Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Dividen Saham: BBCA, BBRI, BMRI, BBNI - Part 2

Pada pos di Part 1 yang kita bahas sebelumnya disini: Dividen Saham: BBCA, BBRI, BMRI, BBNI - Part 1, kita membahas potensi pergerakan saham-saham blue chip bank pada saat mendekati periode pengumuman pembagian dividen. 

 


Biasanya mendekati ex date dividen, harga saham bisa naik drastis karena banyak investor dan trader yang ingin dapat dividen. Namun ternyata hanya saham BMRI saja yang harganya naik tinggi menjelang cum date dividen. 

Sedangkan ketiga saham bank blue chip lainnya, yaitu BBCA BBRI dan BBNI justru cenderung turun drastis. Nah, sekarang kita coba lihat bagaimana pergerakan ketiga saham ini setelah ex date:

Saham BBCA

Saham BBNI

Saham BBRI

Tanda panah adalah hari cum date. Satu hari setelah tanda panah adalah tanggal ex date. Dan tanda lingkaran pada chart-chart diatas adalah pergerakan harga sahamnya setelah ex date dividen. 

Bisa kita perhatikan, ternyata ketiga saham ini justru tetap tidak naik signifikan di cum date-nya, seperti yang banyak diharapkan pelaku. Pada saat ex date, saham-saham bank blue chip pergerakannya juga stagnan.

Walaupun saat cum date saham BBCA sempat naik, namun kenaikannya tidak terlalu drastis, padahal harga saham BBCA sebelumnya juga sudah turun banyak. 

Penyebabnya turunnya saham-saham bank saat pembagian dividen dikarenakan dua hal. Pertama, kondisi market yang sedang bearish. Sedangkan kita tahu sendiri kalau saham2 bank blue chip pergerakannya cenderung mengikut indeks. 

Kedua, mayoritas saham bank membagikan penurunan nilai dividen per saham dibandingkan tahun sebelumnya. Hal ini membuat saham-saham bank jadi kurang menarik saat pembagian dividen. 

Namun kalau kita perhatikan lagi, saham-saham bank baru berhasil NAIK BANYAK setelah ex date. Perhatikan tanda-tanda lingkaran diatas, di mana  ketiga saham kompak naik dalam waktu hampir bersamaan, yaitu 1-2 hari setelah ex date.

TEORI TERKADANG TIDAK SESUAI PRAKTIK DI MARKET 

Biasanya menjelang cum date dividen, banyak saran untuk membeli / koleksi saham tersebut, karena umumnya saham-saham blue chip yang bagi dividen, harganya bisa naik saat cum date. 

Tapi dalam praktikknya, anda juga perlu memperhatikan momentum dan berita yang ada di market. Kondisi pasar saham yang sedang kurang bagus, atau dividen per saham yang dibagikan turun, akan berpotensi membuat saham tersebut kurang diminati walaupun dalam waktu dekat akan membagikan dividen. 

Sehingga kalau anda terburu membeli sahamnya beberapa hari menjelang cum date dan ternyata sahamnya nggak naik, saham anda akan nyangkut. 

Tipsnya, jika anda mengincar profit /capital gain dari saham yang akan bagi dividen, anda bisa perhatikan pergerakan sahamnya beberapa hari sebelum cum date dividen. 

Apabila harga sahamnya nggak naik, atau turun terus atau stagnan, hal ini artinya kemungkinan besar saham tersebut tidak terlalu direspon market saat pembagian dividen. 

Anda bisa tetap mentradingkan sahamnya dengan menunggu sinyal / momentumnya setelah ex date. Kalau setelah ex date harga sahamnya turun dan sudah murah, cepat atau lama biasanya akan ada momen naik jangka pendek. 

Seperti contoh saham BBCA BBRI dan BBNI diatas. Saham-saham tersebut justru baru naik 1-2 hari setelah ex date. Tapi saat pembagian dividen, harga sahamnya malah turun. 

Demikianlah ulasan 2 part tentang dividen saham BBCA BBRI BMRI dan BBNI. Semoga dengan adanya ulasan ini, dapat menambah wawasan kita tentang cara menghadapi market, khususnya ketika ada saham yang akan membagikan dividen. 

Pengumuman dividen bisa membuat harga saham naik. Demikian juga sebaliknya. Menganalisa pergerakan harga saham sangat diperlukan supaya anda bisa masuk di momen yang bagus.   

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.