Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Cara Mencari Total Aset pada Laporan Keuangan

Ketika anda belajar analisis laporan keuangan, anda pasti sering mendengar komponen-komponen penting dalam laporan keuangan, seperti aset (aktiva), ekuitas (modal), kewajiban (utang), arus kas dan istilah2 lain dalam laporan keuangan. 

 


Aset merupakan salah satu komponen penting di dalam analisis laporan keuangan. Dengan mengetahui informasi aset, anda bisa mengetahui company size perusahaan. Perusahaan dengan aset besar dibandingkan sektor industrinya umumnya juga memiliki operasional yang lebih luas. 

Sebagai contoh, perusahaan-perusahaan blue chip yang mapan di bidangnya, memiliki aset yang jauh lebih besar dibandingkan perusahaan2 lain di sektor sejenis. 

Nah, di dalam laporan keuangan, aset perusahaan dibagi menjadi dua, yaitu ASET LANCAR dan ASET TETAP. Aset lancar merupakan aset-aset likuid yang perputarannya cepat yaitu dibawah 1 tahun. 

Contoh-contoh aset lancar adalah kas, piutang usaha, investasi jangka pendek, persediaan dan lain-lain. Sedangkan aset tetap adalah aset-aset yang digunakan untuk kegiatan produktif. Oleh karena itu, aset tetap memiliki jangka waktu diatas 1 tahun. Contoh2 aset tetap seperti tanah, gedung, bangunan, kendaraan, mesin dan lain-lain. 

Jumlah aset lancar dan aset tetap akan menjadi TOTAL ASET. Total aset mencerminkan seberapa besar kemampuan aset yang dimiliki perusahaan. 

Total aset nantinya juga bisa digunakan untuk menganalisa kemampuan perusahaan untuk memproleh profitabilitas dengan aset2nya, melihat perputaran aset, memperoleh penjualan dengan sumber dayanya dan lain-lain. 

Bagaimana cara mencari total aset pada laporan keuangan? Jika anda ingin mencari total aset, berikut langkah-langkah cara mencari total aset pada laporan keuangan: 

1. Download laporan keuangan perusahaan di situs IDX. Pelajari disini: Cara Mendapatkan Laporan Keuangan Perusahaan. 

2. Untuk melihat total aset pada laporan keuangan, anda bisa lihat pada menu Laporan Posisi Keuangan perusahaan. Contohnya bisa anda lihat pada saham PT Ace Hardware Indonesia Tbk (ACES) berikut ini: 
Cara Mencari Total Aset pada Laporan Keuangan

Total aset ada pada bagian Aset pada laporan posisi keuangan, kemudian bisa anda lihat pada jumlah yang paling bawah yaitu TOTAL ASET. Total aset merupakan penjumlahan dari Aset Lancar + Aset Total. Itulah cara mencari total aset pada laporan keuangan perusahaan. 

Cara mencari total aset ini juga sama dengan laporan keuangan perusahaan2 lainnya. Intinya, semua informasi tentang aset di laporan keuangan ada pada laporan posisi keuangan. 

Kalau anda ingin melihat rincian lebih detail mengenai informasi aset, anda bisa melihat rincian akun-akun aset lancar dan aset tetap. Anda bisa membaca seluruh informasi aset pada Catatan Atas Laporan Keuangan Perusahaan (CALK) tentang aset. 

Anda bisa pelajari cara-cara membaca Catatan Atas Laporan Keuangan disini: Pengertian dan Contoh Catatan Atas Laporan Keuangan. 

Seluruh informasi yang ada pada laporan keuangan, baik informasi mengenai aset, ekuitas, kewajiban (utang), arus kas, laba/ profitabilitas dapat memberikan informasi penting untuk para investor saham. 

Untuk anda yang ingin mempelajari lebih dalam analisa laporan keuangan perusahaan, plus bedah laporan keuangan supaya anda bisa menganalisa lebih detail setiap pos2 di laporan keuangan, dan juga digunakan buat investasi saham jangka panjang, anda bisa dapat materi full praktiknya disini: Ebook Analisis Fundamental Saham + Bedah Analisa Laporan Keuangan (352 halaman). 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.