Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

5 Cara Mudah Belajar Saham untuk Pemula

Buat para pemula yang baru mulai belajar saham, ada banyak media belajar saham, maupun materi-materi belajar saham yang harus anda pahami. Kalau anda ingin profit di market, tentu anda harus memahami ilmunya. 

 

Jangan sampai anda terjebak pada media belajar saham yang salah, sehingga akhirnya justru menjerumuskan mindset anda. Belajar saham harus dimulai dari proses / tahap awal, dan memahami mindset-mindset yang benar di market. 

Saat ini ada banyak tawaran-tawaran untuk mengikuti program-program saham yang berbayar mahal, namun tidak sedikit yang hanya memberikan "kulit-nya" saja, sehingga setelah anda mengeluarkan modal banyak, anda tetap belum mengerti cara-cara trading yang benar. 

Memang ada banyak ilmu yang harus pahami dan pelajari di pasar saham. Tapi bukan berarti anda tidak mungkin memahaminya. Belajar saham step by step, dan memanfaatkan media yang benar, membuat anda bisa mendalami cara-cara trading dan investasi yang benar, serta meminimalkan kerugian. 

Berikut 5 cara mudah belajar saham untuk pemula:  

1. Mencari buku-buku tentang saham dan praktik trading 

Mendalami saham bisa melalui buku-buku yang membahas mengenai trading, investasi saham maupun psikologis & mindset trading. Melalui buku-buku saham, anda bisa menambah banyak wawasan mengenai cara-cara trading dan investasi yang benar. 

Saran saya, pilihlah buku-buku saham yang membahas materi trading dan investasi saham secara komplit. Hindari buku-buku saham yang ujung-ujungnya hanya menyarankan untuk membeli software trading atau mengikuti grup-grup tertentu, di mana anda diharuskan untuk membayar lebih banyak. 

Karena tujuan anda belajar saham melalui media buku adalah untuk mendapatkan pengetahuan saham yang nantinya bisa diterapkan secara otodidak / mandiri di market. 

Di web Saham Gain, anda bisa mendapatkan ebook-ebook saham yang membahas semua materi belajar saham sampai ke praktik dan strategi trading, sehingga anda tidak hanya belajar saham tingkat dasar. 

Berikut beberapa ebook trading saham level pemula sampai expert yang bisa anda miliki: Tiga Ebook Trading Saham Pilihan Trader Terbaik. 

Untuk yang ingin belajar analisis fundamental, yaitu strategi2 memilih saham untuk investasi jangka panjang serta bedah analisa laporan keuangan, anda bisa perdalam disini: Ebook Analisis Fundamental Saham Pemula - Expert. 

2. Belajar melalui website saham 

Saat ini ada banyak website saham yang bisa dimanfaatkan untuk mendalami ilmu saham. Website Sahamgain.com ini juga dapat anda manfaatkan secara maksimal untuk memahami analisa2 saham, ulasan market, ulasan saham dan psikologis trading. 

Ada banyak artikel free yang bisa anda baca, resapi dan praktikkan ke dalam trading. Web Saham Gain memberikan edukasi-edukasi free secara lengkap mulai dari step by step belajar saham, dan pengalaman2 penulis menghadapi pasar saham. 

3. Media youtube 

Anda yang ingin belajar saham juga bisa mendalami melalui media Youtube. Buat anda yang lebih nyaman belajar saham melalui video, anda bisa perdalam melalui channel-channel youtube belajar saham. 

4. Mengikuti Sekolah Pasar Modal (SPM) 

Anda juga bisa mengikuti training atau seminar-seminar saham. Saran saya, pilihlah seminar saham yang memberikan edukasi belajar saham mulai level pemula sampai anda bisa mengerti tentang trading dan mekanisme market.  

Salah satu seminar saham yang saya rekomendasikan adalah melalui Sekolah Pasar Modal (SPM) yang diselenggarakan langsung oleh Bursa Efek Indonesia (BEI).

SPM biasanya membuka edukasi saham secara berkala sesuai dengan level anda masing-masing. Anda bisa melihat langsung informasinya disini: Sekolah Pasar Modal IDX. 

5. Demo / virtual trading 

Anda mungkin masih belum percaya diri untuk trading dengan modal beneran. Buat pemula, anda bisa mencoba virtual trading terlebih dahulu. Ada banyak fasilitas virtual trading yang bisa anda coba. 

Salah satunya melalui virtual trading IDX pada aplikasi RTI Business. Anda bisa pelajari langkah-langkah menggunakan virtual trading gratis pada aplikasi RTI disini: Virtual Trading IDX Gratis. 

Virtual trading menggunakan tampilan market real time sesuai dengan perdagangan di pasar saham, sehingga anda bisa mempelajari lebih banyak mekanisme perdagangan, termasuk analisa teknikal dan praktik trading. 

Itulah 5 cara mudah belajar saham untuk pemula, di mana anda bisa mencari media-media belajar saham yang membuat anda memahami step by step belajar saham mulai pemula. Dalam belajar saham, mulailah dengan memahami: 
  • Basic-basic saham 
  • Potensi return dan risiko di pasar saham 
  • Cara kerja pasar saham 
  • Mekanisme perdagangan saham 
  • Analisis saham (Teknikal dan fundamental)
  • Analisa market (behavior) 
  • Manajemen modal 
  • Psikologis dan mindset trading 
Pilihlah media belajar saham yang membuat anda bisa benar-benar mengerti tentang saham, termasuk cara-cara membangun mindset trading yang baik, sehingga anda menguasai step by step belajar saham, termasuk cara-cara trading dan memilih saham yang menguntungkan. 

TIPS MEMULAI BELAJAR SAHAM 

Selain belajar saham, ada baiknya anda juga mulai action. Buat para pemula, mulai persiapkan hal-hal berikut supaya anda bisa trading / investasi di market: 

1. Membuka rekening saham 

Supaya anda bisa trading, anda harus membuka rekening saham di kantor sekuritas atau secara online. Anda bisa pelajari langkah2 membuka rekening saham, dan rekomendasi sekuritas disini: Ebook Gratis Panduan Membeli Saham Bagi Pemula. 

2. Investasi / trading sesuai kemampuan 

Deposit modal sesuai kemampuan. Untuk pemula saran saya mulai gunakan modal Rp1-3 juta terlebih dahulu. Jangan menggunakan modal terlalu besar, karena anda masih dalam tahap belajar dan mengembangkan trading plan. 

Gunakan manajemen diversifikasi maksimal 2-3 saham, dengan memilih saham-saham yang risikonya lebih kecil. Manfaatkan analisa teknikal dan momentum trading untuk memilih saham2 yang kualitasnya bagus. Pelajari juga: Analisis Teknikal untuk Profit Maksimal.  

3. Perbanyak praktik trading 

Dan yang paling penting, anda harus perbanyak praktik trading, karena untuk dapat profit secara konsisten, anda harus bisa trading mandiri dan memahami sendiri cara-cara memilih saham yang baik.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.