Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Analisis Teknikal dan Fundamental Saham

Analisis teknikal dan fundamental adalah dua analisa utama yang harus anda kuasai sebelum terjun ke pasar saham. Analisa teknikal dan fundamental ibarat kompas anda di market. Analisa saham akan menutun anda untuk memilih saham-saham yang kualitasnya baik.   


Analisis teknikal merupakan analisa utama yang harus digunakan trader untuk trading jangka pendek alias berdagang saham. Sedangkan analisis fundamental adalah analisa utama untuk investor saham, sebagai buat memilih saham buat investasi jangka panjang (beberapa bulan sampai diatas 1 tahun). 

Pada pos ini kita akan membahas materi-materi penting analisis teknikal dan fundamental saham yang harus dipahami step by step mulai level pemula sampai expert (bisa memilih saham mandiri). 

Karena analisa teknikal dan fundamental itu cukup luas. Banyak para pemula yang bingung harus mulai belajar darimana supaya bisa menerapkan analisa-analisa saham dalam praktik di market. 

ANALISIS TEKNIKAL SAHAM 

Analisis teknikal adalah analisis yang dilakukan dengan cara menganalisis grafik saham. Jadi fokus utama analisa teknikal adalah analisa grafik (chart). Grafik saham merupakan kumpulan dan pola yang terbentuk karena aktivitas perdagangan saham sehari-hari. 

Analisis Teknikal Saham - Grafik 

Grafik saham dapat menunjukkan fluktuatif harga saham harian, sinyal beli jual saham, dan minat market terhadap saham tersebut. Maka dari itu, grafik saham lebih banyak digunakan oleh trader yang punya tujuan BERDAGANG saham, alias beli jual saham dalam jangka pendek. 

Jangka pendek dalam trading adalah jangka waktu menitan sampai 1 bulanan. Kalau anda ingin beli jual saham 30 menit, beli jual saham di hari yang sama, beli jual saham 1 minggu, trading 1 bulan, maka anda butuh mendalami analisa teknikal. Berikut adalah hal-hal yang harus anda pelajari analisis teknikal:  
  • Cara membaca candlestick basic 
  • Cara membaca grafik dasar (Grafik bar, garis dan candlestick) 
  • Cara membaca support dan resisten saham 
  • Cara membaca analisa tren (Uptrend, downtrend dan sideways) 
  • Cara menggunakan indikator-indikator saham 
  • Chart pattern 
  • Pola-pola candlestick (Pola satu, dua dan tiga candle) 
Itulah materi-materi utama analisis teknikal yang harus dipahami. Pertama-tama, anda harus mempelajari cara membaca basic candlestick, karena candlestick adalah basic dari seluruh analisis teknikal. 

Dari candlestick, anda akan lebih mudah memahami support resisten, membaca indikator, analisa tren, chart pattern dan analisa-analisa teknikal dasar lainnya. 

Setelah anda memahami analisa-analisa teknikal dasar, barulah anda bisa menerapkan strategi2 trading di market seperti strategi Buy On Weakness (Beli saham di harga murah dan jual di harga lebih tinggi), strategi trading di saham sideways, variasi-variasi support resisten & chart pattern untuk menemukan saham naik dan lain-lain. 

Untuk anda yang ingin mendalami analisa teknikal secara lengkap mulai level pemula sampai ke strategi trading dan memilih saham di market, yang bisa dipraktikkan langsung, anda bisa pelajari praktik2nya disini: Ebook Full Analisis Teknikal Saham Pemula - Expert. 

Jadi kalau anda belum memahami cara membaca candlestick, jangan langsung loncat ke indikator. Pahami langkah-langkah belajar analisa teknikal step by step agar anda tidak salah melangkah. 

ANALISIS FUNDAMENTAL SAHAM

Analisis fundamental merupakan analisis yang mempelajari kondisi kinerja keuangan dan potensi prospek perusahaan pada masa mendatang. Fokus utama analisa fundamental adalah mendalami laporan keuangan untuk melihat bagus tidaknya kinerja dan performa perusahaan. 

