakout, serta saham SAME yang berhasil bertahan diatas support 500-510, dan bandar yang banyak akumulasi di saham SAME, maka dapat disimpulkan bahwa saham SAME punya potensi lebih kuat untuk naik. 

Kessokan harinya (lihat anda persegi, candle hijau panjang), saham SAME berhasil breakout dari resisten 560. Saham SAME naik sampai di resisten 600-615. 

Itulah salah satu contoh cara analisa bandarmologi, dengan cara yang simpel, efektif dan ringkas. Yap, anda bisa kombinasikan antara analisa teknikal, dan pergerakan bandar di hari terakhir, lebih cenderung ke akumulasi atau distribusi. 

Dengan analisa bandarmologi ini, anda juga bisa lebih menghemat waktu, karena anda nggak perlu melihat historis pergerakan bandar terlalu panjang yang pada akhirnya justru membuat banyak waktu, karena tidak semua trader memiliki waktu untuk trading dan menganalisa saham secara real time.  

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.