Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Forum Trading Saham

Forum trading saham, atau biasa disebut dengan grup saham atau komunitas saham, merupakan salah satu tempat diskusi atau "tempat nongkrong" seputar saham yang sangat sering dicari oleh trader. 


Saya pribadi sangat sering mendapatkan pertanyaan dari rekan-rekan yang baru mulai belajar saham. Pertanyaannya seputar: 

"Pak apakah ada grup saham?"
"Grup saham apa yang bagus untuk rekomendasi saham harian?"

Begitu banyak trader saham, terutama trader2 pemula yang ingin bergabung di suatu forum trading saham atau komunitasi saham. Tujuan-tujuan utama trader mencari dan mengikuti forum trading umumnya adalah untuk: 
  • Mendapatkan informasi tentang saham 
  • Diskusi dengan sesama trader saham 
  • Mendapatkan rekomendasi saham bagus 
  • Mendapatkan bocoran saham yang bakalan cuan
Tujuan trader gabung di grup saham yang paling sering kita jumpai adalah supaya menemukan saham-saham cuan yang bisa langsung dibeli tanpa perlu analisa sendiri. 

Bahkan tidak sedikit trader yang mau membayar mahal untuk join di grup-grup saham premium, untuk mendapatkan 'bocoran' saham yang bakal cuan. 

Well, saya pribadi sebenarnya juga memiliki grup saham Facebook dan channel telegram Saham Gain. Namun sampai saat ini, saya belum pernah memberikan rekomendasi saham premium (berbayar). 

Karena saya beranggapan bahwa trader harus bisa trading mandiri tanpa bergantung dari analisa orang lain. Dan ulasan-ulasan saham yang sering kita bahas, misalnya pada halaman Rekomendasi Saham sifatnya adaah WATCHLIST alias untuk tujuan analisa saham mandiri anda. 

Untuk full praktik trading mandiri, anda bisa dapatkan strategi2 langsung memilih yang simpel untuk trader mulai dari pemula - expert disini:  3 Ebook Saham Pilihan Trader Terbaik. 

Sebenarnya nggak ada salahnya anda join di forum / grup trading saham. Forum saham mungkin bisa menjadi media pembelajaran saham untuk menambah pengetahuan anda di duna saham. 

Tetapi, jangan sampai anda mengandalkan grup saham dalam trading, sehingga anda lupa bahwa untuk menjadi trader yang handal, anda harus melakukan analisa saham OTODIDAK, bukan bergantung pada rekomendasi2 yang ada di grup saham. 

Menjadi trader yang mahir (bisa memilih saham secara mandiri), sama sekali tidak ditentukan dari seberapa banyak anda bergabung atau aktif di forum saham. 

Jika anda ingin menjadi trader mahir, anda harus fokus untuk menganalisa saham secara mandiri, otodidak dan tidak tergantung orang lain. 

Tidak sedikit trader yang setelah join di grup2 saham, atau bahkan rela membayar grup2 premium justru rugi besar di saham karena: 

1. Tidak fokus trading, dan terlalu banyak melihat obrolan di grup 

Seberapa banyak dari anda yang pada saat jam trading malah terlalu fokus scroll dan membaca chattingan2 di grup, sibuk mencari pencerahan2 melalui grup, dan pada akhirnya anda melewatkan kesempatan2 bagus di market??

Kalau dengan adanya grup saham, anda merasa semakin tidak fokus trading, maka anda ada baiknya anda mengurangi join di grup saham. Lebih baik anda fokus untuk menganalisa saham secara mandiri. 

Grup saham tidak menjamin anda menjadi trader handal. Fokus, konsisten menganalisa, dan praktik trading adalah kuncii utama anda dalam meraih profit.        

2. 100% mengandalkan rekomendasi di grup saham (banyak grup saham yang banyak bandarnya) 

Saya sering mendengar keluhan2 trader yang sudah membayar mahal untuk jin di grup saham premium, namun tidak sedikit yang terjebak di saham2 gorengan. 

Saran saya, anda boleh belajar saham dari sumber manapun. Tetapi jangan 100% mengandalkan analisa trader lain. Logikanya, anda trading dengan modal dan akun anda pribadi. Masa sih anda meminta orang lain untuk memberikan bocoran saham setiap hari? 

Seharusnya anda punya trading plan mandiri untuk analisa2 secara otodidak. Ingat, banyak juga grup2 saham yang menjebak trader karena grup saham seringkali dimasuki oleh bandar saham. 

Bandar saham seringkali menciptakan news atau hype saham2 gorengan tertentu melalui grup, untuk mengajak trader ikut membeli saham. Saat saham sudah naik, bandar akan langsng 'banting harga'. 

Jadi, jangan bergantung 100% pada diskusi pada forum trading saham. Di grup saham, mungkin anda bisa menemukan edukasi2 saham. Tetapi bagaimanapun juga, untuk meraih profit di market, anda harus bisa menciptakan gaya trading anda sendiri.       

PERLUKAH FORUM TRADING SAHAM? 

Banyak trader pemula yang ingin sekali mencari grup saham untuk tempat diskusi dan belajar saham. Namun sebenarnya grup / forum trading saham itu bukanlah suatu kewajiban untuk anda. 

Tanpa grup saham pun, anda sebenarnya bisa meraih profit di market. Kalau anda ingin join di grup saham, saran saya pilihlah grup saham yang memang memberikan edukasi saham, yang membuat anda banyak mengerti tentang seluk beluk market.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.