Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Memahami Indeks IDX Value 30

El Heze

Kalau anda sedang mencari perusahaan2 yang punya fundamental bagus, namun anda tidak punya banyak waktu, maka anda bisa melakukan screening fundamental saham melalui indeks-indeks saham yang diterbitkan Bursa Efek Indonesia (BEI). 

 
Salah indeks saham yang mengukur kinerja fundamental perusahaan adalah indeks IDX Value 30 (IDXV 30). Indeks IDX Value 30 berisi 30 saham yang memiliki VALUASI RENDAH (murah), LIKUIDITAS transaksi yang bagus di sektornya dan KINERJA KEUNGAN yang baik. 

Sesuai namanya, IDX Value 30 berarti selain mengutamakan kinerja fundamental dan likuiditas transaksi yang tinggi, indeks ini juga mementingkan VALUE alias valuasi harga saham tersebut. 

Valuasi yang dimaksud disini adalah mahal murahnya harga saham secara fundamental yang bisa diukur dengan rasio PER dan PBV. Sehingga kalau anda tipe value investing, yang ingin investasi di saham-saham fundamental bagus dengan harga yang relatif masih murah, anda bisa mempertimbangkan untuk menyeleksi saham2 dari indeks IDX Value 30 tersebut.  

Saham-saham yang ada di Indeks IDX Value 30 sebenarnya diseleksi dari indeks IDX 80, di mana indeks IDX 80 berisi 80 saham yang memilki likuiditas transaksi yang tinggi, disertai fundamental perusahaan yang bagus. 

Jadi IDX Value 3o ini berisi saham-saham fundamental bagus yang diseleksi lebih ketat lagi. Berikut adalah kriteria-kriteria pemilihan indeks IDX Value 30: 

1. Perusahaan membukukan laba bersih dan ekuitas positif. 

2. Tidak memiliki Price Earning Ratio (PER) dan Price to Book Value (PBV) yang bernilai ekstrem, misalnya naik turun PER dan PBV terjadi secara signifikan akibat volatilitas harga saham yang terlalu tinggi. 

3. Saham-saham yang masuk di konsituen indeks IDX80 akan dipilih 30 saham yang punya nilai PER dan PBV paling rendah (murah). 30 saham tersebut kemudian akan masuk di indeks IDX Value 30. 

4. Perhitungan PER dan PBV mengacu pada laporan keuangan perusahaan yang terhitung sejak 12 bulan terakhir. 

5. Saham-saham pada Indeks IDX Value 30 diperbaharui setiap 6 bulan sekali, yaitu setiap Januari dan Juli. Dan saham2 di indeks baru akan muncul setiap hari ketiga bulan Februari dan Agustus. 

6. Penghitungan PER dan PBV masing-masing saham mengacu pada Laporan Keuangan terakhir yang diterbitkan oleh perusahaan tercatat dengan laba bersih dihitung secara trailing 12 bulan terakhir.

KELEBIHAN INDEKS IDX VALUE 30 

1. Memudahkan investor untuk screening fundamental saham 

Dengan adanya indeks IDX Value 30, hal ini akan memudahkan anda untuk melakukan screening analisis fundamental tanpa harus melihat semua saham di BEI satu per satu. 

Khususnya untuk anda yang memiliki kesibukan pekerjaan, anda yang tidak punya banyak waktu melakukan screening fundamental satu per satu, saham2 di IDX Value 30 bakan memudahkan analisa saham anda. 

2. Seleksi saham berdasarkan kebutuhan investor 

Saham-saham yang ada di IDX Value 30 sudah dihitung dan diseleksi berdasarkan kebutuhan investor saham, karena indeks tersebut memperhitungkan aspek2 penting yaitu profitabilitas, likuiditas saham dan valuasi. 

Saham2 dengan kriteria tersebut umumnya lebih banyak diminati oleh investor, sehingga saham2 di IDX Value 30 lebih mencerminkan kebutuhan investor dan lebih akurat untuk anda gunakan screening fundamental. 

3. Cocok untuk value investing 

Buat anda yang ingin membeli saham2 berfundamental bagus yang valuasi harganya masih relatif murah, maka saham2 di indeks ini bisa menjadi pilihan anda. 

KEKURANGAN INDEKS IDX VALUE 30 

1. Hanya mempertimbangkan laba bersih selama 12 bulan terakhir  

Kelemahan indeks ini yaitu memasukkan perusahaan yang laba bersihnya tinggi di sektor industrinya berdasarkan laporan keuangan 12 bulan terakhir. Laba bersih terkadang bisa mengecoh investor. 

Karena bisa jadi ada perusahaan yang sektor bisnisnya sifatnya musiman atau memang saat itu perusahaannya lagi booming, sehingga laba bersihnya melonjak drastis dalam 1 tahun terakhir. 

Tetapi pada tahun2 sebelumnya dan tahun2 setelahnya saat sudah tidak se-booming sebelumnya, laba bersihnya kembali turun dan sahamnya pun jadi kurang diminati. 

Tipsnya, anda sebaiknya cari perusahaan yang kinerja fundamental dan sektor bisnisnya stabil. Dalam hal ini, anda juga perlu melihat historis laba bersih saham2 yang ada di IDX Value 30, setidaknya 3-5 tahun kebelakang dan pelajari juga sektor bisnisnya. 

Sebagai investor, anda juga perlu melakukan tambahan2 analisa fundamental. Jangan hanya menelan mentah-mentah saham2 di indeks tersebut. Karena dari 30 saham yang ada, tetap saja anda harus memilih 1-2 saham terbaik.

Sebagai tambahan, anda juga bisa pertimbangkan untuk memilih saham2 di indeks IDX Value 30 dengan mengacu pada analisa-analisa berikut: 

1. Cari perusahaan konsisten masuk di IDXV30

Anda bisa pertimbangkan untuk memilih perusahaan yang secara konsisten masuk di indeks ini setidaknya dalam 1-2 tahun terakhir. Hal ini menunjukkan bahwa perusahaan memang memiliki fundamental yang bagus. 

2. Cari yang valuasinya murah 

Pilihlah perusahaan2 yang sektor bisnisnya banyak dibutuhkan, brand image-nya bagus dan yang valuasi sahamnya saat itu murah. Sebagai contoh, saham2 clue chip bank seperti BBRI, BBNI pernah memiliki PER dibawah 9 kali (saat harga sahamnya sudah jatuh, dibawah rata2 sektor industri). 

Sehingga ketika saham2 bank harga sahamnya naik, maka saham2 blue chip yang sudah undervalue harganya naik duluan.  

4. Tetap lakukan analisa fundamental lanjutan 

Anda tetap perlu melakukan analisis fundamental lanjutan. Dari 30 saham, anda harus memilih beberapa saham terbaik. Jangan asal membeli saham. Karena biar bagaimanapun, sebagai investor anda perlu mengetahui sendiri perusahaan2 yang bagus dan layak untuk diinvestasikan. 

Analisa2 fundamental lanjutan seperti menganalisa laporan keuangan, analisa valuasi saham sektoral, memahami sektor bisnis juga harus anda lakukan. Pelajari juga: Belajar Analisis Fundamental Saham Pemula - Expert. 

Kalau anda ingin mencari daftar saham di Indeks IDX Value 30, anda bisa buka situs Idx.co.id. Kemudian pilih menu Data Pasar --> Indeks Saham --> ketikkan IDXV30 pada Kode Indeks. Untuk tahunnya, pilih tahun terbaru. Kemudian, anda bisa langsung download PDF daftar saham2nya. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.