Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Contoh Soal Rasio Aktivitas + Jawabannya

Analisis rasio keuangan dibagi menjadi lima, yaitu rasio likuiditas, rasio solvabilitas, rasio aktivitas, rasio profitabilitas dan rasio pasar. Semua rasio keuangan tersebut berguna untuk menilai kinerja keuangan perusahaan. 



Di dalam rasio keuangan, rasio yang digunakan untuk mengukur efektivitas penggunaan sumber daya perusahaan adalah RASIO AKTIVITAS. Rasio aktivitas ini melihat seberapa kemampuan perusahaan dalam mengelola aset-aset yang dimilikinya. 

Rasio efektivitas juga digunakan untuk mengukur efisiensi perusahaan dalam pengelolaan sumber dayanya. Rasio ini penting karena sebesar apapun aset, persediaan, dan penjualan yang dimiliki, tetapi kalau perusahaan tidak mampu untuk  melakukan efisiensi kinerja dari aset2 yang dimiliki, hal ini juga akan mempengaruhi kinerja perusahaan. 

Di pos ini, kita akan bahas contoh soal rasio aktivitas dan cara menganalisa rasio aktivitas untuk melihat kinerja keuangan perusahaan dari segi efisiensi sumber daya. 

Kita akan gunakan contoh laporan keuangan PT Mayora Indah Tbk (MYOR). Kita akan gunakan tren laporan keuangan MYOR selama 3 tahun untuk melihat tren rasio aktivitasnya.  Anda bisa pelajari juga jenis-jenis rasio aktivitas disini: Analisis Rasio Keuangan: Rasio Aktivitas / Efisiensi. 

CONTOH SOAL RASIO AKTIVITAS 

1. Perputaran persediaan 

Menunjukkan kemampuan manajemen perusahaan dalam mengelola persediaan, supaya persediaan tidak terlalu banyak di gudang (menumpuk) dan tidak terlalu sedikit (kekurangan persediaan). 

Rumus perputaran persediaan: Harga Pokok Penjualan / Persediaan Rata-rata. Semakin tinggi perputaran persediaan, idealnya semakin bagus, karena hal ini menunjukkan bahwa perusahaan mampu mengubah barang persediaan menjadi barang jadi yang siap dijual, sehingga persediaan memang dapat digunakan dengan baik. 

Berikut contoh soal perputaran persediaan MYOR selama 3 tahun:     

Rasio aktivitas: perputaran persediaan

Harga Pokok Penjualan didapatkan dari angka laporan keuangan dari bagian laba rugi, biasanya ditulis Beban Pokok Pendapatan. Persediaan rata-rata didapatkan dari rata2 persediaan awal tahun + akhir tahun dibagi 2. 

Dari rasio diatas, kita bisa melihat rasio perputaran persediaan MYOR selau meningkat secara stabil dari tahun ke tahun. Hal ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatkan perputaran persediaan yang semakin cepat pada MYOR dari tahun ke tahun.

Sebagai contoh, perputaran persediaan sebesar 4,2 kali menunjukkan bahwa perputaran persediaan dalam setahun rata-rata 4,2 kali. Jika kita bagi dengan jumlah hari dalam setahun (365 hari), yaitu 365 hari / 4,2 kali = 86,86 hari.

Itu artinya MYOR membutuhkan rata-rata 86,86 hari dalam setahun untuk menjual persediaannya (mengubah persediaan menjadi barang jadi yang siap dijual). 

Tentu saja, semakin besar perputaran persediaan, nilainya semakin bagus, karena dengan tingginya perputaran persediaan, berarti perusahaan memiliki waktu yang lebih cepat untuk menjual persediaannya dan meningkatkan omzet. 

Dari analisa rasio perputaran persediaan diatas, dapat dikatakan Mayora memiliki perputaran persediaan yang bagus, karena perputaran persediaan berhasil meningkat selama 3 tahun, dan peningkatkannya cukup stabil.

2. Perputaran piutang usaha

Menunjukkan kemampuan perusahaan dalam menagih pelunasan piutang kepada pelanggan. Semakin besar perputaran piutang, artinya semakin cepat perusahaan bisa menagih piutang usaha kepada pelanggan. Artinya, manajemen piutang semakin bagus. 

Berikut contoh rasio perputaran piutang usaha pada PT Mayora Indah Tbk: 

Rasio aktivitas: Perputaran piutang usaha

Perputaran piutang usaha MYOR selama 3 tahun berhasil meningkat secara stabil, di mana tahun 2018 sebeesar 3,07 kali dan meningkat terus hingga 3,24 kali di tahun 2020. 

