Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Analisis Bandarmologi: Cara Melihat Net Buy Asing

Dalam analisa bandarmologi, trader kerap kali menggunakan analisa net buy asing untuk melihat gerak-gerak bandar. Untuk trader yang baru belajar saham, mungkin anda masih belum paham bagaimana cara melihat ney buy asing buat analisa gerak-gerik bandar.


Pada pos ini kita akan membahasnya. Sebelum itu, anda perlu pahami terlebih dahulu apa itu net buy asing dalam analisa bandar. Net buy asing atau sering disebut foreign buy saham adalah total pembelian saham asing bersih setelah dikurang dengan penjualan saham asing. 

Jadi secara ringkas, foreign buy saham terjadi apabila PEMBELIAN BANDAR ASING > PENJUALAN BANDAR ASING. Maka terjadilah foreign buy atau net buy. Kalau yang terjadi sebaliknya, maka kesimpulannya adalah foreign sell atau net sell. 

CARA MELIHAT NET BUY ASING 

Cara paling mudah buat melihat net buy asing di suatu saham adalah dengan menggunakan aplikasi RTI. Aplikasi RTI bisa anda download di playstore. Baca juga: Cara Daftar RTI Business & Data RTI. 

Pada aplikasi RTI, anda bisa melihat langsung summary net buy asing dan juga chart net buy asing. Sebagai contoh, kita coba lihat summary bandar di saham KLBF di aplikasi RTI. Berikut tampilannya: 
Cara Melihat Net Buy Asing

Pada RTI, sudah ditampilkan rangkuman apakah saham tertentu sedang diakumulasi atau didistribusi oleh bandar asing. Kalau persentase Foreign Buy (FBuy) lebih besar daripada persentase Foreign Sell (FSell), maka akan menghasilkan net buy. Jadi net buy adalah selisih dari Foreign Buy - Foreign Sell. 

Sebaliknya kalau Foreign Sell-nya yang lebih banyak daripada Foreign Buy, maka akan menghasilkan net sell. Kebetulan saham KLBF diatas Foreign Buy-nya lebih besar (37,27%) dibandingkan Foreign Sell (30,65%). 

Sehingga secara summary, KLBF dapat disimpulkan sedang diakumulasi oleh bandar asing sebanyak 4.46 B (Net Foreign Buy). Pada diagram bandarmologi RTI, anda juga bisa membandingkan proporsi bandar asing dan bandar lokal. 

Itulah cara melihat net buy asing, yaitu dengan melihat nilai (value) keseluruhan dan anda juga bisa melihat perbandingan grafiknya lebih dominan Foreign Buy atau Foreign Sell. 

Pada contoh saham KLBF diatas, net buy asing-nya saya lihat dalam 1 hari perdaganngan (1D). Di aplikasi RTI, anda juga bisa melihat summary net buy asing sampai 1 minggu (1W) atau 1 bulan (1M). 

Yap, kebanyakan trader menggunakan aplikasi RTI buat melihat net buy asing. Walaupun mungkin di software online trading, anda juga bisa melihat net buy, tetapi tampilan RTI memang cukup enak dan lengkap untuk melihat tampilan net buy asing. 

Aplikasi RTI ini memang paling simpel dan mudah dipakai buat melihat net buy asing, karena kita bisa melihat summarynya secara langsung. Tapi kalau anda mau melihat net buy per top broker, anda bisa melihatnya melalui broker summary. 

Broker summary bisa diakses pada software online trading masing-masing. Baca juga: Cara Membaca & Melihat Broker Summary. Berikut contoh tampilan broker summary: 


Kode broker sekuritas yang warna kuning diatas adalah sekuritas asing alias joint venture. Untuk melihat net buy asing per broker, anda bisa lihat Net Vol-nya (lihat tanda lingkaran). 

Kalau net vol-nya hijau, berarti buy asing lebih besar daripada sell asing. Demikian pula sebaliknya. Melihat per broker sekuritas juga tidak kalah pentingnya dibandingkan melihat net buy asing total, karena dengan melihat net buy asing per broker, anda bisa melihat sekuritas besar asing mana saja yang lagi akumulasi. 

KEGUNAAN MELIHAT NET BUY ASING

Sekuritas asing selama ini dikenal memiliki modal besar sehingga bisa menjadi market maker. Kegunaan melihat net buy asing sekedar untuk melihat kekuatan bandar di saham tersebut. 

Biasanya analisa net buy asing digunakan sebagai analisa tambahan untuk lebih meyakinkan trader untuk open buy, jika didukung dengan indikator / chart yang bagus. 

Tetapi yang perlu anda ingat, analisa net buy asing sama sekali tidak menggambarkan bahwa saham akan naik keesokan harinya. Analisa net buy harus didukung dengan analisa teknikal. Karena kalau anda hanya mengandalkan / melihat net buy net sell, analisa dan informasi yang anda dapatkan masih sangat kurang.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.