Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Beli Saham Malam Hari

Beberapa waktu lalu, saya mendapatkan pertanyaan dari rekan trader: "Bisakah saya beli saham malam hari? Soalnya saya biasa analisa saham malam hari setelah pulang kerja, jadi kalau nemu saham bagus, saya pikir sebaiknya saya langsung beli malam harinya.

 

Kalau pagi, saya tidak ada waktu mantau saham, karena pagi hari saya sangat sibuk." Pertama-tama, anda harus pahami mengenai mekanisme jam trading Bursa saham Indonesia. 

Di Indonesia, jam trading perdagangan saham adalah mulai pukul 09.00-16.15 (Dalam kondisi market normal). Sebelum pukul 09.00, anda sudah bisa melakukan antrian order beli maupun jual (Biasanya sekitar pukul 08.00 order anda statusnya nanti sudah new waiting). 

Setelah pukul 16.15, pasar saham tutup. Itu artinya malam hari anda tidak bisa memasang manual order seperti saat jam trading. Kalau di pasar saham Amerika beda cerita, karena beda waktu dengan Indonesia. 

Tapi kalau di Indonesia, kita tidak bisa pasang manual order saat malam hari karena bursa saham sudah closing. Tapi tenang saja.. Anda sebenarnya tetap bisa beli saham malam hari, hanya saja anda harus menempatkan order beli terlebih dahulu. 

Order anda tidak bisa langsung matched saat itu juga. Setiap kantor sekuritas menyediakan fasilitas CONDITIONAL ORDER alias order buy / sell saham dengan kondisi tertentu yang anda tetapkan.  

Katakanlah saham BBCA saat ini adalah 31.000. Anda ingin beli saham BBCA di harga 30.500 sampai jangka waktu 2 minggu kedepan. Anda bisa memasang order beli BBCA di harga 30.500 dan setting waktunya sampai 2 minggu kedepan. 

Artinya, kalau harga saham BBCA nanti turun ke 30.500 maksimal sampai 2 minggu kedepan, order anda akan matched dengan sendirinya. Jadi anda tidak perlu memantau setiap hari, atau memasang order setiap saat. Tapi kalau lewat 2 minggu, harga saham BBCA nggak turun sampai 30.500, maka order anda dinyatakan expired.  

Conditional order bisa dilakukan kapan saja, tidak harus menunggu saat jam trading bursa. Anda bisa lakukan malam hari, setelah market tutup atau kapanpun saat anda merasa ada waktu. 

BELI SAHAM MALAM HARI 

Jadi untuk yang ingin memasang order beli saham di malam hari, manfaatkan fasilitas conditional order tersebut. Berikut caranya: 

1. Pilih menu Buy. Pilih saham yang anda incar, kemudian muncullah menu order book sebagai berikut: 

Beli saham malam hari

Pertama-tama, masukkan harga beli (Price) dan jumlah lot (Lots) yang anda inginkan (Lihat nomor 1). Katakanlah anda ingin membeli saham TLKM. Anda ingin beli di harga 3.100 sebanyak 25 lot. Maka ketikkan jumlah harga dan lot yang anda inginkan. Setelah itu, pilihlah menu Conditional Orders (Lihat nomor 2).   

2. Muncullah menu tampilan Conditional Orders 

Conditional Orders

Pada Conditional Orders, anda bisa memilih beberapa kondisi. Jika anda memilih Bid Price, maka order beli anda akan matched ketika menyentuh best Bid Price. Jika anda memilih Offer Price, maka order beli akan matched ketika menyentuh best Offer Price. 

Jika anda memilih last price, maka order anda akan matched pada saat harga saham menyentuh Last Price. Dalam conditional order, yang paling banyak dipakai adalah kondisi Bid Price atau Offer Price. Katakanlah anda ingin memilih Offer Price.. Maka setelah itu muncul tampilan sebagai berikut:  


Anda bisa memilih Equal, dan kemudian masukkan lagi harga beli yang anda inginkan. Katakanlah anda ingin membeli saham TLKM di harga beli 3.100 dengan kondisi Offer Price dan Equal. 

Setelah itu, ketik Buy, maka order anda otomatis akan terdaftar. Order anda akan diproses pada saat jam trading, tergantung pergerakan harga sahamnya. Demikian juga kalau anda mau jual saham dengan conditional order, caranya kurang lebih juga sama. 

Dari conditional order buy diatas, artinya kalau saham TLKM menyentuh harga 3.100 tepat di harga best Offer Price, saham anda akan langsung matched. Disamping harga, anda bisa setting juga jangka waktu (expired)-nya mau sampai kapan. 

Misalnya anda pasang 2 minggu. Berarti jika saham TLKM menyentuh harga 3.100 dalam 2 minggu, order beli anda matched. Tapi kalau sudah lewat 2 minggu dan TLKM belum menyentuh 3.100, conditional order anda otomatis expired. Anda harus pasang ulang order anda. 

Anda mungkin bertanya: "Apakah order saya nggak kena reject kalau saya pasangnya malam hari?"

Tidak, karena saham conditional order berbeda dengan manual order. Conditional order yang anda pasang ibaratnya akan langsung terdaftar, dan matched tidaknya order anda akan menunggu keesokan hari saat market buka. 

Artinya, conditional order tidak bergantung dari buka tutupnya pasar saham. Anda bisa order kapanpun. Hal ini berbeda dengan manual / general order, di mana anda hanya bisa pasang order saat market buka. 

Itulah cara beli saham malam hari. Cara ini cocok diterapkan untuk anda yang ingin trading, tetapi tidak punya banyak waktu buat memantau market. 

Fasilitas conditional order juga bagus untuk anda yang terbiasa fokus memantau grafik saham di malam hari. Biasanya kalau anda sudah menemukan saham yang bagus untuk beli... Pagi harinya anda lupa kalau mau beli saham, karena mungkin anda punya banyak kesibukan. 

Nah supaya anda tidak lupa memasang order di pagi hari, ada baiknya anda memasang order beli malam itu juga, sesuai dengan hasil analisa yang sudah anda terapkan tadi.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.