Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Apa itu Broker Summary? - Analisa Broker Summary

Dalam trading saham, anda pasti tidak asing dengan istilah broker summary.  Broker summary dapat digunakan untuk melakukan analisis saham, dan broker summary seringkali dikaitkan dengan analisis bandarmologi saham. 


Broker summary sebenarnya bisa anda temukan dengan mudah. Setiap software online trading bawaan sekuritas pasti menyediakan menu untuk melihat broker summary saham. 

Jadi anda nggak perlu membeli software saham khusus yang harganya mahal untuk melihat broker summary. Anda bisa manfaatkan softaware online trading masing-masing. Sekarang kita akan bahas lebih dalam tentang broker summary beserta kegunaannya untuk trader. 

[Trader saham yang ingin mendalami analisa bandarmologi saham full praktik, analisa broker summary dengan kombinasi analisa teknikal untuk trading decision, anda bisa perdalam analisa-analisanya disini: Ebook Bandarmologi Saham Pemula - Expert].

APA ITU BROKER SUMMARY? 

Broker summary adalah rangkuman (summary) aktivitas beli jual saham yang dilakukan oleh broker (perusahaan) sekuritas. Jadi broker summary menampilkan broker sekuritas mana saja yang sedang membeli dan menjual saham tertentu. 

Broker summary juga me-"ranking" pembeli saham terbanyak (Top Buyer) dan penjual terbanyak (Top Seller) di saham tersebut. Sehingga anda bisa menganalisa apakah saham tertentu sedang banyak dibeli atau dijual. 

Kalau dalam istilah bandarmologi, aksi beli sekuritas ini sering disebut AKUMULASI. Sedangkan aksi jual sering disebut sebagai DISTRIBUSI. Berikut contoh tampilan broker summary di software saham: 

Apa itu Broker Summary?

Diatas adalah contoh tampilan broker summary saham KREN. Mengenai cara membaca tampilan umum broker summary anda bisa baca pada pos berikut: Cara Membaca & Melihat Broker Summary. 

Jadi katakanlah anda ingin memantau (watchlist) saham KREN. Anda bisa melihat broker mana saja yang sedang membeli dan menjual saham KREN, apakah saham KREN saat itu lagi banyak dibeli atau dijual oleh broker sekuritas. 

Anda mungkin bertanya: "Kenapa broker summary cuma menampilkan perusahaan sekuritas yang lagi akumulasi dan distribusi? Apakah perusahaan2 non sekuritas tidak ditampilkan juga?" 

Broker summary hanya menampilkan perusahaan sekuritas yang lagi akumulasi dan distribusi, karena pada umumnya perusahaan sekuritas memiliki modal besar, sehingga dapat memberikan dampak yang besar pada harga saham jangka pendek.  

Jadi kegunaan broker summary adalah untuk melihat apakah saham lagi banyak dibeli oleh broker sekuritas tertentu atau sedang dijual. Kelebihan broker summary adalah menampilkan list sekitar 20 sekuritas top buyer dan top seleer, sehingga bisa dimanfaatkan untuk analisa yang lebih mendalam. 

Broker sekuritas ini ibaratnya market maker. Oleh karena itu, analisa broker summary sering dikaitkan dengan analisis BANDARMOLOGI SAHAM, karena bandarmologi adalah analisa saham yang dilakukan dengan cara mengikut pergerakan BIG PLAYER. Dan salah satu big player di pasar saham adalah broker sekuritas. 

ANALISA BROKER SUMMARY 

Menurut analisa bandarmologi secara umum, cara membaca dan menganalisa broker summary adalah sebagai berikut: 
  • Jika top buyer sekuritas mendominasi, maka harga saham ada potensi naik 
  • Jika top seller besar, berarti bandar lagi distribusi, sehingga saham berpotensi turun  
Hal ini sesuai dengan permintaan dan penawaran. Ketika banyak yang membeli (permintaan beli tinggi), maka harga saham akan naik. Sebaliknya, jika penawaran jual besar, harga saham berpotensi turun. 

Sekarang kita coba melihat salah satu analisa broker summary. Kita gunakan contoh saham KREN. Berikut top buyer dan top seller saham KREN: 

Broker Summary - Top Buyer 

Dari beberapa top buyer diatas, kita bisa melihat beberapa informasi sekuritas yang sedang melakukan akumulasi saham dalam jumlah besar: 
  • YP. Buy vol = 141.346, buy avg = 117,91. Sell vol = 90.022, sell avg = 117,55. 
  • CP. Buy vol = 82.232, buy avg = 116,60. Sell vol = 20.282, sell avg = 114,43. 
  • CC. Buy vol = 43.170, buy avg = 118,61. Sell vol = 46.141, sell avg = 117,29. 
  • PD. Buy vol = 31.015, buy avg = 118,08. Sell vol = 48.581, sell avg = 117,07. 
Sekuritas YP melakukan pembelian dalam jumlah besar, di mana volume belinya mencapai 141.346 lot. Namun YP juga melakukan aksi jual sebanyak 90.022 lot. 

