Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Cara Beli Saham Agar Dapat Dividen

Dividen adalah salah satu keuntungan yang bisa anda dapatkan dari saham selain capital gain (kenaikan harga saham). Dividen merupakan bagian keuntungan / laba bersih perusahaan yang dibagikan kepada pemegang saham.


Dividen bisa menjadi sarana anda untuk meraih keuntungan di saham secara pasif (passive income). Karena dengan dividen, anda tidak perlu mengandalkan fluktuatif harga saham untuk menjual saham-saham di harga tinggi. 

Namun buat para pemula yang baru terjun ke dunia saham, anda mungkin masih bingung bagaimana cara beli saham agar dapat dividen. Belakangan ini saya sering dapat pertanyaan: 

"Pak Heze, gimana cara dapat dividen saham? Apakah saya harus simpan saham selama jangka waktu tertentu baru bisa dapat dividen?" 

"Pak Heze bagaimana cara kita tahu kalau perusahaan mau bagi dividen? Harus beli saham berapa lot minimal supaya bisa dapat dividen?"

Buat anda yang ingin beli saham dengan tujuan mengincar dividen, di pos ini kita akan bahas mekanisne cara beli saham agar dapat dividen. Berikut pertanyaan2 para pemula yang sering diajukan terkait tentang cara dapat dividen:  

MINIMAL PEMBELIAN SAHAM AGAR DAPAT DIVIDEN

Minimal pembelian saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) adalah 1 lot dan kelipatannya. Artinya, kalau anda punya saham 1 lot saja, anda sudah bisa mendapatkan dividen. 

Tidak peduli seberapa banyak atau sedikit jumlah lot saham yang anda pegang, anda berhak mendapatkan dividen selama anda memahami tata cara dapat dividen. 

CARA MENGETAHUI PERUSAHAAN BAGI DIVIDEN 

Musim dividen perusahaan biasanya antara bulan Maret-Mei, karena pada bulan Maret akhir adalah deadline penyampaian laporan tahunan perusahaan (periode sebelumnya). Nah, dividen biasanya dibagikan dari laba bersih yang didapatkan di periode sebelumnya (mengacu laba bersih yang ada di laporan keuangan tahunan). 

Tapi tidak menutup kemungkinan banyak juga perusahaan yang membagikan dividen di bulan Februari, atau bulan Juni, Juli dan seterusnya. Supaya anda bisa mengetahui jadwal pembagian dividen secara up-to-date, anda bisa manfaatkan media-media berikut ini: 
Website-website tersebut menyediakan info perusahaan yang akan membagikan dividen secara real time. Anda bisa sering-sering cek website tersebut buat melihat update dividen. Baca juga: Daftar dan Jadwal Pembagian Dividen. 

CARA SUPAYA ANDA BISA DAPAT DIVIDEN 

Supaya anda bisa mendapatkan dividen, anda harus memahami tata cara pembagian dividen. Dividen terdiri dari mekanisme-mekanisme penting sebagai berikut: 

Cum date. Tanggal / hari terakhir di mana anda berhak mendapatkan dividen. Katakanlah cum date dividen adalah 17 Juni, maka anda berhak dapat dividen maksimal sampai tanggal 17 Juni closing Bursa Efek, dan anda baru boleh menjual saham setelah tanggal 17 Juni jika anda ingin dapat dividen. 

Jadi kalau anda beli saham tanggal 17 Juni pagi hari, maka anda berhak dapat dividen. Demikian juga kalau anda beli saham tanggal 17 Juni sore hari dan anda tidak menjualnya sampai closing, maka anda juga berhak atas dividen. 

Tapi kalau anda menjual saham di tanggal 17 Juni, maka anda tidak akan mendapatkan dividen. Intinya, anda harus punya sahamnya sampai tanggal cum date closing Bursa supaya bisa memperoleh dividen. 

Ex date. Tanggal kadaluarsa dividen. Ketika anda membeli saham di tanggal ex date, maka anda sudah tidak berhak mendapatkan dividen. Yang perlu anda catat, jarak antara cum date dengan ex date pasti adalah 1 HARI. 

