Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Stock Pick: Trading Saham Hari Ini

El Heze

Ketika anda memutuskan untuk membeli saham, anda harus memilih saham yang terbaik saat itu. Saham terbaik adalah saham yang punya potensi naik, sehingga dapat memberikan profit. 

 

Masalahnya, tidak semua saham bagus untuk trading. Tidak semua saham punya potensi naik saat itu. Sebagai trader, anda juga memiliki modal terbatas. Sehingga, anda tidak mungkin bisa membeli semua saham. 

Dari sekian banyak saham yang ada di Bursa Efek, anda harus memilih beberapa saham saja, yaitu 1-3 saham buat trading. Oleh karena itu, supaya anda bisa menyaring (screening) saham-saham terbaik saja untuk trading, anda harus punya strategi screening saham. 

Dengan screening, anda bisa memiliki daftar STOCK PICK. Stock pick merupakan daftar beberapa saham pilihan yang bagus buat ditradingkan. Dengan stock pick, anda otomatis menyaring saham-saham yang kualitasnya bagus, dan menyingkirkan saham-saham yang jelek. 

Anda bisa pelajari cara-cara dan full praktik screening yang simpel & efektif untuk menemukan saham-saham bagus disini: Panduan Simpel & Efektif Memilih (Screening) Saham Bagus (365 halaman).  

Karena jumlah saham itu sangat banyak, dan anda nggak mungkin mentradingkan serta memantau semuanya, maka stock pick akan sangat berguna sebagai KOMPAS TRADING anda. 

Banyak trader yang kehilangan arah dalam trading karena tidak tahu saham apa yang dibeli  dan dipilih terlebih dahulu saat berhadapan dengan fluktuatif market. Seringkali trader bingung memilih saham, karena terlalu banyak saham yang sedang naik turun saat ini.

Risikonya, jika trader memiliki stock pick, trader akan cenderung random dan terburu-buru membeli saham, sehingga berpotensi memilih saham yang salah.  

Tapi kalau anda punya stock pick, anda sudah tahu saham apa yang harus anda pilih saat jam market. Berikut beberapa tips melakukan stock pick untuk trading saham hari ini:  

1. Memilih saham yang menguntungkan secara chart dan tren 

Saham-saham yang chart, tren dan pergerakannya bagus, sebaiknya anda prioritaskan dalam screening. Kerucutkan pilihan saham anda , sehingga anda hanya punya beberapa pilihan saham bagus. 

Saham-saham inilah yang anda fokuskan untuk trading di hari ini. Cara-cara screening saham dan saham2 yang sebaiknya diprioritaskan untuk trading,  sudah kita bahas juga disini: Cara Screening Saham Bagus.

2. Tulis stock pick anda 

Setiap anda sudah menemukan stock pick, katakanlah anda memiliki 4 stock pick pilihan, jangan lupa untuk menuliskan saham-saham stock pick tersebut. Tujuannya supaya anda tidak lupa saham-saham yang sudah anda rencanakan buat trading. 

Saya menuliskan ini, karena saya juga mengalaminya. Malam hari setelah market tutup, saya melakukan screening saham, dan menemukan 3 saham pilihan yang menurut saya potensi naik. 

Namun saya tidak mencatat daftar stock pick tersebut. Keesokan harinya saat jam market, beberapa saham yang saya sudah analisa kemarin, justru lupa untuk saya watchlist. Akhirnya peluang bagus tersebut hilang. Tapi ketika saya menuliskan semua stock pick yang saya analisa, saya bisa lebih fokus untuk analisa saham-saham pilihan tersebut. 

3. Analisa stock pick ketika jam market tutup   

Analisa stock pick sebenarnya bisa anda lakukan kapan saja. Saat jam trading pun, anda bisa melakukan screening saham, karena momentum trading bisa datang kapan saja.

Buat sebagian trader, mungkin anda tidak memiliki banyak waktu untuk screening saham. Jadi waktu terbaik untuk screening, bisa anda pertimbangkan ketika menjelang jam market tutup. 

Saat jam market tutup atau saat anda sudah free, anda bisa lebih rileks dan fokus screening saham. Sehingga, saat market buka keesokan harinya, anda sudah punya stock pick saham yang akan ditradingkan. 

Jadi saat jam market anda tidak perlu repot-repot mencari daftar saham apa yang sebaiknya dibeli. Apalagi kalau anda punya pekerjaan full time lainnya selain trading, memantau market dan semua saham setiap saat pastinya juga kurang efektif.  

4. Stock pick tidak perlu terlalu banyak 

Tujuan stock pick adalah supaya anda punya saham-saham yang siap ditradingkan besok. Jadi stock pick tidak perlu terlalu banyak. 3-5 stock pick sudah cukup untuk anda jika anda ingin trading di hari ini. Yang paling penting adalah kualitas saham yang anda pilih dalam stock pick. 

Ingat, bahwa kualitas lebih penting ketimbang kuantitas. Kalau anda memilih terlalu banyak di stock pick, ujung-ujungnya anda akan bingung sendiri menentukan saham apa yang mau anda pilih.  

Kesimpulannya, jika anda punya stock pick, anda akan lebih mantap untum memilih saham. Anda sudah punya katakanlah hanya 7 saham terbaik yang siap untuk ditradingkan. Ketika jam trading, anda cukup FOKUS buat memantau 7 saham tersebut. Pilih 1-2 saham yang paling bagus. 

Jadi anda tidak perlu melihat ratusan saham yang bergerak naik turun. Apalagi kalau anda trader yang punya pekerjaan utama (trading hanya sebagai part time), memantau seluruh saham pasti tidak akan memberikan hasil trading yang efektif. 

Stock pick adalah bagian dari PROFIT. Jika anda punya stock pick, anda punya kesempatan lebih besar untuk meraih profit di market, karena anda sudah punya kompas dan arah trading yang jelas, dibandingkan kalau anda nggak punya stock pick sama sekali. 

Untuk anda yang selama ini bingung memilih saham yang akan ditradingkan hari ini, anda harus mulai melakukan screening saham dan milikilah stock pick. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.