Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Ingin Belajar Saham? Harus Mulai Darimana?

Tren trading dan investasi saham cukup ramai di masyarakat Indonesia. Dengan trading dan investasi saham, anda bisa memperoleh penghasilan secara  fleksibel. Anda bisa dapat profit dari rumah. Trading juga dapat dijadikan sebagai penghasilan utama maupun tambahan. 


Tapi jangan sampai anda hanya ikut-ikutan membeli saham tanpa mengetahui langkah-langkah belajar saham yang benar. Saham bisa menjadi sarana untuk mencetak profit, apabila anda memahami cara belajar saham yang benar. 

Sebaliknya, saham bisa berisiko untuk anda apabila anda tidak memahami step by step-nya. Langkah awal belajar saham akan sangat menentukan karir trading anda kedepan, baik anda yang ingin jadi full time trader, maupun part time trader. 

Jika anda ingin belajar saham, anda harus memulai dengan step by step yang benar. Berikut adalah langkah-langkah belajar saham mulai level pemula: 

1. Membuka rekening saham di kantor sekuritas / online 

Buat anda yang baru pertama ingin belajar saham (awam), langkah pertama yang harus anda lakukan adalah membuka rekening saham / efek. Semua aktivitas perdagangan saham dilakukan melalui software online trading, di mana software trading sekuritas terhubung dengan perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI). 

Software online trading ini bisa anda dapatkan jika anda sudah mendaftar akun rekening saham di sekuritas terdekat. Saat ini, proses mendaftar rekening saham sudah bisa dilakukan secara online, yaitu melalui situs resmi masing-masing perusahaan sekuritas. 

Sehingga anda tidak perlu datang langsung ke kantor sekuritas. Hal ini akan jauh lebih praktis, terutama kalau jarak sekuritas dengan rumah anda cukup jauh. 

Cara-cara membuka rekening saham secara online, dan beberapa rekomendasi sekuritas untuk pemula, sudah pernah kita bahas disini: Ebook Gratis Panduan Membeli Saham Bagi Pemula (33 Halaman).

Anda bisa baca juga beberapa kantor sekuritas yang menerapkan minimal deposit rendah disini: Daftar Kantor Sekuritas Deposit Dibawah Rp5 Juta.

2. Persiapkan pengetahuan tentang basic-basic saham 

Kalau anda masih awam di dunia saham, saran saya jangan langsung membeli saham walaupun rekening online trading anda sudah jadi. Hal utama yang anda butuhkan adalah INVESTASI LEHER KEATAS, alias investasi ilmu.

Kalau anda tidak memiliki ilmu cara-cara memilih saham yang benar, anda belum paham seluk beluk pasar saham, hal ini hanya akan meningkatkan risiko kerugian saham. 

Jadi persiapkan dulu pengetahuan-pengetahuan tentang basic saham. Untuk para pemula, pelajari dahulu: 
  • Apa itu saham dan cara kerjanya?  
  • Potensi return yang anda dapatkan di saham
  • Risiko-risiko di saham 
  • Jenis-jenis saham di market 
  • Berita-berita yang dapat mempengaruhi saham 
  • Kode saham 
  • Darimana anda bisa dapat keuntungan dari saham? 
Pelajari dulu basic-basic pengetahuan saham. Kalau anda sudah paham "kulit"-nya, anda baru bisa melangkah ke proses selanjutnya. Selama proses anda mendaftar rekening saham, anda bisa persiapkan diri dengan mempelajari dan mendalami basic-basic saham. 

Web Sahamgain.com ini juga banyak mengulas materi-materi belajar saham mulai level pemula, dan pengalaman-pengalaman penulis menghadapi market. Anda bisa manfaatkan web Saham Gain buat menambah pengetahuan belajar saham anda. 

3. Pelajari mekanisme perdagangan saham 

Perdagangan saham mengikuti aturan mekanisme perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI). Kalau anda ingin beli saham, tentu saja anda harus paham mekanisme perdagangan beli jualnya seperti apa. 

Tujuannya agar anda tidak salah menempatkan order trading. Karena jika anda salah menempatkan order beli dan jual, hal ini ini akan sangat mempengaruhi kualitas trading anda. 

Ibarat anda ingin membeli barang di toko, anda harus paham mekanisme-nya. Anda harus paham bagaimana cara membayar barang belanjaan anda. Anda harus paham dimana letak kasir. Anda harus paham jam buka dan jam tutup toko tersebut.  