Kalau anda melihat di tanggal pengumuman dividen perusahaan, jarak antara cum dengan ex date adalah 3 hari, itu karena jarak cum date dengan ex date adalah Jumat dan Senin, di mana Sabtu dan Minggu adalah libur Bursa, sehingga tidak dihitung. 

Jika tanggal cum date adalah 17 Juni, maka ex datenya pasti 18 Juni. Namun jika 17 Juni adalah hari Jumat, maka ex datenya adalah hari Senin, yaitu tanggal 20 Juni. Apabila anda beli saham tanggal 18 Juni, maka anda tidak mendapatkan dividen.  

Payment date (tanggal pembayaran). Payment date merupakan tanggal pembayaran dividen kepada investor. Biasanya jarak antara cum date dengan payment date adalah sekitar 3 mingguan. 

Dividen yang anda terima OTOMATIS akan masuk ke rekening efek (saldo current balance) anda masing-masing pada saat tanggal payment date. Dividen masuk saldo current balance biasanya sore hari menjelang market tutup saat payment date. 

Jadi buat anda yang bertanya-tanya: Apakah untuk dapat dividen harus kontak KSEI? Harus kontak perusahaan yang berkaitan? 

Jawabannya: Tidak. Dividen akan anda terima otomatis saat payment date, dengan catatan anda membeli saham maksimal saat tanggal cum date dan tidak menjualnya pada saat cum date. 

Tapi kalau anda beli saham saat cum date, dan jual 5 hari kemudian, atau jual setelah ex date, anda tetap mendapatkan dividen. 

Dividend per Share (DPS) / dividen per saham. DPS adalah nilai dividen yang dibagikan ke pemegang saham. DPS dinyatakan dalam Rupiah per lembar saham, misalnya Rp50 per saham. 

Katakanlah anda punya saham sebanyak 10 lot, maka dividen yang akan anda terima adalah sebesar Rp50.000 (Rp50 x 10 lot x 100 lembar saham). Dan nilai dividen yang anda terima tidak dipotong pajak (karena aturan pajak dividen untuk investor ritel Indonesia sudah dihapus). 

Empat mekanisme itulah yang perlu anda pahami. Mengenai istilah2 yang lain seperti recording date, anda bisa mengabaikannya, karena tidak ada pengaruhnya untuk anda. Berikut contoh mekanisme pembagian dividen pada perusahaan PT Mitra Keluarga Karyasehat Tbk (MIKA): 

Cara Beli Saham Agar Dapat Dividen

Ingat bahwa kita trading dan investasi melalui pasar saham reguler. Jadi kalau ada informasi cum date dan ex date di pasar tunai seperti yang anda lihat pada informasi dividen MIKA diatas, maka anda bisa abaikan informasi tersebut. 

Pokoknya fokus anda hanya pada CUM DATE, EX DATE, PAYMENT DATE (Tanggal pembayaran dividen tunai), dan nilai dividen tunai yang dibayarkan. 

Di pos ini, kini anda sudah mengetahui cara beli saham agar dapat dividen. Jadi yang berhak dapat dividen adalah anda yang memegang sahamnya sampai tanggal cum date. 

Bukan pemegang saham lama. Bukan pemegang saham mayoritas. Setiap anda yang punya saham perusahaan, walaupun sebesar 1 lot anda berhak dapat dividen. Dividen yang dibayarkan pada saat payment date otomatis akan masuk ke rekening efek anda.   

SISI POSITIF DAN NEGATIF DIVIDEN SAHAM 

Dividen tentu akan meningkatkan return anda di saham. Selain itu, untuk investor, dividen bisa menjadi sarana passive income. 

Namun buat trader jangka pendek, membeli dividen ketika cum date berisiko menimbulkan dividend trap pada saat tanggal ex date (keesokan harinya). Ketika harga saham terus naik menjelang dividen, maka saat ex date harga saham biasanya akan langsung jatuh (dijual besar-besaran). 

Hal ini karena saat ex date investor sudah tidak berhak mendapatkan dividen. Sehingga para investor yang sudah beli di harga bawah sebelum ex date, akan jual sahamnya di tanggal ex date, yang menyebabkan saham turun drastis. 

Anda bisa baca-baca tentang dividend trap disini: Dividend Trap Saham dan Cara Mengatasinya, dan Dividend Trap Saham: Contoh dan Pola. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.