Analisis fundamental digunakan oleh para investor yang ingin INVESTASI JANGKA MENENGAH - PANJANG dengan jangka waktu beberapa bulan sampai diatas 1 tahun. 

Analisa fundamental tidak digunakan untuk berdagang saham. Dengan investasi, anda ibarat "membeli perusahaan". Jadi anda harus bisa memilih perusahaan yang kinerjanya baik, dan perusahaan yang anda kenal performa dan produk-produknya. 

Investasi saham ibarat anda membeli barang untuk digunakan jangka panjang. Kalau anda membeli barang, anda harus tahu kegunaan barang yang anda beli. Demikian pula dengan investasi saham. 

Dalam praktikknya, analisa fundamental bukan hanya mempelajari laporan keuangan. Berikut materi-materi penting dalam analisis fundamental yang harus anda pahami:  
  • Analisis laporan keuangan perusahaan 
  • Analisis kualitatif (Analisa brand image, tata kelola, produk-produk perusahaan) 
  • Analisis sektoral 
  • Analisa fundamental makro (Mempelajari kondisi market global, ekonomi, kondisi politik negara) 
  • Analisa valuasi saham
Analisa fundamental yang harus anda perdalam paling banyak adalah analisis laporan keuangan, karena analisa laporan keuangan memberikan informasi yang paling banyak pada investor mengenai kinerja perusahaan secara komprehensif. 

Dengan laporan keuangan, anda juga bisa membandingkan kinerja keuangan antar perusahaan, sehingga anda bisa melihat kinerja perusahaan mana yang terbaik.

Selain analisa laporan keuangan, anda juga harus melakukan analisa sektoral, analisa fundamental kualitatif seperti analisa brand image, tata kelola (perusahaan sedang bermasalah atau tidak), analisa produk-produk di pasaran. 

Karena perusahaan yang bagus untuk investasi adalah perusahaan yang punya brand image bagus, produk2nya dibutuhkan, sektor usahanya jelas dan tentu saja didukung dengan kinerja fundamental yang bagus.  

Buat para pemula, anda perlu mendalami analisa laporan keuangan sebagai analisa utama dalam analisis fundamental. Analisa laporan keuangan juga terdiri dari rasio-rasio keuangan untuk menilai kinerja dan valuasi saham perusahaan. 

Kalau anda ingin mendalami analisis fundamental mulai level pemula sampai bisa memilih saham bagus untuk investasi, plus bedah analisa laporan keuangan, anda bisa perdalam disini: Ebook Analisis Fundamental Saham Pemula - Expert. 

ANALISIS TEKNIKAL DAN FUNDAMENTAL SALING MELENGKAPI 

Buat pemula yang baru belajar saham, saran saya anda hendaknya mempelajari keduanya, karena analisa teknikal dan fundamental itu saling melengkapi. Trader saham membutuhkan analisa fundamental sebagai pelengkap (Kecuali scalper yang notabene trading di saham-saham gorengan). 

Bagi trader, analisa teknikal berguna untuk analisa sinyal dan momentum, sedangkan analisa fundamental sebagai dasar untuk melihat saham2 yang kinerjanya baik. Karena saham2 dengan fundamental bagus, pada umumnya lebih likuid, sehingga lebih mudah dianalisa. 

Bagi investor, analisa fundamental sebagai dasar untuk menganalisa saham yang layak investasi. Sedangkan analisa teknikal sebagai pelengkap untuk melihat sehat tidaknya likuiditas dan tren harga sahamnya. 

Hal ini juga penting untuk strategi diversifikasi. Karena investor juga harus waspada jika investasi pada perusahaan yang sahamnya sangat tidak likuid atau harga sahamnya secara tren sudah naik sangat tinggi. 

Itulah materi-materi penting yang harus anda perdalam tentang analisis teknikal dan fundamental saham. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.