Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Analisa Teknikal Saham ANTM

El Heze

Saham ANTM merupakan salah satu saham LQ45 yang sempat mengalami kenaikan harga saham secara signifikan. Kalau anda pemain lama di Bursa saham, anda pasti merasakan saham ANTM ketika harganya masih di kisaran 700-800-an. 


Seperti kita ketahui, saham ANTM sempat naik drastis dari harga 800-an sampai diatas 3.000. Hal ini dikarenakan Tesla ingin menggarap investasinya di Indonesia untuk memproduksi mobil listrik. 

Perusahaan2 seperti ANTM NIKL INCO termasuk perusahaan yang memproduksi nikel, sehingga ketiga saham ini naik signifikan ketika ada berita Tesla yang berencana investasi di Indonesia.

Akan tetapi, setelah munculnya berita Tesla memilih nikel Makedonia, ketiga saham ini akhirnya turun drastis. Tapi tetap saja secara teknikal saham ANTM masih cukup tinggi kalau kita bandingkan historisnya. 

Karena harga saham ANTM masih di kisaran 2.350-an. Sekarang kita coba bahas analisa teknikal saham ANTM, terutama untuk trading jangka pendek. 

Kita akan lihat pola-pola saham ANTM, strategi trading yang bisa diterapkan untuk jangka pendek: 

ANALISIS TEKNIKAL SAHAM ANTM - 1 TAHUN 

Analisis Teknikal Saham ANTM

Kita bisa perihatikan chart 1 tahun, di mana saham ANTM awalnya naik signifikan dari harga awal dibawah 1.000 sampai ke 3.500. Akan tetapi, kenaikan saham ANTM ini lebih dikarenakan faktor hype market. 

Walaupun pengaruh kenaikan harga emas juga mempengaruhi saham ANTM, namun faktor utama kenaikan ANTM karena berita Tesla yang akan menginvestasikan proyek di Indonesia. 

Kita bisa lihat tren saham ANTM setelah naik. Yap, saham ANTM terlihat mulai sideways disertai penurunan. Volume transaksi tidak sebesar sebelumnya saat naik tinggi-tingginya. 

Dengan hilangnya sentimen positif saham ANTM, maka saham ANTM untuk disimpan buat swing atau bulanan juga berisiko. 

Saham ANTM bisa anda manfaatkan untuk trading, dengan memanfaatkan peluang rebound ketika sudah turun / murah. Pelajari juga cara-cara menemukan saham diskon disini: Full Praktik Menemukan Saham Diskon & Murah. 

Dengan pola teknikal seperti diatas, saham ANTM masih kurang enak untuk disimpan agak lama. Karena bisa kita lihat pada tanda-tanda persegi, di mana saham ANTM berkali-kali mengalami penurunan secara drastis. 

Koreksi saham ANTM bisa terjadi selama berhari-hari setelah rebound. Oleh karena itu, dengan pola chart ANTM yang masih sideways di harga atas, dan beberapa kali mengalami koreksi-koreksi cukup signifikan, anda bisa manfaatkan untuk trading jangka pendek. 

Anda bisa terapkan strategi trading jangka pendek (beberapa hari), dengan buy saham ANTM jika sudah murah dan take profit beberapa hari sampai satu mingguan. Banyak trader yang hold saham ANTM terlalu lama, dan ketika saham ANTM turun, profit trader justru berbalik jadi floating loss. 

Dalam kondisi tren saham yang masih diatas dan sideways disertai beberapa koreksi tajam, maka tipe saham seperti ini lebih enak untuk trading jangka pendek dengan memanfaatkan support resisten terdekatnya. Baca juga: Belajar Analisis Teknikal Saham Pemula - Expert. 

APAKAH ADA KEMUNGKINAN ANTM TURUN LAGI? 

Selama saham ANTM sideways di level 2.300-2.600-an, anda bisa manfaatkan area-area tersebut buat trading. Tapi apakah saham ANTM bakalan turun lagi? Kalau turun lagi, dimana support ANTM? 


Seperti kita lihat chart ANTM diatas, AnTM ada support kuat (Tanda lingkaran) di kisaran harga 1.200-1.250, di mana support kuat ini adalah harga saham ANTM ketika sideways sebelum naik tinggi karena sentimen positif. 

Tapi sepertinya support di 1.200-1.250-an juga sangat jauh, sehingga sulit tersentuh dalam waktu dekat. Untuk patokan paling mudah, support terdekat ANTM bisa kita lihat level 2.000 dulu. Harga 2.000 adalah support ANTM yang paling dekat dan merupakan support psikologis. 

Jika ANTM turun terus sampai dibawah 2.000, waspadai karena support psikologis biasanya merupakan support penahannya. 

Untuk saat ini, anda bisa manfaatkan ANTM untuk trading jangka pendek, dengan memanfaatkan momentum market juga, karena pergerakan saham ANTM sejalan dengan pergerakan IHSG.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.