Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Top Broker Saham Indonesia

Kalau anda ingin trading saham, sebaiknya anda juga perlu memperdalam pengetahuan tenang broker saham Indonesia. Pertama, dengan mengetahui broker saham, anda bisa memilih sekuritas terbaik untuk trading (yang fitur-fitur online tradingnya lengkap). 


Pelajari juga: Tips Memilih Perusahaan Sekuritas Terbaik. Kedua, mengetahui broker saham juga berguna jika anda ingin mendalami ANALISIS BANDARMOLOGI. Yang dimaksud dengan bandar saham umumnya mengacu pada perusahaaan / broker sekuritas. 

Perusahaan / broker sekuritas memiliki modal yang relatif besar, sehingga punya kemampuan untuk menjadi market maker di saham-saham tertentu. Dan seperti kita ketahui, di Indonesia broker saham dibedakan menjadi perusahaan sekuritas lokal dan perusahaan sekuritas asing.  

Perusahaan sekuritas asing jumlahnya memang lebih sedikit, tetapi broker asing memiliki modal yang lebih besar, sehingga broker asing biasanya lebih banyak menjadi market maker pada saham-saham blue chip.  

TOP BROKER SAHAM 

Top broker saham adalah perusahaan sekuritas (broker) saham yang ternama dan memiliki reputasi bagus di pasar modal, layanannya sering digunakan masyarakat serta kinerja fundamental yang bagus (sisi laporan keuangan dan permodalan). 

Kalau anda googling tentang perusahaan sekuritas terbaik (top broker), anda akan menemukan banyak ulasan beberapa top broker saham Indonesia. 

Pada umumnya, top broker saham Indonesia ya sekuritas itu-itu saja. Ada beberapa top broker saham Indonesia yaitu sebagai berikut: 

1. Mirae Asset Sekuritas 

Mirae Asset Sekuritas dengan kode broker YP, dikenal sebagai perusahaan sekuritas dengan permodalan yang kuat. Mirae Asset termasuk dalam sekuritas lokal, namun Mirae juga joint venture dengan permodalan asing. 

Salah satu kelebihan Mirae Asset selain fitur-fitur yang lengkap termasuk kelengkapan chart dan broker summary, fee trading Mirae cukup kecil, hanya sebesar 0,15% untuk fee beli dan 0,25% untuk fee jual.  

2. Indo Premier Sekuritas

Indo Premier Sekuritas dengan kode broker PD, pernah beberapa kali mendapatkan penghargaan sebagai perusahaan sekuritas terbaik. Indo Premier adalah perusahaan sekuritas lokal. Untuk yang ingin membuka akun di Indo Premier, anda hanya membutuhkan modal minimal Rp100 ribu. 

3. Mandiri Sekuritas

Mandiri Sekuritas dengan kode broker CC, menyediakan beberapa pilihan akun untuk nasabah, yaitu akun reguler, full service broker dan akun Syariah. Mandiri Sekuritas adalah anak perusahaan Bank Mandiri, Bank BUMN besar di Indonesia. 

Deposit minimal Mandiri Sekuritas adalah Rp10 juta untuk umum, dan Rp5 juta untuk mahasiswa. Fee beli Mandiri Sekuritas adalah 0,18% dan fee jual sebesar 0,28%. 

4. Philip Sekuritas 

Philip Sekuritas dengan kode broker KK, termasuk dalam sekuritas asing. Fee beli dan fee jual Philip Sekuritas sebesar 0,18% dan 0,28%. Setoran awal Philip Sekuritas sangat terjangkau hanya Rp500 ribu untuk nasabah umum dan Rp100 ribu untuk mahasiswa. 

5. BNI Sekuritas 

BNI Sekuritas dengan kode broker NI adalah perusahaan sekuritas lokal Indonesia, yang merupakan anak usaha dari perusahaan Bank BNI. Minimal deposit untuk BNI Sekuritas juga sangat terjangkau, yaitu minimal Rp1 juta untuk layanan online trading. 

BNI Sekuritas termasuk salah satu sekuritas besar yang sering menjadi top broker lokal (Baik top buyer maupun top seller) pada banyak saham di Bursa Efek. Fee trading BNI Sekuritas sangat terjangkau sebesar 0,15% untuk fee beli dan 0,25% untuk fee jual.  

Itulah para top broker saham Indonesia, yang sering meraih penghargaan, layanan yang bagus dan fitur yang lengkap. Buat anda para pemula yang ingin membuka akun di rekening efek untuk trading, anda bisa membuka akun saham secara online atau datang langsung ke perusahaan sekuritas. 

Baca juga langkah-langkah membuka akun saham secara online dan beberapa rekomendasi sekuritas disini: Ebook Gratis Panduan Membeli Saham Bagi Pemula. 

TOP BROKER SAHAM UNTUK ANALISA BANDARMOLOGI 

Dalam analisa bandarmologi, kita juga sering mendengal istilah top broker. Top broker saham yang terkenal biasanya memiliki reputasi yang bagus dan permodalan yang kuat, sehingga broker-broker sekuritas tersebut bisa berperan sebagai market maker di suatu saham.

Dalam bandarmologi, top broker mengacu pada top buyer dan top seller. Top buyer adalah sekuritas-sekuritas yang melakukan aksi beli paling banyak di saham tertentu. Berikut contoh tampilan top buyer sekuritas:  


Mulai dari peringkat 1 adalah top buyer terbesar, di mana volume belinya paling besar, dan kemudian diikuti dengan top buyer yang ada di peringkat-peringkat bawah. Kemudian perhatikan juga top seller berikut: 


Top seller merupakan sekuritas-sekuritas besar yang menjual saham tertentu. Kalau kita perhatikan, sekuritas-sekuritas ternama seperti Mirae Asset, Mandiri Sekuritas, Indo Premier, BNI Sekuritas seringkali muncul dalam tampilan top broker. 

Mengetahui top broker berguna untuk analisa bandarmologi, khususnya buat anda yang ingin mendalami lebih banyak pergerakan bandar untuk mengambil keputusan trading di market. 

Anda bisa melihat top broker pada menu  broker summary. Setiap perusahaan sekuritas pasti menyediakan menu tampilan broker summary untuk melihat top broker mana saja yang sedang banyak melakukan akumulasi dan distribusi saham. Pelajari juga: Cara Membaca dan Melihat Broker Summary. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.