Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Cara Melihat Closing Price Saham di IDX

El Heze

Harga saham terdiri dari harga pembukaan (Open), harga tertinggi (High), harga terendah (Low) dan harga penutupan (Close). Harga penutupan sering disebut sebagai closing price. Closing price adalah harga saham terakhir yang terjadi pada perdagangan hari tersebut. Jadi harga saham sudah tidak berubah-ubah lagi. 


Closing price sering digunakan sebagai acuan untuk menganalisa saham dalam analisa candlestick. Selain itu, data-data closing price juga banyak digunakan dalam penelitian ataupun kepentingan-kepentingan lainnya. 

Melihat closing price bisa dilakukan melalui software online trading. Tetapi mungkin banyak dari anda yang belum memiliki akun rekening efek di perusahaan sekuritas. 

Buat anda yang belum memiliki rekening efek, akan lebih sulit untuk melihat closing price keseluruhan harga saham yang ada di Bursa Efek. Tetapi, anda sebenarnya bisa melihat closing price melalui situs IDX. 

Yap, di situs IDX sudah memuat lengkap data-data closing price, bahkan anda bisa tracing closing price saham mulai dari tanggal-tanggal sebelumnya, sehingga datanya jauh lebih lengkap, dibandingkan data closing di software online trading, dan lebih mudah untuk dicari. 

CARA MELIHAT CLOSING PRICE SAHAM DI IDX 

1. Buka situs IDX.co.id 

2. Buka menu Data Pasar --> Ringkasan Saham, tampilannya seperti berikut ini: 


3. Kemudian anda akan masuk ke menu ringkasan saham: 

Cara Melihat Closing Price Saham di IDX

Untuk melihat closing price, pastikan anda centang bagian "Penutupan" karena itu untuk menampilkan closing price. Setelah itu, pastikan juga Kode Saham atau Nama Perusahaan sudah dicentang, karena untuk memudahkan anda melihat closing price saham tertentu. 

Anda juga bisa setting tanggal yang anda ingin cari data closing price-nya. Jadi anda bisa cari data historis closing pirce untuk setiap saham. Ingat bahwa hari Sabtu dan Minggu Bursa saham tutup, jadi tidak ada harga penutupannya. Lalu muncullah tampilan seperti berikut: 


Muncullah closing price (penutupan) seperti yang anda lihat diatas. Itu adalah closing price untuk setiap saham yang ada di Bursa Efek Indonesia. Kalau anda ingin mencari kode saham tertentu saja, anda bisa ketikkan kode saham di menu Search, lihat yang kanan atas. 

Anda juga bisa menampilkan 10 baris atau 100 baris supaya lebih cepat mencari closing price setiap saham (lihat bagian kiri atas tulisan 'Show 10 entries'). Anda bisa tampilkan 50 entries atau 100 entries juga.

Itulah cara melihat closing price saham. Buat yang ingin melihat informasi closing price saham lebih lengkap, mulai dari data terakhir hingga data historis, anda bisa manfaatkan situs IDX ini untuk mencari closing price harga saham. 

Semoga bermanfaat untuk anda.   

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.