Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Rekomendasi Saham: Harian & Swing Trading

Mayoritas trader mencari saham-saham yang bisa digunakan untuk trading cepat (harian) yaitu untuk beli jual saham sehari, dan trader mingguan (hold saham minimal satu minggu alias swing trading).  



Dua strategi trading ini memang cukup ideal diterapkan oleh trader. Trading harian memberikan peluang bagi trader untuk meraih profit dengan jangka waktu yang lebih singkat. 

Sedangkan swing trading memberikan peluang profit bagi trader yang tidak ingin trading dengan jangka waktu terlalu singkat, namun bisa hold saham dengan jangka waktu yang tidak terlalu panjang juga. 

Seringkali trader request saran-saran saham-saham yang bagus untuk trading harian, atau saham-saham spesifik yang bisa disimpan buat jangka waktu mingguan. 

Di web Saham Gain ini, anda juga bisa menambah daftar saham pilihan untuk analisa pribadi melalui halaman: Watchlist Saham. Saya biasanya melakukan update saham-saham yang bisa anda pertimbangkan buat trading dan analisa.

Banyak juga rekan trader yang bertanya mengenai saham-saham watchlist tersebut. Pertanyaan yang cukup sering saya terima: "Pak Heze, watchlist saham itu buat trading harian atau swing trading?" 

Watchlist saham yang sering kita ulas sebenarnya untuk jangka waktu harian sampai maksimal 1 bulan. Jadi watchlist saham di web Saham Gain bisa digunakan baik untuk trading harian maupun swing trading. Artinya, masih dalam range buat trading jangka pendek. 

Namun yang lebih penting, sebagai trader anda yang harus bisa memahami sendiri analisa-analisa khusus yang digunakan buat swing trading ataupun trading harianAnda bisa pelajari strategi2 dan full praktik mencari saham bagus untuk trading harian (intraday) dan swing trading: 
Berdasarkan pengalaman trading pribadi, saya bisa menyimpulkan bahwa tidak ada saham yang khusus untuk swing trading. Demikian juga, tidak ada saham spesifik yang digunakan untuk trading harian. Karena momen setiap saham dan market bisa berbeda. 

Memang ada saham yang punya pola-pola tertentu yang bagus buat trading harian ataupun swing trading. Sebagai contoh, anda bisa perhatikan perbedaan pola chart berikut:

Trading harian dan swing trading saham

Perhatikan chart AALI diatas. Chart AALI terlihat bagus untuk swing trading ketika harganya sedang membentuk pola bullish (uptrend, lihat tanda persegi), yang pada saat itu juga didukung dengan kenaikan CPO dan saham2 sektor CPO yang sudah murah. 

Ketika kondisi saham bergerak dalam tren naik, maka saham ini bagus untuk disimpan agak lama (minimal 1 minggu). Namun perhatikan setelah mencapai titik jenuh belinya, saham AALI mulai turun drastis (tanda lingkaran). 

Disitu kita bisa melihat ada fluktuatif harga saham (candle merah-turun dan hijau-naik). Ketika pola saham mulai bergerak turun, atau sideways dan banyak fluktuatif, maka saham tersebut akan relatif lebih enak digunakan untuk trading cepat. 

Karena ketika saham sedang dalam tren yang relatif turun atau sideways, kenaikan saham biasanya tidak terjadi dalam waktu panjang, sehingga fluktuatif saham jangka pendeknya lebih enak dimanfaatkan buat trading cepat.  

Jadi kita tidak bisa 100% bergantung pada 'rumus trading'. I mean, pola grafik saham pun sewaktu-waktu bisa berubah arah. 

Artinya, kita tidak bisa selalu menyimpulkan saham2 spesifik tertentu pasti bagus buat swing trading, atau harian. Perubahan pola saham, tren market juga bisa memberikan pengaruh pada tren saham tersebut, sehingga anda juga perlu lebih fleksibel dalam menentukan strategi trading. 

Di saat mayoritas saham bullish, kemungkinan besar lebih banyak saham yang bagus digunakan untuk swing trading (mingguan). Sebaliknya ketika pasar saham sedang bearish atau relatif turun, maka  saham yang awalnya bagus untuk swing trading, akan lebih enak digunakan untuk trading cepat dengan memanfaatkan technical rebound. 

TIPIKAL SAHAM UNTUK TRADING HARIAN 

Ada beberapa tipikal atau ciri-ciri saham yang bagus untuk trading cepat: 
  • Fluktuatif saham cepat dan wajar (tidak naik turun puluhan persen dalam waktu singkat)
  • Tren saham bukan strong bullish 
  • Saham lebih sering bergerak di range support resisten tertentu 
  • Terjadi pola2 fluktuatif misalnya naik-turun 2-3 harian secara bergantian 

TIPIKAL SAHAM UNTUK SWING TRADING 

Berikut beberapa ciri saham yang bagus buat swing trading: 
  • Saham murah, dan mulai membentuk bullish reversal 
  • Didukung dengan market yang bullish 
  • Sahamnya likuid (bukan saham2 lapis tiga) 

KOMBINASI TRADING SAHAM 

Dalam trading, anda bebas menggunakan strategi trading sesuai dengan karakter dan analisa masing-masing. Anda mau menggunakan swing trading, carilah saham2 yang bagus untuk swing trading. 

Kalau anda lebih cocok jadi intraday trader, pilihlah saham2 yang polanya bagus untuk harian. Tapi kalau anda bisa menjadi trader fleksibel, anda bisa mengkombinasikan kedua strategi ini. Pelajari juga: Kombinasi Trading Cepat & Swing Trading

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.