Hal ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kualitas pada manajemen piutang Mayora, karena setiap tahun perputaran piutang berhasil naik, walaupun kenaikannya belum terlalu signifikan.     

Perputaran piutang usaha sebesar 3,24 kali artinya MYOR berhasil menagih piutang usaha pada pelanggan rata-rata sebanyak 3,24 kali dalam setahun.  

3. Perputaran total aset 

Menunjukkan kemampuan perusahaan dalam menghasilkan penjualan dari aset-aset yang dimilikinya. Dengan kata lain, rasio ini menunjukkan seberapa efektivitas perusahaan dalam mendayagunakan aset untuk menghasilkan penjualan yang besar. 

Semakin tinggi rasio ini, maka nilainya semakin bagus. Sekarang kita akan masuk contoh cara menhgitung rasio perputaran total aset pada PT Mayora Indah Tbk: 

Rasio aktivitas: Perputaran aset total

Pada perputaran total aset diatas, nilai perputaran aset MYOR sama besar yaitu 0,99 kali diatahun 2018 dan 2019, namun kemudian mengalami penurunan di tahun 2020 menjadi 0,93 kali. 

Artinya, penjualan bersih perusahaan sebesar 0,99 kali di tahun 2018 dan 2019 dari total asetnya, dan penjualan bersih sebesar 0,93 kali dari total asetnya di tahun 2020.  

Perputaran aset total yang bagus jika nilainya meningkat dan diatas 1, karena hal tersebut menunjukkan bahwa perusahaan mampu meghasilkan penjualan lebih besar dari aset totalnya. 

Perputaran aset total MYOR masih dibawah 1 dan turun pada tahun 2020. Hal ini menunjukkan bahwa MYOR masih perlu meningkatkan perputaran total aset, dengan cara meningkatkan omzetnya. 

4. Perputaran modal kerja

Menunjukkan kemampuan perusahaan dalam mendayagunakan modal kerja yang dimiliki untuk menghasilkan penjualan bersih. Modal kerja merupakan aset lancar- kewajiban lancar. 

Semakin besar perputaran modal kerja, artinya perusahaan mampu menghasilkan penjualan yang besar dari modal kerjanya. Sekarang kita masuk ke contoh analisa rasio aktivitas perputaran modal kerja pada perusahaan Mayora berikut:  

Rasio aktivitas: Perputaran modal kerja

Pada rasio perputaran modal kerja Mayora, dapat disimpulkan bahwa Mayora mampu mendayagunakan modal kerja untuk menghasilkan penjualan yang besar. Hal ini terlihat dari nilai perputaran modal kerja yang selalu diatas 1 setiap tahun. 

Artinya perusahaan mampu meningkatkan penjualan lebih besar daripada modal kerja yang dimiliki. Namun secara tren 3 tahun, perputaran modal kerja MYOR cenderung turun. Sehingga perputaran modal kerja ini juga perlu menjadi perhatian manajemen. 

KESIMPULAN SOAL RASIO AKTIVITAS + JAWABANNYA 

Dari analisa rasio aktivitas PT Mayora Indah Tbk selama tren 3 tahun, dapat disimpulkan bahwa MYOR memiliki perputaran persediaan dan perputaran piutang yang bagus. Hal ini ditunjukkan dari adanya peningkatan tren kedua rasio. 

Namun pada perputaran aset total, MYOR perlu meningkatkannya lagi, karena nilai perputaran aset total masih dibawah 1, dan cenderung turun. Sedangkan perputaran modal kerja secara overall sudah cukup bagus karena diatas 1, namun manajemen tetap perlu memperhatikan perputaran modal kerjanya karena dalam tren 3 tahun mulai terlihat adanya penurunan. 

PERBANDINGAN DENGAN SEKTOR INDUSTRI 

Kalau anda ingin menganalisa lebih lengkap, anda perlu membandingkan rasio aktivitas suatu perusahaan dengan rata-rata rasio di sektor industri sejenis. Hal ini untuk melihat apakah angka2 rasio aktivitas perusahaan cenderung diatas atau dibawah sektor industrinya. 

Sebagai contoh, jika perputaran persediaan MYOR sebesar 4,20 kali tetapi rata2 sektor industrinya sebesar 7 kali, maka perputaran persediaan MYOR dapat dikatakan masih kurang baik. 

Tapi kalau rata2 perputaran persediaan sektor industri sejenis sebesar 3,5 kali, maka dapat dikatakan perputaran persediaan MYOR sudah cukup baik.   

Itulah contoh soal rasio aktivitas dan jawabannya. Anda bisa terapkan juga analisa2 rasio aktivitas untuk perusahaan2 lain. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.