Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Dividen Saham: BBCA, BBRI, BMRI, BBNI - Part 1

Ketika perusahaan akan membagi dividen, sahamnya biasanya menjadi incaran investor & trader khususnya menjelang tanggal pembagian dividen (cum date dan ex date). 



Buat anda yang belum paham mekanisme pembagian dividen, anda bisa pelajari analisanya disini: Arti dan Ilustrasi Pembagian Dividen. Terutama pada saham-saham blue chip pembagian dividen akan menjadi berita yang menarik. 

Karena biasanya perusahaan blue chip membagikan dividen dalam jumlah (dividen per saham) yang relatif besar. Di pos ini, kita akan bahas saham-saham blue chip perbankan yaitu BBCA BBRI BMRI dan BBNI yang rajin membagikan dividen setiap tahun. 

Kita akan menganalisa pola pergerakan sahamnya dan di sekitar tanggal pengumuman dividen serta melihat apakah saham-saham blue chip bank ini layak dikoleksi ketika akan membagikan dividen. 

Pada umumnya, mendekati tanggal cum date yaitu 1-2 minggu sebelumnya, saham bank blue chip harga sahamnya akan diangkat naik. Kita lihat contoh saham BMRI berikut: 

Saham BMRI

Yap, kita bisa lihat saham BMRI harganya cenderung naik (lihat tanda panah merah) beberapa saat sebelum cum date dividen. Akan tetapi, pada saat ex date, harga sahamnya langsung jatuh sehingga membentuk gap down. 

Dan pada chart diatas, kita bisa perhatikan gap down-nya masih belum tertutup karena kondisi market yang sedang bearish. Pada umumnya buat saham2 blue chip gap down idealnya akan tertutup 1-4 harian setelah turun di ex datenya. 

BAGAIMANA DENGAN BBCA BBRI DAN BBNI? 

Kebalikan dengan saham BMRI, saham BBCA BBRI dan BBNI malah turun terus, padahal cum datenya sudah H-2. Anda bisa perhatikan chart ketiga saham berikut:   

Saham BBCA

Saham BBNI

Saham BBRI

Ketiga saham ini sebentar lagi juga akan bagi dividen. Tapi harga sahamnya justru turun semua. Polanya berkebalikan dengan saham BMRI. Ada beberapa penyebab mengapa ketiga saham ini justru turun menjelang pembagian dividen: 

1. Market yang masih bearish / turun 

Kondisi market yang masih koreksi, membuat saham2 blue chip ikut dijual oleh market. Apalagi saham-saham BBCA BBNI BBRI adalah saham-saham dengan market cap besar, sehingga pergerakan harga sahamnya akan cenderung mengikut tren IHSG. 

2. Nilai dividen yang dibagikan turun dibandingkan tahun sebelumnya

Ini juga bisa menjadi penyebab turunnya saham-saham blue chip bank menjelang pembagian dividen, karena market menganggap nilai dividen yang dibagikan lebih kecil dibandingkan tahun sebelumnya. 

TIPS BELI DIVIDEN SAHAM BLUE CHIP 

Jadi tidak selalu harga saham 1-2 minggu sebelum cum date harganya akan diangkat. Di pasar saham tidak ada rumus pasti. Dari sini kita juga bisa menyimpulkan bahwa pola harga saham bisa berubah-ubah tergantung kondisi market saat itu juga. 

Namun bagaimanapun juga, BBCA BBNI dan BBRI masih belum masuk di tanggal cum date (masiha ada H-1 samoai H-3 sebelum cum date dividen). 

Bisa jadi karena harga sahamnya sudah turun drastis dan mulai murah, maka 1-2 hari sebelum cum date harganya baru dikoleksi market, sehingga ada peluang naik drastis.

Karena terkadang perusahaan yang akan bagi dividen, harganya bisa turun dulu dan baru naik 1-2 hari menjelang cum date.  

Strateginya, kalau 1-2 hari menjelang cum date tekanan jual sudah mulai reda, maka anda bisa pertimbangkan untuk mentradingkan sahamnya buat jangka pendek. 

Buat yang ingin dapat dividen, anda bisa hold sahamnya sampai tanggal ex date. Sedangkan buat yang bertujuan dapat capital gain saja, anda bisa jual saham di tanggal cum datenya jika sahamnya sudah naik.

Tujuannya untuk menghindari risiko harga saham jatuh / turun drastis pada saat ex date, seperti yang terjadi pada contoh saham BMRI tadi. 

Tetapi bisa jadi skenarionya malah sebaliknya. Pada saat ex date, harga saham baru naik karena market menggapap saham benar-benar sudah murah setelah ex date dividen. Bisa jadi market belum tertarik mengincar dividen karena market menganggap bahwa dividen yang dibagikan turun dibandingkan tahun sebelumnya. 

Jadi anda tetap perlu mengamati pergerakan saham2 ini menjelang cum date. Seperti yang kita bahas diatas tadi, kalau saham2 bank mulai rebound atau penurunannya nggak se-dalam sebelumnya, berarti anda bisa pertimbangkan buat koleksi dan jual saat cum date. 

Sebaliknya, jika harga saham saat cum date atau H-1 cum date malah turun, sebaiknya anda menunggu pola pergerakan yang baru setelah tanggal ex date untuk melihat tren dan momentum market yang tepat.  

Tentu pembahasan pos ini masih belum selesai. Kita akan lihat pola pergerakan BBCA BBRI dan BBNI ini setelah ex datenya nanti. Kita akan bahas pada part 2-nya, dan analisa ini dapat digunakan untuk analisa-analisa saham bank selanjutnya jika akan membagikan dividen. Stay tune... 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.