Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

5 Cara Trading Harian Saham untuk Trader Sibuk

El Heze

Trading harian merupakan strategi membeli dan menjual saham dalam jangka waktu harian, biasanya dilakukan dengan cara beli saham pagi jual siang, atau beli saham pagi jual sore. Atau beli saham hari ini dan jual keesokan harinya. 


Pelajari juga: Teknik Beli Saham Pagi Jual Sore - Trading CepatOtomatis trading harian memiliki frekuensi trading yang lebih banyak dibandingkan trading dengan jangka waktu lebih panjang, seperti swing trading. Selain itu, time frame tradingnya juga relatif cepat / pendek. 

Sehingga trading harian memang lebih enak diterapkan jika anda lebih sering memantau market, karena memantau market anda bisa melihat fluktuatif, pergerakan saham dan pola-pola saham, sehingga anda lebih akrab dengan pergerakan saham. 

[Full praktik dan cara-cara memilih saham bagus untuk trading harian, dan strategi-strategi terapan langsung untuk intraday & short term trading, bisa anda perdalam disini: Ebook Intraday & One Day Trading Saham].

Yap, karena profit trading harian didapatkan dari fluktuatif jangka pendek. Kalau anda memantau market, anda akan lebih paham pergerakan dan kecenderungan pattern saham-saham tertentu. 

Jadi, apakah trading harian saham itu cocok untuk trader yang sibuk? Misalnya anda bekerja kantoran, sehingga nggak punya banyak waktu memantau pergerakan saham, apakah tetap bisa menerapkan strategi trading harian? 

Beberapa waktu lalu, saya dapat pertanyaan cukup menarik dari trader, di mana trader ingin menerapkan trading harian tetapi trader tidak punya banyak waktu memantau saham:  

"Saya kerja kantoran berarti yang pas memang bukan trading harian ya pak? Sebab saya gak bisa selalu monitor pergerakan harga saham" 

Walaupun trading harian memiliki frekuensi trading yang lebih banyak, tapi bukan berarti anda harus selalu 100% memantau layar. Bahkan untuk trader yang punya banyak waktu pun, belum tentu memantau market setiap saat akan membuat hasil trading anda lebih baik. 

Jadi trading harian tidak harus selalu memantau market. Buat anda yang memang tidak punya banyak waktu, ada beberapa cara trading harian saham supaya tetap bisa efektif. Berikut strategi-strateginya yang bisa anda terapkan: 

1. Pasang antrian harga sebelum market buka 

Order trading bisa dipasang sebelum jam market buka. Pada pukul 08.00 anda sudah bisa memasang antrian harga beli maupun jual, sehingga anda tidak harus memasang harga saat jam market buka. 

Cara ini paling cocok untuk anda yang punya kesibukan selain trading. Kalau anda sudah menemukan saham yang cocok untuk trading dan sinyalnya bagus, anda bisa segera pasang harga beli dan jual tanpa harus menunggu market buka. 

2. Gunakan fasilitas advanced order 

Kalau anda menganalisa saham sore atau malam hari setelah market tutup dan anda ingin pasang harga beli dan jual terlebih dahulu, anda bisa gunakan fasilitas advanced order. 

Dengan advanced order, anda bisa memasang harga saham sampai batas waktu expired yang anda tentukan. Katakanlah harga saham yang anda incar saat ini berada di harga 1.000. Anda ingin beli saham di harga lebih murah yaitu di 950. 

Maka anda bisa pasang harga beli di 950, menggunakan advanced order sampai jangka waktu yang anda tentukan. Pelajari juga: Trading Saham, Tapi Nggak Ada Waktu? Dan Automatic Order Saham.

Kalau saham yang anda incar nanti sudah turun ke 950, order anda otomatis akan matched. Jadi anda nggak perlu tunggu saham turun sampai 950 selama jam trading baru anda pasang order beli. Dengan advanced order, anda bisa pasang harga dan kemudian anda bisa lakukan aktivitas yang lain. 

3. Analisa saham setelah jam closing market 

Banyak anggapan bahwa untuk trading harian, trader harus menganalisa saham saat jam trading. Padahal untuk memilih saham2 bagus buat trading cepat, anda disarankan untuk melakukan screening dan analisa saham saat closing market. 

Sehingga anda sudah punya pilihan saham2 yang bagus dan siap untuk ditradingkan. Karena kalau anda baru melakukan screening ketika market buka, anda harus fokus untuk screening, memantau saham dan trading. Hal ini bisa menurunkan konsentrasi trading. 

Kalau anda adalah trader sibuk, anda bisa fokus analisa saham setelah closing market, bisa saat sore atau malam hari atau pagi hari sebelum jam trading. Dan kalau anda sudah menemukan saham2 yang bagus, atau anda ingin antri di harga lebih murah, tinggal pasang harga lalu anda bisa lakukan aktivitas lainnya. 

4. Pilih saham-saham yang pergerakannya bagus dan chartnya mendukung 

Saham yang berpotensi naik dalam jangka pendek adalah saham-saham yang likuid, dan chartnya bagus. Yap, saham2 yang sudah diskon dan murah secara teknikal memiliki peluang rebound lebih cepat. 

Jadi saran saya, prioritaskan saham-saham yang sudah diskon secara teknikal. Hal ini juga bertujuan meminimalkan saham nyangkut, karena salah satu kendala trader harian adalah: Saham yang dibeli malah turun terus. 

Untuk meminimalkan risiko nyangkut dan cut loss, pilihlah saham2 bagus yang sudah terdiskon secara teknikal.  

Pelajari juga strategi2 memilih saham bagus untuk intraday trading / trading harian, full praktik meraih profit dari trading cepat disini: Ebook Intraday & One Day Trading Saham.

5. Beli saham dengan modal bertahap / modal kecil 

Trader yang tidak punya banyak waktu memantau market dan sibuk bekerja terkadang akan lebih cepat panik kalau tidak memantau saham, apalagi ketika saham yang anda beli mungkin harganya masih sideways. 

Kalau anda tipe trader yang mudah panik, mudah kepikiran saham-saham anda, cobalah membeli saham dengan modal kecil terlebih dahulu. Atau belilah saham dengan modal bertahap, misalnya beli saham 30% dulu, lalu nanti bisa ditanbah (averaging) beberapa persen lagi. 

Dengan trading saham modal kecil, psikologis anda pasti akan lebih terjaga, ketimbang anda membeli saham sekaligus dengan modal besar, apalagi kalau anda tipe trader yang mudah kepikiran ketika tidak memantau market. 

Psikologis yang tenang pada akhirnya akan berpengaruh pada kualitas pengambilan keputusan trading anda. 

Itulah 5 tips dan cara trading harian saham yang bisa diterapkan untuk trader sibuk. Jadi trading harian tidak harus diterapkan untuk trader yang bisa memantau market setiap saat. 

Bahkan untuk trader yang nggak punya banyak waktu pun, anda tetap bisa menerapkan strategi trading harian. Terapkan kelima tips diatas supaya trading harian anda bisa menghasilkan profit yang lebih maksimal. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.