Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

BBCA Stock Split: Jadi 'The Next Unilever'?

Saham BBCA akan melakukan stock split dengan rasio 1:5. Stock split saham BBCA sudah ditunggu-tunggu oleh pelaku pasar, karena BBCA adalah saham dengan fundamental baik namun harga sahamnya sudah tinggi (Di kisaran Rp30.000 per saham).  


Sudah beberapa tahun belakangan saham BBCA di rumor-kan akan stock split. Karena perusahaan perbankan pesaingnya yaitu BBRI sudah melakukan stock split terlebih pada tahun 2017. Saham BMRI juga melakukan stock split pada tahun 2017. 

Saat BBRI dan BMRI sudah stock, banyak yang bertanya: "Kapan BBCA nyusul stock split, biar bisa beli saham BCA di harga lebih murah?" 

Nah kalau anda menunggu momen saham BBCA stock split, saat inilah momen yang tepat, karena stock split BBCA bukan sekedar rumor lagi, namun akan segera dilaksanakan.  

Harga saham BBCA terakhir di harga 29.850. Dengan rasio stock split 1:5, maka harga saham BBCA setelah stock akan berada di kisaran Rp5.970. Atau kalau kita bulatkan harga Rp30.000, maka setelah stock split saham BBCA ada di harga Rp6.000. 

Tentu dengan harga kisaran Rp6.000, harga saham BBCA akan jauh lebih terjangkau untuk investor dan trader ritel. Kalau sekarang 1 lot saham BBCA anda butuh modal minimal Rp3 juta, maka setelah stock split nanti, anda hanya perlu mengeluarkan modal minimal Rp600.000 untuk beli 1 lot saham BBCA.  

HISTORIS STOCK SPLIT SAHAM BBCA 

Kita harus perhatikan dulu historis pergerakan stock split saham BBCA. BBCA sudah tiga kali melakukan stock split. Stock split pertama pada 15 Mei 2001 dengan rasio 1:2. Harga saham BBCA awalnya Rp1.752 setelah stock split menjadi Rp876 per saham. 

Stock split kedua pada 8 Juni 2004, dengan rasio 1:2, di mana harga saham BBCA yang awalnya Rp3.552 menjadi Rp1.776 per saham setelah stock split. Stock split ketiga pada 31 Januari 2008 dengan rasio 1:2, di mana tahun 2008 harga saham BBCA adalah Rp7.200. Setelah stock split, harganya menjadi Rp3.600. 

Seperti kita ketahui, tujuan perusahaan melakukan stock split adalah supaya harga saham perusahaan menjadi lebih likuid dan terjangkau bagi kalangan masyarakat. 

Dan biasanya perusahaan melakukan stock split salah satunya karena manajemen melihat bahwa harga saham perusahaan sudah terlalu mahal karena terus naik dalam jangka waktu tertentu. 

Walaupun BBCA sudah tiga kali melakukan stock split, tetapi secara historis harga saham BBCA selalu berhasil uptrend: 

BBCA Stock Split

Anda bisa lihat historis saham BBCA selama 10 tahun terakhir diatas, di mana saham BBCA uptrend cukup signifikan. Walaupun sudah tiga kali stock split, BBCA berhasil naik bahkan sampai diata Rp30.000 per saham. 

Kenaikan saham BBCA dalam jangka panjang dikarenakan BBCA memang memiliki fundamental yang cemerlang, dan rutin membagikan dividen setiap tahun.  

POTENSI SAHAM BBCA SETELAH STOCK SPLIT

Sebagian dari anda mungkin senang: "Akhirnya saya bisa beli saham yang fundamentalnya bagus di harga murah. Apakah setelah stock split saham BBCA bagus untuk langsung diborong? Apakah bakalan naik lagi ke 30.000?"  

Memang secara historis, setiap kali BBCA melakukan stock split, dalam JANGKA PANJANG sahamnya selalu naik lagi. Dan kalau anda mau menambah lebih banyak perbandingan, anda bisa lihat historis saham BBRI dan BMRI (Perusahaan di satu sektornya yang sama-sama perusahaan blue chip) setelah stock split: 

Saham BMRI Stock Split 

Perhatikan saham BMRI pada periode stock splitnya (Lihat tanda lingkaran) di harga 6.500-an saat itu. Memang setelah stock split, saham BMRI masih agak turun dan sideways. Tapi dalam waktu 4 bulanan saham BMRI berhasil uptrend sampai ke 8.800. Walaupun akhirnya turun lagi.  

Saham BBRI Stock Split

Perhatikan saham BBRI pada periode stock splitnya (Lihat tanda lingkaran) di harga 3.000-an saat itu. Dalam kurun waktu 2 tahun lebih, BBRI berhasil naik / uptrend diatas 4.500. 

Pasca stock split, saham BBRI memang tidak langsung naik signifikan. Sama seperti BMRI harga saham BBRI turun sedikit terlebih dahulu. 

Mengenai stock split saham BBRI, sudah pernah kita ulas lebih detail disini: Analisis Saham BBRI 1 Bulan Setelah Stock Split dan Saham BBRI Stock Split Rasio 1:5. 

Mengacu pada harga historis saham BBCA, dan melihat saham BBRI & BMRI yang stock split tahun 2017, maka dalam jangka menengah-panjang, harga sahamnya bisa uptrend lagi. 

Tapi untuk kondisi stock split BBCA kali ini agak berbeda dengan stock split historis sebelumnya. Pertama, sekarang momen market tidak terlalu bagus. 