Diikuti sekuritas CP yang membeli saham KREN sebanyak 82.232 lot dan menjual saham sebanyak 20.282 lot. Lalu sekuritas CC membeli saham sebanyak 43.170 lot, tetapi CC juga melakukan distribusi yang lebih besar, sebanyak 46.141.

Hanya saja, harga jual rata-rata CC adalah 117,29. Sedangkan harga jual rata-ratanya lebih tinggi yaitu 118,61. Hal ini bisa mengindikasikan bahwa CC sudah menjual saham-sahamnya di harga 117,29 dan membeli lagi di harga atas yaitu di 118,61 (Average buy). 

Lalu diikuti dengan PD yang melakukan aksi beli sebanyak 31.015, namun distribusi lotnya lebih besar, yaitu 48.581 lot.   

Broker Summary - Top Seller 

Sedangkan dari informasi top seller saham KREN, kita bisa melihat beberapa sekuritas teratas yang sedang melakukan distribusi dalam jumlah besar yaitu: 
  • YP. Sell vol = 90.022, sell avg = 117,55. Buy vol = 141.346, buy avg = 117,91.
  • PD. Sell vol = 48.581, sell avg = 117,07. Buy vol = 31.015, buy avg = 118,08. 
  • CC. Sell vol = 46.141, sell avg = 117,29. Buy vol = 43.170, buy avg = 118,61. 
  • BK. Sell vol = 45.388, sell avg = 118,18. Buy vol = 7.243, buy avg = 117,39. 
Distribusi (jual) saham terbesar dilakukan oleh sekuritas YP yaitu sebanyak 90.022 lot. Tapi YP melakukan akumulasi dalam jumlah yang lebih besar yaitu 141.346 lot. Sehingga dapat dikatakan top seller adalah top buyer-nya juga, dan aksi akumulasi YP jauh lebih mendominasi dibandingkan aksi distribusinya. 

Kemudian diikuti dengan sekuirtas PD yang menjual sebanyak 48.581 lot dan hanya membeli 31.015 lot. Lalu dibawahnya diikuti dengan CC (di mana buy sell sekuritas CC sebenarnya masih cukup berimbang). Dan terakhir sekuritas BK. 

Dari analisa broker summary saham KREN, dapat disimpulkan bahwa TOP BUYER lebih mendominasi dibandingkan TOP SELLER-nya. Dua sekuritas top buyer yaitu YP melakukan akumulasi sebanyak 141.346 lot (sell volumenya lebih kecil hanya 90.022 lot). 

Kemudian sekuritas CP juga melakukan akumulasi besar yaitu sebanyak  82.232 lot, dan sell volumenya cuma sebesar 20.282 lot. Sedangkan top sellernya yaitu YP sendiri (Tetapi faktanya YP melakukan akumulasi lot lebih besar dibandingkan jumlah distribusinya). 

Kemudian PD, CC, BK distribusinya tidak terlalu besar hanya sekitar 45.000 lot. CC juga melakukan akumulasi yang hampir sama dengan jumlah distribusi volumenya. 

Perhatikan harga saham KREN sehari setelahnya (Lihat grafik saham KREN berikut): 


Perhatikan tanda panah. Itu adalah saat di mana saya melakukan analisa broker summary saham KREN. Keesokan harinya (Lihat candle hijau panjang yang terakhir), saham KREN langsung naik signifikan. 

Itulah salah satu contoh analisa broker summary yang sering digunakan sebagai acuan analisa bandarmologi saham, di mana kita menganalisa siapa top buyer dan top seller saham tersebut. 

Dan kita juga menganalisa siapa yang lebih mendominasi: Akumulasi atau aksi distribusi? Kalau banyak yang beli, saham ada potensi naik. Demikian juga sebaliknya. 

ANALISA BROKER SUMMARY TIDAK BISA BERDIRI SENDIRI 

Namun yang kita bahas diatas (sesuai judul pos-nya) baru sebatas analisa broker summary (Analisa bandarmologi). Selain analisa broker summary, tentu saja juga menganalisa pergerakan teknikalnya.

Karena dalam praktikknya, analisa broker summary tidak bisa berdiri sendiri. Analisa broker summary hanya memberikan informasi siapa yang menjadi pembeli dan penjual terbanyak di saham tersebut. 

Analisa broker summary akan memberikan hasil lebih akurat jika dikombinasikan dengan analisa teknikal sebagai 'senjata utama' trader. Broker summary memberikan informasi top buyer dan seller, sedangkan analisa teknikal memberikan sinyal dan entry posisi yang bagus.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.