Buat pemula, kalau anda belum paham mekanisme perdagangan saham, jangan langsung beli saham. Berikut adalah mekanisme perdagangan saham yang harus anda pelajari: 
Itulah mekanisme-mekanisme perdagangan basic yang harus anda pahami. Anda bisa baca pos-pos diatas untuk lebih memahami sistem perdagangan di Bursa Efek Indonesia. 

Belajar mekanisme perdagangan saham lebih mudah dipraktikkan jika anda sudah memiliki software online trading. Anda bisa tunggu proses pembukaan rekening saham anda selesai, kemudian anda bisa mendalami lebih banyak tentang mekanisme perdagangan. 

4. Siapkan modal awal untuk deposit (Untuk beli saham) 

Setelah akun rekening efek anda jadi, anda bisa mulai deposit alias suntik modal ke rekening efek (Setiap sekuritas biasanya menetapkan minimal deposit). Modal awal ini nantinya anda gunakan untuk membeli saham. 

Buat pemula, saran saya mulailah dengan modal Rp1-3 juta buat trading saham. Buat yang ingin investasi jangka panjang anda bisa gunakan modal awal Rp3-10 juta. Baca juga: Modal Ideal Trading Saham. 

Hindari menggunakan modal terlalu besar sampai puluhan juta. Karena anda masih baru pertama kali belajar saham, sehingga anda butuh mengasah ilmu, psikologis dan mindset trading yang benar. 

Menggunakan modal kecil juga lebih tenang secara psikologis. Untuk pemula, target utama anda bukanlah mencetak profit sebesar mungkin, tetapi belajar untuk meminimalkan kerugian, dan memilih saham2 yang benar. Setelah anda bisa profit dengan modal, barulah anda bisa pertimbangkan buat menambah modal. 

5. Pelajari analisis teknikal dan analisis fundamental 

Ini adalah bagian PALING PENTING untuk para pemula. Ilmu dan senjata utama seorang trader dan investor adalah analisis teknikal dan analisis fundamental. 

Sebelum anda memutuskan untuk beli saham, pahami dahulu cara melakukan analisis teknikal dan fundamental, karena kedua analisa tersebut digunakan sebagai analisa utama buat memilih saham yang bagus. 

Analisis teknikal adalah analisa yang mempelajari analisa grafik saham, yang digunakan untuk menganalisa saham2 yang berpotensi naik ataupun turun dalam jangka pendek. Analisis teknikal digunakan oleh trader saham. 

Sedangkan analisis fundamental adalah analisa yang mempelajari analisa kinerja perusahaan, termasuk kinerja laporan keuangan, analisa sektoral, brand image, valuasi saham, tata kelola. Analisis fundamental kebanyakan digunakan oleh investor saham jangka panjang. 

Anda bisa pelajari materi-materi dan full praktik lengkap untuk mendalami analisis teknikal dan analisis fundamental disini: 
Banyak trader dan investor yang nekad terjun ke dunia saham tanpa memahami cara menganalisa grafik dan membaca laporan keuangan, dan hanya ikut-ikutan tren. Hal inilah yang menyebabkan mayoritas trader & investor menelan kerugian besar di Bursa Efek. 

Analisis Fundamental - Analisa Laporan Keuangan

Analisis Teknikal - Grafik Saham

Jadi sebelum anda memutuskan untuk benar-benar melakukan praktik membeli saham, pastikan anda setidaknya sudah paham cara melakukan analisis teknikal dan fundamental. 

6. Praktik trading / investasi 

Nah kalau anda sudah melalui lima langkah pertama tadi, anda bisa mulai pertimbangkan buat mulai praktik trading atau investasi (sesuai karakter masing-masing). 

Mulailah dengan modal kecil, diversifikasi yang wajar (2-3 saham maksimal), dan prioritaskan untuk memilih saham-saham yang bagus, serta utamakan analisa sebelum memilih saham. 

Sebagai referensi tambahan, anda bisa pelajari materi2 yang berisi full praktik dan strategi trading & investasi yang bisa diterapkan untuk level trader pemula - expert disini: 3 Ebook Rekomendasi Saham untuk Trading dan Ebook Analisis Fundamental Saham. 

Itulah langkah-langkah cara mulai belajar saham pemula. Step by step ini harus diterapkan, tidak bisa loncat ke langkah selanjutnya. Sebagai contoh, anda ingin langsung membeli saham tetapi belum paham mekanisme perdagangan. 

Lakukan langkah-langkah belajar saham yang benar supaya dalam langkah2 selanjuntya, anda bisa mengambil keputusan trading & investasi yang lebih baik. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.