Berbeda dengan stock split saham BBRI dan BMRI tahun 2017 lalu atau stock split BBCA di tahun2 sebelumnya, di mana marketnya masih cukup mendukung dan tentunya belum ada kondisi pandemi seperti sekarang. 

Sehingga dalam jangka pendek pasca stock split, jika kondisi marketnya masih kayak sekarang: Tren sideways, volume transaksi rendah, mayoritas saham blue chip geraknya masih di harga itu-itu saja, kemungkinan besar saham BBCA nggak akan uptrend kencang seperti yang kita harapkan. 

Saham BBRI dan BMRI pasca stock split saja harga sahamnya nggak langsung naik tinggi. Apalagi dalam kondisi market seperti sekarang, kemungkinan pergerakan saham BBCA pasca stock split akan sideways dulu.  

Kedua, banyak kekhawatiran kalau saham BBCA bakalan jadi "the next Unilever". Apalagi BBCA dan UNVR sama-sama saham blue chip. 

Seperti kita ketahui saham UNVR melakukan stock split pada awal Januari 2020. Yap, dan anda bisa lihat tren saham UNVR sekarang jatuh. Dulu saat stock split saham UNVR di harga 8.300. Sekarang harganya turun sampai 4.220.  

APAKAH BBCA AKAN JADI 'THE NEXT UNILEVER'?

Well, BBCA dan UNVR memiliki banyak perbedaan. Pertama, BBCA dan UNVR berbeda sektor. UNVR bergerak di sektor manufaktur dan distribusi barang konsumsi.

Ukuran rasio perbankan dan manufaktur untuk analisa fundamental juga sedikit berbeda. Kalau pada industri perbankan ada analisa rasio kredit macet dan lain2. Dalam industri perbankan Debt to Equity Ratio yang tinggi tidak bisa jadi patokan bahwa perusahaaan tersebut berbahaya. Dalam perbankan, ukuran valuasi seperti PER dan PBV tidak bisa jadi patokan yang kuat. 

Sedangkan pada industri UNVR, analisa valuasi (PER dan PBV) bisa memberikan reaksi yang cukup besar terhadap market. DER tinggi dalam sektor manufaktur juga sering menjadi pertimbangan investor.

Kedua, perbedaan kinerja fundamental. Salah satu hal yang menyebabkan UNVR turun tajam karena profitabilitas. Anda bisa cek laporan keuangan UNVR beberapa kuartal terakhir, di mana laba bersih UNVR cenderung turun. 

Investor akan lebih sensitif terhadap fundamental perusahaan-perusahaan blue chip. Jadi ketika perusahaan blue chip mengalami penurunan profitabilitas, sahamnya akan lebih cepat turun. 

Sebaliknya, BBCA justru mengalami peningkatan laba bersih dan laba bersih BBCA berhasil menyalip BBRI dan BMRI yang merupakan pesaingnya di sektor perbankan: 

Laba Bersih BBCA

Di masa pandemi ini, laba bersih BBCA bisa konsisten naik, bahkan pencapaiannya melebihi BBRI, di mana BBRI dulu adalah perusahaan perbankan dengan laba bersih dan company size paling besar.

Tapi ada satu hal lagi yang membuat investor khawatir dengan saham-saham blue chip bank, yaitu munculnya perusahaan bank digital yang belakangan ini lagi booming, contohnya seperti saham ARTO, di mana ARTO menjadi saham big caps yang merugi, tetapi lihatlah harga sahamnya yang terus naik. 

Sehingga dengan kedatangan bank digital, banyak orang memprediksi bank digital akan "menggantikan" posisi bank-bank seperti BCA, BRI, BNI, Mandiri. 

Kita bisa lihat 1-2 terakhir, di mana saham2 blue chip bank relatif turun, karena banyak investor dan trader yang membeli saham-saham bank digital seperti ARTO, BACA dan lain-lain. 

Tapi bank-bank konvensional sekarang tentu nggak akan tinggal diam. Layanan-layanan bankin online sudah mulai muncul juga pada bank-bank konvensional. Bank BCA misalnya memiliki layanan 'Bank BCA Digital' yang sedang didaftarkan di OJK. 

Sehingga dengan mempertimbangkan faktor-faktor diatas, terutama kinerja saham BBCA sepertinya tidak akan jadi 'the next Unilever' setelah stock split. 

Hanya saja, kalau kita melihat kondisi market yang masih kurang bagus plus boomingnya bank digital dan bank2 market cap kecil, maka dalam jangka pendek saham BBCA  kemungkinan masih akan sulit untuk uptrend. 


Anda bisa lihat tren saham BBCA 6 bulan terakhir, di mana terlihat penurunan tren. Biasanya BBCA selalu diatas 30.000, namun sekarang BBCA sudah berada di 29.000-an. Tapi bisa jadi juga karena BBCA mau stock split, sehingga banyak yang jual saham BBCA dulu, biar nanti harga pasca stock splitnya lebih murah lagi. 

Nah, buat anda yang ingin koleksi BBCA, jangan koleksi terlalu banyak (Beli bertahap), karena kita harus pertimbangkan tren market belakangan ini dan sentimen perbankan yang ada. 

Apalagi saham-saham biasanya baru mulai naik mendekati akhir tahun. Sekarang masih jauh dari akhir tahun. 

Oke, pos ini tentu tidak akan berakhir sampai disini. Nanti kalau BBCA sudah stock split, kita akan bahas lagi di part selanjutnya untuk melihat pergerakan saham BBCA. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.