Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Perusahaan yang Rutin Bagi Dividen

Keuntungan dari saham yang bisa anda dapatkan selain dari capital gain (selisih harga jual - harga beli) adalah dari DIVIDEN. Dividen merupakan pembagian keuntungan laba perusahaan pada pemegang saham. 


Baca juga: Apa Itu Dividen? Dividen biasanya dibagikan sekali dalam setahun. Tetapi ada beberapa perusahaan yang juga membagikan dividen interim (lebih dari sekali dalam setahun). 

Karena dividen umumnya didapatkan sekali setahun, biasanya dividen diincar oleh investor saham jangka panjang yang ingin bisa memperoleh profit berupa passive income dari saham. 

Oleh karena itu, investor yang mengincar dividen untuk investasi jangka panjang (tujuan passive income), investor perlu mencari perusahaan yang rutin bagi dividen setiap tahun. 

Hal ini karena tidak semua perusahaan rajin membagikan dividen. Perusahaan yang membagikan dividen umumnya merupakan perusahaan yang memiliki ketahanan laba jangka panjang, sehingga juga punya kemampuan untuk memberikan dividen secara rutin. Jadi sahamnya juga lebih layak untuk diinvestasikan jangka panjang.  

Di pos ini, kita akan bahas daftar perusahaan yang rutin bagi dividen. Nah, untuk dikatakan rutin membagi dividen, maka perusahaan harus rutin membagikan dividen selama beberapa tahun berturut-turut. 

Kita coba ambil data dividen selama 6 tahun terakhir. Dari situ kita olah data dan bisa dilihat perusahaan-perusahaan mana saja yang rutin bagi dividen selama 6 tahun terakhir secara berturut-turut. 

Dari data dividen 6 tahun, didapatkan 41 perusahaan yang rutin bagi dividen selama 6 tahun berturut-turut. Berikut list-nya:  

Perusahaan yang Rutin Bagi Dividen (Klik gambar untuk memperbesar

Itulah daftar perusahaan yang rutin membagikan dividen selama 6 tahun berturut-turut, dan anda bisa melihat nominal dividen per saham (DPS)-nya juga. 

Tetapi dari 41 perusahaan diatas, memang tidak semuanya adalah market leader di sektor industrinya. Perusahaan yang merupakan market leader, biasanya juga membagikan dividen per saham yang nominalnya relatif lebih besar dibandingkan perusahaan dengan skala lebih kecil. 

Sebagai investor yang mengincar dividen, tentu saja dividen besar akan lebih menguntungkan daripada dividen nominal kecil. Jadi kita akan coba memilah lagi perusahaan2 yang membagikan dividen diatas, dan punya market cap besar alias saham2 blue chip market leader yang rajin bagi dividen: 

1. BBRI 
2. BMRI 
3. BBNI
4. BBCA 
5. HMSP 
6. UNTR
7. ASII 
8. TLKM 
9. ICBP
10. INDF
11. UNVR 
12. CPIN

Itulah 12 perusahaan big caps dengan market cap diatas Rp100 triliun yang rajin membagikan dividen. Dan kalau anda perhatikan nominal dividennya, rata-rata juga relatif besar dibandingkan perusahaan2 lainnya. 

Kita klasifikasikan saham big caps yang rajin membagikan dividen, supaya untuk tipe investor yang juga mencari saham likuid, anda tidak terjebak membeli saham2 yang sepi / jarang ditransaksikan.  

Sebagai contoh, saham SCOO memang rutin membagikan dividen. Nilai divden per sahamnya pun juga relatif besar. Akan tetapi, market cap SCCO hanya sekitar 2,3 triliun. Market capnya sangat kecil, sehingga sahamnya juga hampir tidak ada yang mentradingkan. 

Tapi kalau anda investasi di saham2 blue chip yang rajin bagi dividen, pergerakan harga sahamnya juga bagus, sehingga juga memberikan kenyamanan psikologis. 

Pos ini bukan bermaksud mengajak anda buat investasi dividen di saham2 blue chip. Anda boleh saja mengincar saham2 berfundamental bagus non blue chip seperti ADMF. Walaupun market capnya kecil, tetapi ADMF punya fundamental baik dan selalu bagi dividen besar. 

Klasifikasi saham2 diatas ini bertujuan agar anda memiliki pertimbangan rasional dan independen sebelum memutuskan untuk memilih saham yang mau diinvestasikan, terutama buat yang ingin dapat dividen rutin berdasarkan kriteria pribadi masing-masing. 

Selain itu, dari daftar perusahaan yang rutin bagi dividen diatas, kita juga akan klasifikasi lagi, perusahaan-perusahaan mana saja yang rajin membagikan dividen interim.

Kalau perusahaan rajin bagi dividen interim, dalam satu tahun anda bisa menerima dividen sebanyak 2 kali. Tentu ini merupakan angin segar bagi investor saham. Baca juga: Pengertian dan Contoh Dividen Interim. 

Dari 41 perusahaan yang rajin bagi dividen diatas, terdapat 6 perusahaan yang selama 6 tahun berturut-turut rajin membagikan dividen interim. Berikut perusahaan2 yang rajin bagi dividen interim: 
Dividen interim

Dari daftar diatas, kebanyakan perusahaan grup Astra yang paling rajin bagi dividen interim selama 6 tahun yaitu UNTR dan ASII. Dari saham2 diatas, yang merupakan saham blue chip yang rajin bagi dividen interim adalah BBCA, UNTR, ASII.

Kalau anda ingin mendapatkan dividen lebih sering dari hasil investasi, anda bisa pertimbangkan untuk memilih perusahaan2 diatas yang rajin bagi dividen interim.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.